Walikota : Risalah Qurban Sebagai Bentuk Ketaatan Kepada Allah SWT

Tegal – Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono hadiri dan ikuti pelaksanaan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Kota Tegal, sedangkan Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi juga menghadiri dan ikut pelaksanaan Sholat Idhul Adha di Masjid Ats Tsumaeri,  Jumat (31/7/2020).

Dalam sambutannya, Walikota Tegal menyampaikan Risalah Qurban dimana Idul Adha berawal dari kisah Nabi Ibrahim AS yang mengurbankan anaknya Ismal AS, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT yang artinya kita bisa memetiknya sebagai pelajaran hidup untuk memiliki keihlasan dan ketulusan dalam berbuat, meskipun harus mengurbankan hal yang kita cintai. Yang pasti hal ini akan mendapatkan ganjaran pahala dari allah swt.

“Dari risalah Idul Adha ini bermakna untuk kehidupan manusia, karena dalam kehidupan kini diperlukan lebih banyak Ibrahim, Ismail serta Siti Hajar yang lebih nyata di tengah – tengah pergaulan kita sehari-hari,” ucap Walikota mengawali sambutan.

Walikota juga menjelaskanbahwa dalam kehidupan ini, kita harus  menyembelih hawa nafsu, egoisme, ambisi akan harta dan jabatan yang ada pada diri kita masing – masing untuk diberikan sebagai pengabdian kepada saudara, tetangga dan lebih-lebih kepada agama, bangsa negara dan daerah.

Keihklasan untuk berkorban itu yang paling utama, agar semua tindakan kita dapat terbebaskan dari kepentingan pribadi dan kelompok.

Hari Raya Idul Adha merupakan jawaban atas sikap manusia moderen, terkait interaksi sosial kemasyarakatan yang selalu berorientasi pada kompensasi, imbal balik atas perhitungan – perhitungan untung rugi atas hubungan kemanusiaan secara horizontal yang tergerus oleh kepentingan-kepentingan dunia, materi, seperti harta dan jabatan.

Ditengah banyak kemajuan sistem informasi, industri, modernisasi kehidupan yang semakin pesat, kita makin disadarkan bahwa kebutuhan saling berbagi ruang, waktu dan perhatian semakin dibutuhkan dengan kesediaan memberi apa pun yang ada untuk orang lain, tanpa berpikir untuk mendapatkan imbalan, apalagi di masa pendemi corona ini maka kesediaan berkurban amat dibutuhkan.

“Idul Adha merupakan momen berharga untuk berbagi kepada sesama. apalagi di masa pandemi covid-19 ini, seluruh bidang kehidupan manusia terdampak. saat ini lebih banyak orang yang membutuhkan dibandingkan dengan orang yang berkorban. namun, justru di masa inilah, keimanan kita diuji dengan ujian yang sebenarnya. bagaimana kita untuk selalu siap berkorban dalam keadaan apapun,” ujar Walikota.

Bertindak sebagai Imam dalam Sholat Idhul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi di Masjid Agung Kota Tegal, Ustad Mahbub Junaedi dan untuk Khotbah Idul Adha adalah KH. Drs. Sobirin Ali, S.Ag, M.Pd.

Dalam Khutbah Idul Adha, yang berjudul “Idhul Adha Dalam Kondisi Pandemi Covid 19” KH. Sobirin Ali menyampaikan bahwa dalam Ibadah Qurban, pemenuhan kebutuhan fakir dan miskin menjadi pokok utama pendistribusian daging hewan qurban, sedangkan kerabat dan juga si pequrban tetap diperhatikan.

Tingkat kepedulian antar sesama meningkat disebabkan interaksi sosial yang terjalin. Prosesi penyembelihan, pengurusan, dan pembagian daging menjadi momen untuk saling berinteraksi sosial, dengan diakhiri pendistribusian kepada mereka yang berhak atas daging kurban teresebut. “Akhirnya dalam situasi seperti ini, kita diminta untuk memperbanyak sedeqah, doa, istighfar, shalawat, zikir, dan bacaan al-Qur an,” ucap KH. Sobirin Ali

Sobirin Ali juga meminta kepada semua untuk berdoa semoga musibah ini segera berlalu dan situasi kembali normal dân lebih baik lagi, Pemerintah Kota Tegal menghimbau kepada warga Tegal dan sekitarnya supaya tetap menjaga budaya hidup bersih, jangan buang sampah sembarangan, menjalankan protokol kesehatan didalam semua kegiatan pakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun sehingga membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat pada diri dan lingkungan,

Masjid Agung Kota Tegal membagi 2300 kupon, sedangkan hewan Qurban yang berhasil terhimpun sampai dengan Hari Jumat (31/7/2020) sebanyak 4 ekor sapi dan 33 ekor kambing.  Untuk pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban di Masjid Agung Kota Tegal sendiri akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, (1/8/2020) .

Dalam kesempatan itu, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono sumbang satu ekor sapi sebagai hewan Qurban kepada Panitia Qurban /Pengurus Masjid Agung Kota Tegal, sedangkan di Masjid Ats Tsumaeri, Pemerintah Kota Tegal menyerahkan Satu Ekor Sapi dan saat penyerahan di lakukan langsung oleh Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi Kepada pengurus Masjid Ats Tsumaeri, Jumat (31/7/2020).

 

Berita Lainnya

Pemkot Targetkan Rehab 622 Unit RTLH tahun 2018
Berita 17 Nov, 2017

Pemkot Targetkan Rehab 622 Unit RTLH tahun 2018

Pemerintah Kota Tegal menargetkan rehab 622 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di tahun 2018, hal ini disampikan oleh Plt.…

PDAM Kota Tegal Bidik 8000 Pelanggan Baru
Berita 20 Jan, 2017

PDAM Kota Tegal Bidik 8000 Pelanggan Baru

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tegal membidik  pelanggan regular sebanyak 8000 sambungan rumah tangga baru tahun 2017. Untuk tahun…

Pemkot Tegal Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPRD Kota Tegal
Berita 12 Feb, 2020

Pemkot Tegal Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPRD Kota Tegal

Tegal - Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait pembangunan Taman Pancasila Kota Tegal digelar di Ruang Rapat Komisi 1 DPRD Kota…

Upacara Hari Bhayangkara ke – 72
Berita 11 Jul, 2018

Upacara Hari Bhayangkara ke – 72

Tegal - Upacara Hari Bhayangkara ke - 72 tahun 2018 di gelar di Halaman Mapolresta Tegal Kota dengan tema HUT…

Beragam Menu yang Nikmat Dilombakan
Berita 22 Nov, 2017

Beragam Menu yang Nikmat Dilombakan

TEGAL-Pagi itu, Rabu (22/11) suasana berbeda nampak di aula Kecamatan Tegal Selatan. Pukul 08.00 pagi, satu persatu mulai berdatangan ibu-ibu…

Kampanye Measles Rubella
Berita 23 Jul, 2017

Kampanye Measles Rubella

TEGAL-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kota Tegal memanfaatkan car free day di kawasan Alun-alun Kota Tegal untuk mengkampanyekan…

Most from this category