Wali Kota Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD 2019

TEGAL – Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, pada Senin (29/06/2020) dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal ke-19 dengan agenda Penyampaian Pengantar Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Tegal Tahun Anggaran 2019 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal.

Dalam sambutannya Wali Kota menyampaikan bahwa sesuai amanat UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Pasal 31 Ayat (1), menyebutkan bahwa Gubernur/Bupati/Wali Kota menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa laporan keuangan setelah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selambat-lambatnya 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Tujuannya guna mendapatkan persetujuan dan pengesahan serta ditetapkan sebagai Peraturan Daerah,” ungkap Wali Kota di hadapan sidang yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tegal Sukendro, S.T.

Rapat Paripurna juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T., M.M., anggota Forkopimda, Sekda Kota Tegal Dr. Drs.Johardi M.M., Para asisten, Kepala OPD di Lingkungan Pemkot Tegal.

Disebutkan Wali Kota, Laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Tegal telah melalui proses audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Jawa Tengah yang dilakukan dalam 2 (dua) tahap, yaitu tahap pemeriksaan pendahuluan dilaksanakan pada tyanggal 27 Januari 2020 sampai dengan 25 Februari 2020.

Sementara tahap kedua, pemerinksaan secara dilakukan secara daring pada tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 5 Mei 2020.

“Pemeriksaan terinci tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Hal ini karena adanya pandemic virus Covid-19 yang sudah masuk ke wilayah Provinsi Jawa Tengah, sehingga dengan adanya hal ini maka dilakukan pembatasan aktivitas perkantoran. Oleh sebab itu, BPK melakukan pemeriksaan terinci secara daring,” ungkap Wali Kota.

Disebutkan Wali Kota, atas pemeriksaan yang telah dilakukan BPK-RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kota Tegal tahun anggaran 2019, telah disampaikan laporan hasil pemeriksaan (LHP) disertai dengan opini yang diserahkan oleh BPK kepada Pemkot Tegal dan Ketua DPRD Kota Tegal pada hari Selasa, 19 Mei 2019 yang lalu.

“Menurut opini BPK, laporan Keuangan Pemkot Tegal menyajikan secara wajar dalam semua hjal yang material atau “Wajar Tanpa Pengecualian” atau disingkat WTP, posisi keuangan Pemkot Tegal tanggal 31 Desember 2019. Realisasi anggaran perubahan saldo anggaran lebih, operasional, arus kas, serta perubahan ekuitas untuk tahun yang berakhir tanggal tersebut,” jelas Dedy Yon.

Dengan mendapatkan WTP, sesuai dengan standar akuntasi pemerintah atas pemberian opini WTP tersebut di atas maka Kota Tegal berhak mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 14/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Insentif Daerah. (*)

 

Berita Lainnya

Manfaatkan Teknologi, Jumadi Apresiasi Sensus Penduduk Online 2020
Berita 19 Feb, 2020

Manfaatkan Teknologi, Jumadi Apresiasi Sensus Penduduk Online 2020

Tegal – Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T,M.M menghimbau kepada pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal untuk bekerjasama dan…

Sosialisasi E-Monitoring Pajak, Wali Kota Dukung  Peningkatan Akuntabilitas Penerimaan Pajak
Berita 03 Dec, 2019

Sosialisasi E-Monitoring Pajak, Wali Kota Dukung Peningkatan Akuntabilitas Penerimaan Pajak

Monitoring Pajak yang saat ini tengah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal dengan menggunakan E-Monitoring, yang dilengkapi dengan alat perekam…

Pemkot Inisatif Penyelesaian Tripartit, Polemik Pasar Pagi
Berita 23 Apr, 2018

Pemkot Inisatif Penyelesaian Tripartit, Polemik Pasar Pagi

Menyangkut polemik blok B dan C Pasar Pagi Kota Tegal, Pemerintah Kota Tegal akan melakukan inisiatif untuk melaksanakan penyelesaian dengan…

Sebanyak 60 Guru SD Negeri di Kota Tegal Ikuti Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Berita 08 Aug, 2017

Sebanyak 60 Guru SD Negeri di Kota Tegal Ikuti Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

TEGAL- Sedikitnya, 60 Guru SD se Kota Tegal mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Dasar yang…

Koordinasi Pengendalian Inflasi Jelang Natal 2017 dan tahun baru 2018
Berita 15 Nov, 2017

Koordinasi Pengendalian Inflasi Jelang Natal 2017 dan tahun baru 2018

Tegal – Dalam rangka menyikapi hari libur keagamaan yaitu natal 2017 dan tahun baru 2018, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw…

Kontingen Kota Tegal dalam Porprov Jateng ke XV Resmi Dilepas
Berita 17 Oct, 2018

Kontingen Kota Tegal dalam Porprov Jateng ke XV Resmi Dilepas

TEGAL – Kontingen Kota Tegal resmi dilepas oleh Wali Kota Tegal H.M Nursoleh dalam kegiatan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov)…

Most from this category