Pengembangan Bisnis melalui Bekraf

TEGAL – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menyelenggarakan “Workshop Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif” di Tegal dari 8 – 10 Maret 2017. Tahun 2016 lalu, Bekraf menyelenggarakan acara yang sama di Solo, Jawa Tengah (6/9), Cirebon, Jawa Barat (13/10), Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (22/10), Sukabumi, Jawa Barat (26/10), Daerah Istimewa Yogyakarta (11/11) dan Sumedang, Jawa Barat (18/11) dengan jumlah peserta hampir 400 orang.

Pada workshop kali ini, Bekraf bukan hanya menggandeng Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB) yaitu Perusahaan Baitul Maal wat Tamwil (PBMT) Ventura, Bahana Artha Ventura dan Sarana Jakarta Ventura tetapi juga pihak perbankan yaitu Bank BRI. Bekraf menyadari bahwa para pelaku ekonomi kreatif membutuhkan permodalan untuk mengembangkan usaha. 100 pelaku ekonomi kreatif sub sektor unggulan dan prioritas di Tegal Raya menjadi peserta.

Bekraf melalui Deputi II Bidang Akses Permodalan membantu  proses intermediasi LKNB dan perbankan dengan para pelaku industri kreatif supaya bisa mengakses permodalan dari LKNB serta perbankan. ”Kami berharap, PBMT Ventura, Bahana Artha Ventura dan Sarana Jakarta Ventura sebagai LKNB dan BRI sebagai perbankan bisa berperan maksimal sebagai sumber permodalan bagi pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ungkap Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo.

Perusahaan modal ventura serta perbankan perlu menganalisis risiko dalam menyalurkan dana kepada pelaku ekonomi kreatif sebagai calon penerima dana. Sehingga, workshop ini berperan untuk mempersiapkan para pelaku ekonomi kreatif mengakses permodalan LKNB dan perbankan.

Workshop ini akan membuka wawasan para peserta tentang pengembangan bisnis dan kapasitas usaha, terutama pengetahuan mengakses permodalan guna meningkatkan nilai tambah dan produktivitas. Tujuan penyelenggaraan workshop ini yaitu untuk meningkatkan variasi dan kualitas produk yang berorientasi ekspor, mengajarkan manajemen keuangan dan manajemen resiko yang berorientasi ekspor serta bisa mengakses sumber permodalan dari LKNB dan perbankan.

“Bekraf berupaya melakukan intermediasi antara pemilik modal termasuk LKNB dan perbankan ke pelaku ekonomi kreatif dan mengajak LKNB serta perbankan agar aktif menyalurkan skema perbiayaan kepada pelaku ekonomi kreatif,” tegas Fadjar.

Bekraf memberikan pelatihan terkait manajemen risiko, manajemen keuangan, manajemen inovasi dan kewirausahaan serta peningkatan nilai tambah dan produktivitas yang berorientasi ekspor sebagai upaya meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi kreatif.

Bapak Abdul Fikri Faqih selaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI hadir dan memberikan sambutan. Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo membuka acara pada hari ke dua (9/3).

Pada workshop ini, Bekraf tidak hanya Sosialisasi Program Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif oleh Direktur Akses Non Perbankan Sugeng Santoso dan Sosialisasi Program Akses Perbankan oleh Kasubdit Perbankan Konvensional, Direktorat Akses Perbankan Dedy Andriansyah, tetapi juga sosiali aplikasi BISMA oleh Kasubdit Informasi & Pengolahaan Data, Direktorat Riset & Pengembangan Bapak Slamet Aji Pamungkas. BISMA merupakan aplikasi untuk mendata pelaku ekonomi kreatif.

Selain narasumber dari Bekraf, LKNB dan perbankan, Bekraf juga  menghadirkan Bapak Suharmanto selak Kepala Bappeda Kabupaten Tegal dan Bapak Nur Effendi selaku Kepala Bappeda Kota Tegal yang diiwakili oleh Kabid Ekonomi untuk mengutarakan perihal Peran Sektor Ekonomi Kreatif Dalam Pembangunan Ekonomi dan Perencanaan Strategis Daerah Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. (S.Mu’min)

Berita Lainnya

Teater Akar UPS Tegal Gemleng Anggota Baru
Berita 11 Dec, 2017

Teater Akar UPS Tegal Gemleng Anggota Baru

TEGAL – Sekelompok anak-anak muda Universitas Pancasakti Tegal yang tergabung dalam Unit Pelaksana Kegiatan Teater Akar FKIP UPS Tegal menghadirkan…

Satpol PP Copot Spanduk Reklame  Bila Langgar Ini
Berita 18 Jul, 2017

Satpol PP Copot Spanduk Reklame Bila Langgar Ini

TEGAL-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal melakukan penertiban spanduk melalui operasi rutin. Spanduk liar berjenis iklan produk, rokok,…

Enam Pilar Sebagai Ujung Tombak KKN Mahasiwa UPS Tegal
Berita 17 Jul, 2018

Enam Pilar Sebagai Ujung Tombak KKN Mahasiwa UPS Tegal

TEGAL – Penerjunan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal tahun 2018 di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal…

Menwa UPS Tegal Adakan Lomba PBB
Berita 05 Mar, 2018

Menwa UPS Tegal Adakan Lomba PBB

TEGAL - Perlombaan Peraturan Baris Berbaris yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal pada 27-28 Februari…

Hadi Mulyono: Pengusaha Antusias Ajukan Sertifikasi Halal
Berita 09 Aug, 2017

Hadi Mulyono: Pengusaha Antusias Ajukan Sertifikasi Halal

TEGAL – Dalam menghadapi persaingan usaha yang ketat khususnya dibidang makanan maupun minuman, banyak pengusaha antusias untuk mengajukan salah satu…

KPU Gelar Debat Putaran Kedua Pilwalkot Tegal
Berita 07 May, 2018

KPU Gelar Debat Putaran Kedua Pilwalkot Tegal

KPU Kota Tegal Telah menggelar Debat Publik putaran kedua Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pada Senin 7 Mei…

Most from this category