Pengembangan Bisnis melalui Bekraf

TEGAL – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menyelenggarakan “Workshop Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif” di Tegal dari 8 – 10 Maret 2017. Tahun 2016 lalu, Bekraf menyelenggarakan acara yang sama di Solo, Jawa Tengah (6/9), Cirebon, Jawa Barat (13/10), Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (22/10), Sukabumi, Jawa Barat (26/10), Daerah Istimewa Yogyakarta (11/11) dan Sumedang, Jawa Barat (18/11) dengan jumlah peserta hampir 400 orang.

Pada workshop kali ini, Bekraf bukan hanya menggandeng Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB) yaitu Perusahaan Baitul Maal wat Tamwil (PBMT) Ventura, Bahana Artha Ventura dan Sarana Jakarta Ventura tetapi juga pihak perbankan yaitu Bank BRI. Bekraf menyadari bahwa para pelaku ekonomi kreatif membutuhkan permodalan untuk mengembangkan usaha. 100 pelaku ekonomi kreatif sub sektor unggulan dan prioritas di Tegal Raya menjadi peserta.

Bekraf melalui Deputi II Bidang Akses Permodalan membantu  proses intermediasi LKNB dan perbankan dengan para pelaku industri kreatif supaya bisa mengakses permodalan dari LKNB serta perbankan. ”Kami berharap, PBMT Ventura, Bahana Artha Ventura dan Sarana Jakarta Ventura sebagai LKNB dan BRI sebagai perbankan bisa berperan maksimal sebagai sumber permodalan bagi pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ungkap Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo.

Perusahaan modal ventura serta perbankan perlu menganalisis risiko dalam menyalurkan dana kepada pelaku ekonomi kreatif sebagai calon penerima dana. Sehingga, workshop ini berperan untuk mempersiapkan para pelaku ekonomi kreatif mengakses permodalan LKNB dan perbankan.

Workshop ini akan membuka wawasan para peserta tentang pengembangan bisnis dan kapasitas usaha, terutama pengetahuan mengakses permodalan guna meningkatkan nilai tambah dan produktivitas. Tujuan penyelenggaraan workshop ini yaitu untuk meningkatkan variasi dan kualitas produk yang berorientasi ekspor, mengajarkan manajemen keuangan dan manajemen resiko yang berorientasi ekspor serta bisa mengakses sumber permodalan dari LKNB dan perbankan.

“Bekraf berupaya melakukan intermediasi antara pemilik modal termasuk LKNB dan perbankan ke pelaku ekonomi kreatif dan mengajak LKNB serta perbankan agar aktif menyalurkan skema perbiayaan kepada pelaku ekonomi kreatif,” tegas Fadjar.

Bekraf memberikan pelatihan terkait manajemen risiko, manajemen keuangan, manajemen inovasi dan kewirausahaan serta peningkatan nilai tambah dan produktivitas yang berorientasi ekspor sebagai upaya meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi kreatif.

Bapak Abdul Fikri Faqih selaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI hadir dan memberikan sambutan. Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo membuka acara pada hari ke dua (9/3).

Pada workshop ini, Bekraf tidak hanya Sosialisasi Program Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif oleh Direktur Akses Non Perbankan Sugeng Santoso dan Sosialisasi Program Akses Perbankan oleh Kasubdit Perbankan Konvensional, Direktorat Akses Perbankan Dedy Andriansyah, tetapi juga sosiali aplikasi BISMA oleh Kasubdit Informasi & Pengolahaan Data, Direktorat Riset & Pengembangan Bapak Slamet Aji Pamungkas. BISMA merupakan aplikasi untuk mendata pelaku ekonomi kreatif.

Selain narasumber dari Bekraf, LKNB dan perbankan, Bekraf juga  menghadirkan Bapak Suharmanto selak Kepala Bappeda Kabupaten Tegal dan Bapak Nur Effendi selaku Kepala Bappeda Kota Tegal yang diiwakili oleh Kabid Ekonomi untuk mengutarakan perihal Peran Sektor Ekonomi Kreatif Dalam Pembangunan Ekonomi dan Perencanaan Strategis Daerah Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. (S.Mu’min)

Berita Lainnya

Masa Depan Generasi Penerus Bangsa Tanggung Jawab Bersama
Berita 26 Jul, 2017

Masa Depan Generasi Penerus Bangsa Tanggung Jawab Bersama

Tegal – Masa depan generasi penerus bangsa khususnya anak anak Kota Tegal jadi perhatian utama Pemerintah Kota Tegal. Melalui Walikota…

Niken: Sebut Kota Kuliner, Kita Harus Bangga
Berita 15 Feb, 2017

Niken: Sebut Kota Kuliner, Kita Harus Bangga

TEGAL-Seperti yang diketahui, beberapa waktu yang lalu saat Walikota Tegal tampil acara salah satu televisi swasta mengatakan bahwa selain terkenal…

Lomba Story Telling Digelar Perpusda Kota Tegal
Berita 20 Apr, 2017

Lomba Story Telling Digelar Perpusda Kota Tegal

TEGAL-Perpustakaan Daerah Kota Tegal Mr. Besar Martokoesoemo menggelar lomba story telling siswa Sekolah Dasar se-Kota Tegal, Rabu (19/4) di ruang…

Jajaran PLN APJ Tegal Simulasi Kebakaran
Berita 16 Jun, 2017

Jajaran PLN APJ Tegal Simulasi Kebakaran

TEGAL- PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Tegal menggelar Simulasi Bahaya Kebakaran, yang diikuti oleh pegawai PLN  APJ Tegal dan juga…

Polres Tegal Kota Gelar Konsolidasi Pasukan dan Halal Bihalal
Berita 05 Jul, 2017

Polres Tegal Kota Gelar Konsolidasi Pasukan dan Halal Bihalal

TEGAL-Dengan berakhirnya pelaksanaan Ops Ramadniya Candi 2017 Pengamanan Lebaran Idul Fitri 1438 H, Polres Tegal Kota mengelar Apel Konsolidasi yang…

Walikota Optimis Kelurahan Kemandungan Optimis Riah Juara I Lomba  Kelurahan Tingkat Jawa Tengah
Berita 26 May, 2017

Walikota Optimis Kelurahan Kemandungan Optimis Riah Juara I Lomba Kelurahan Tingkat Jawa Tengah

TEGAL – Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha optimis Kelurahan Kemandungan juarai lomba Kelurahan Tingkat Jawa Tengah. Hal itu diungkapkan…

Most from this category