Pengembangan Bisnis melalui Bekraf

TEGAL – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menyelenggarakan “Workshop Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif” di Tegal dari 8 – 10 Maret 2017. Tahun 2016 lalu, Bekraf menyelenggarakan acara yang sama di Solo, Jawa Tengah (6/9), Cirebon, Jawa Barat (13/10), Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (22/10), Sukabumi, Jawa Barat (26/10), Daerah Istimewa Yogyakarta (11/11) dan Sumedang, Jawa Barat (18/11) dengan jumlah peserta hampir 400 orang.

Pada workshop kali ini, Bekraf bukan hanya menggandeng Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB) yaitu Perusahaan Baitul Maal wat Tamwil (PBMT) Ventura, Bahana Artha Ventura dan Sarana Jakarta Ventura tetapi juga pihak perbankan yaitu Bank BRI. Bekraf menyadari bahwa para pelaku ekonomi kreatif membutuhkan permodalan untuk mengembangkan usaha. 100 pelaku ekonomi kreatif sub sektor unggulan dan prioritas di Tegal Raya menjadi peserta.

Bekraf melalui Deputi II Bidang Akses Permodalan membantu  proses intermediasi LKNB dan perbankan dengan para pelaku industri kreatif supaya bisa mengakses permodalan dari LKNB serta perbankan. ”Kami berharap, PBMT Ventura, Bahana Artha Ventura dan Sarana Jakarta Ventura sebagai LKNB dan BRI sebagai perbankan bisa berperan maksimal sebagai sumber permodalan bagi pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ungkap Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo.

Perusahaan modal ventura serta perbankan perlu menganalisis risiko dalam menyalurkan dana kepada pelaku ekonomi kreatif sebagai calon penerima dana. Sehingga, workshop ini berperan untuk mempersiapkan para pelaku ekonomi kreatif mengakses permodalan LKNB dan perbankan.

Workshop ini akan membuka wawasan para peserta tentang pengembangan bisnis dan kapasitas usaha, terutama pengetahuan mengakses permodalan guna meningkatkan nilai tambah dan produktivitas. Tujuan penyelenggaraan workshop ini yaitu untuk meningkatkan variasi dan kualitas produk yang berorientasi ekspor, mengajarkan manajemen keuangan dan manajemen resiko yang berorientasi ekspor serta bisa mengakses sumber permodalan dari LKNB dan perbankan.

“Bekraf berupaya melakukan intermediasi antara pemilik modal termasuk LKNB dan perbankan ke pelaku ekonomi kreatif dan mengajak LKNB serta perbankan agar aktif menyalurkan skema perbiayaan kepada pelaku ekonomi kreatif,” tegas Fadjar.

Bekraf memberikan pelatihan terkait manajemen risiko, manajemen keuangan, manajemen inovasi dan kewirausahaan serta peningkatan nilai tambah dan produktivitas yang berorientasi ekspor sebagai upaya meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi kreatif.

Bapak Abdul Fikri Faqih selaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI hadir dan memberikan sambutan. Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo membuka acara pada hari ke dua (9/3).

Pada workshop ini, Bekraf tidak hanya Sosialisasi Program Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif oleh Direktur Akses Non Perbankan Sugeng Santoso dan Sosialisasi Program Akses Perbankan oleh Kasubdit Perbankan Konvensional, Direktorat Akses Perbankan Dedy Andriansyah, tetapi juga sosiali aplikasi BISMA oleh Kasubdit Informasi & Pengolahaan Data, Direktorat Riset & Pengembangan Bapak Slamet Aji Pamungkas. BISMA merupakan aplikasi untuk mendata pelaku ekonomi kreatif.

Selain narasumber dari Bekraf, LKNB dan perbankan, Bekraf juga  menghadirkan Bapak Suharmanto selak Kepala Bappeda Kabupaten Tegal dan Bapak Nur Effendi selaku Kepala Bappeda Kota Tegal yang diiwakili oleh Kabid Ekonomi untuk mengutarakan perihal Peran Sektor Ekonomi Kreatif Dalam Pembangunan Ekonomi dan Perencanaan Strategis Daerah Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. (S.Mu’min)

Berita Lainnya

RSUD Kardinah Miliki Gedung ICU Baru
Berita 28 Jun, 2018

RSUD Kardinah Miliki Gedung ICU Baru

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah kini memiliki gedung baru iCU, ICCU, PICCU dan gedung Cateterisasi Jantung atau Cath Lab.…

Antisipasi Massa ke Magelang, Polisi Sekat Sejumlah Jalur Utama di Kota Tegal
Berita 07 Sep, 2017

Antisipasi Massa ke Magelang, Polisi Sekat Sejumlah Jalur Utama di Kota Tegal

TEGAL-Pihak kepolisian melakukan penyekatan disejumlah jalur utama wilayah Kota Tegal. Penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi pergerakan masa yang akan menuju tempat…

Kang Nur Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Balaikota Tegal.
Berita 10 Nov, 2017

Kang Nur Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Balaikota Tegal.

TEGAL – “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” menjadi tema pada peringatan Hari Pahlawan Ke-72 Tahun 2017. Tema ini mengandung pesan bahwa…

Diikuti 40 Perusahaan, Ratusan Pencaker Serbu Area Job Fair PPIB Kota Tegal
Berita 28 Nov, 2017

Diikuti 40 Perusahaan, Ratusan Pencaker Serbu Area Job Fair PPIB Kota Tegal

TEGAL - Ratusan pencari kerja (pencaker) yang berasal dari Kota Tegal dan sekitarnya menyerbu  area Pusat Promosi Informasi Bisnis (PPIB)…

Nelayan Kota Tegal Bertemu Rizal Ramli
Berita 04 Jan, 2018

Nelayan Kota Tegal Bertemu Rizal Ramli

TEGAL-Nelayan Kota Tegal bertemu untuk berdialog dengan mantan Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, Kamis (4/1) di sekretariat Paguyuban…

Mudahnya Mengurus Perijinan di Kota Tegal
Berita 26 Jan, 2017

Mudahnya Mengurus Perijinan di Kota Tegal

TEGAL – Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) setiap hari ramai dikunjungi warga Kota Tegal yang hendak mengurus izin. Kantor yang…

Most from this category