Pantura Barat Jadi Sasaran Peredaran Tembakau Gorila

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol Dr. Benny Gunawan menyebut empat daerah di wilayah Pantura Barat menjadi sasaran peredaran Tembakau Gorila.

Empat daerah tersebut meliputi, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang

Hal itu diungkapkan Benny dalam acara sinergitas pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika bersama empat kepala daerah di Pendopo Ki Gede Sebayu, Selasa (23/6/2020).

Frekuensi permintaan tembakau gorila di wilayah Pantura Barat sangat tinggi.
Brigjen Pol Dr. Benny mencatat sejak Januari – Juni 2020 terdapat 5 kasus. Penikmat tembakau gorila berusia muda dan produktif yaitu usia pelajar, mahasiswa dan pekerja pemula.

“Kasus yang sudah tangani, Kab Tegal terdapat 5 kasus, Kab Pemalang 1 kasus dan Kab Brebes kasus sabu cair. Untuk Kota Tegal menjadi sasaran tempat barang-barang tersebut,” kata Brigjen Pol Dr. Benny.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan perlu skala prioritas pencegahan. Dedy Yon juga mengajak kepala daerah untuk bersinergi melawan perdaran narkoba di wilayah Pantura barat.

Kota Tegal merupakan central city disinyalir menjadi tempat pengiriman paket tembakau gorila. Pemesanan melalui Kota Tegal dan dikirim ke wilayah sekitarnya.

Untuk itu, kata Dedy Yon, pihaknya akan bekerja sama dengan Bea Cukai untuk mengecek paket yang masuk ke Kota Tegal. Paket pengiriman harus-betul diperiksa sebelum diterima oleh pemesan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro secara tegas dan berkomitmen untuk memerangi narkoba. Pantura barat menjadi target untuk itu, kata Kusnendro, semua harus saling memberikan informasi dan edukasi bahaya narkoba.

“Memberikan informasi sejelas-jelasnya obat yang kategori narkotika. Janga sampai yang kita konsumsi untuk kesehatan ternyata obat tersebut tergolong jenis narkotika,” pungkas Kusnendro.

Berita Lainnya

Wali Kota Tegal Hadiri Launching Indonesia City Expo (ICE) Tahun 2020
Berita 19 Feb, 2020

Wali Kota Tegal Hadiri Launching Indonesia City Expo (ICE) Tahun 2020

Tangerang Selatan - Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM menghadiri Launching Indonesia City Expo (ICE) ke -18 di Hotel…

Walikota : Sertifikat Untuk Legalitas Dan Tertib Administrasi
Berita 14 Jul, 2020

Walikota : Sertifikat Untuk Legalitas Dan Tertib Administrasi

Semarang - Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono menerima 65 bidang sertifikat, sertifikat itu berupa aset jalan yang ada di Kota Tegal…

Walikota Tegal Serahkan 460 Sertifikat Milik Warga
Berita 15 Jul, 2020

Walikota Tegal Serahkan 460 Sertifikat Milik Warga

Tegal - Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM menyerahkan 460 Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah dari program Pendaftaran Tanah…

Jelang Pembukaan MTQ, Ratusan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf
Berita 10 Oct, 2017

Jelang Pembukaan MTQ, Ratusan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf

TEGAL-Jelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Tegal, ratusan peserta dari berbagai tingkatan sekolah di Kota Tegal ikuti pawai…

Walikota Tegal Pimpin Raker Komwil III Apeksi
Berita 29 Mar, 2019

Walikota Tegal Pimpin Raker Komwil III Apeksi

Semarang - Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E, M.M memimpin langsung jalannya Rapat Kerja Komisariat Wilayah III (Raker Komwil…

Siswa Diajarkan Pembelajaran Umum dan Madrasah Diniyah
Berita 12 Sep, 2017

Siswa Diajarkan Pembelajaran Umum dan Madrasah Diniyah

TEGAL-SMP Negeri 2 Kota Tegal mengintegrasikan pembelajaran umum dengan madrasah diniyah untuk memberikan pemahaman agama islam kepada peserta didiknya. Kepala…

Most from this category