New Normal, Pertumbuhan Ekonomi di Kota Tegal Meningkat 100 persen

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Bincang-Bincang Sore Sosialisasi Kebijakan dan Protokol Kesehatan Bagi Pelaku Industri Ekonomi Kreatif di Era Kenormalan Baru, Rabu (29/7) di Hutan Kota Plataran, Jakarta.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono hadir salah satu narasumber bersama Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan Industri Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Ricky Pesik, Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Josua Puji Mulia Simanjuntak, Direktur Aplikasi dan Tata Kelola Ekonomi Digital Baparekraf Muhammad Neil El Himam dan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Fajar Hutomo.

Mengawali diskusi, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan saat ini Kota Tegal sedang melaksanakan New Normal. Berdasarkan data OJK Tegal dan BI Tegal menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi sudah 100 persen. Pemkot Tegal mengundang Kementerian, DPR, Pemerintah Daerah, perusahaan apabila ingin datang ke Kota Tegal.

“Saat ini sudah banyak berdatangan ke Kota Tegal, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Dedy Yon.

Dedy Yon menceritakan langkah Pemkot Tegal dalam pencegahan Covid 19. Kota Tegal mengawali lokal lockdown, isolasi wilayah, PSBB tahap I dan II hingga new normal. Pemkot Tegal yang pertama se Indonesia dalam menentukan kebijakan itu.

Dedy Yon mengungkapkan penanganan covid 19 di Kota Tegal paling hemat dengan anggaran 12,8 milliar. Pencegahan covid 19 dengan melakukan pembatasan gerak manusia dengan manusia lain. Dedy mengungkapkan bahwa di Kota Tegal tidak ada pemutusan hubungan kerja saat pandemi. Pihaknya mengundang pengusaha untuk mencari solusi agar tidak terjadi PHK di Kota Bahari.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Fajar Hutomo menuturkan apa yang ditempuh Walikota Tegal dari perspektif industri, Pemkot Tegal telah mengeluarkan beberapa kebijakan agar industri bertahan.

Pemkot Tegal menciptakan demand (permintaan) sehingga ekonomi mulai berjalan, pengunjung hotel mulai berkunjung, pengunjung mulai membeli produk, kuliner dan sebagainya.

Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan Industri Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Ricky Pesik mengatakan industri kreatif yang tergabung dalam market place angkanya terus meningkat menembus 1 juta industri kreatif. Ditargetkan hingga akhir tahun tembus 2 juta industri kreatif.

“Ini momentum untuk UMKM di Kota Tegal untuk transformasi ke digital sebagai salah satu pilihan penjualan mereka (UMKM). Saat pandemi covid ini saatnya pelaku UMKM bertransformasi ke digital, menjadi peluang baru untuk memperluas pasar mereka,” kata Ricky.

Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Josua Puji Mulia Simanjuntak menyampaikan pengusaha dapat bertahan diera new normal dengan membuat panduan protokol kesehatan agar tetap produktif akan tetapi aman.

“Apa yang telah dilakukan Walikota Tegal kita harus belajar, karena itu sebuah tantangana,” ungkap Josua.

Josua menuturkan, usaha berhenti karena ada pandemi covid 19 akan tetapi ingin produktif. Sekarang bagaimana agar usaha itu produktif tetapi aman. Untuk itu, kata Josua, Kemenparekraf menerbitkan panduan protokol kesehatan bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Berita Lainnya

Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Dalam Rangka HUT ke 74 Proklamasi Kemerdekaan.
Berita 17 Aug, 2019

Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Dalam Rangka HUT ke 74 Proklamasi Kemerdekaan.

Tegal – Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS)  dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 Tingkat Kota Tegal Tahun 2019…

Disdukcapil Kota Tegal Segera Masukan Penghayat di Kolom Agama KTP
Berita 14 Nov, 2017

Disdukcapil Kota Tegal Segera Masukan Penghayat di Kolom Agama KTP

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal  segera mencantumkan penghayat kepercayaan pada kolom agama di kartu tanda penduduk elektronik…

Jelang Lebaran, Dishub Kota Tegal Pantau Terminal Tegal
Berita 12 Jun, 2017

Jelang Lebaran, Dishub Kota Tegal Pantau Terminal Tegal

TEGAL-Menjelang lebaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal terus melakukan pemantauan di Terminal Kota Tegal meskipun kewenangan kewenangan pengelolaan terminal sudah…

Laskar Den Baguse Lalui Tahap Verifikasi dan Observasi Lapangan TOP 20 KIPP Jateng
Berita 06 Aug, 2019

Laskar Den Baguse Lalui Tahap Verifikasi dan Observasi Lapangan TOP 20 KIPP Jateng

Tegal – Tahapan Verifikasi dan Observasi Lapangan TOP 20 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 menempatkan…

Pemkot Tegal Lakukan Studi Tiru ke Surakarta
Berita 27 Jan, 2017

Pemkot Tegal Lakukan Studi Tiru ke Surakarta

SURAKARTA- Berbagai upaya peningkatan kinerja pemerintahan terus dilakukan Pemerintah Kota Tegal. Setelah beberapa waktu lalu melakukan studi ke Kutai Kartanegara,…

Berikut Harapan Kepala SUPM Negeri Tegal yang Baru.
Berita 12 Oct, 2017

Berikut Harapan Kepala SUPM Negeri Tegal yang Baru.

TEGAL – Setelah bertugas selama 1 tahun 9 bulan sebagai Kepala SUPM Negeri Sorong kini Maskuri, S.Pi,M.Si kembali menahkodai SUPM…

Most from this category