Pantura Barat Jadi Sasaran Peredaran Tembakau Gorila

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol Dr. Benny Gunawan menyebut empat daerah di wilayah Pantura Barat menjadi sasaran peredaran Tembakau Gorila.

Empat daerah tersebut meliputi, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang

Hal itu diungkapkan Benny dalam acara sinergitas pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika bersama empat kepala daerah di Pendopo Ki Gede Sebayu, Selasa (23/6/2020).

Frekuensi permintaan tembakau gorila di wilayah Pantura Barat sangat tinggi.
Brigjen Pol Dr. Benny mencatat sejak Januari – Juni 2020 terdapat 5 kasus. Penikmat tembakau gorila berusia muda dan produktif yaitu usia pelajar, mahasiswa dan pekerja pemula.

“Kasus yang sudah tangani, Kab Tegal terdapat 5 kasus, Kab Pemalang 1 kasus dan Kab Brebes kasus sabu cair. Untuk Kota Tegal menjadi sasaran tempat barang-barang tersebut,” kata Brigjen Pol Dr. Benny.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan perlu skala prioritas pencegahan. Dedy Yon juga mengajak kepala daerah untuk bersinergi melawan perdaran narkoba di wilayah Pantura barat.

Kota Tegal merupakan central city disinyalir menjadi tempat pengiriman paket tembakau gorila. Pemesanan melalui Kota Tegal dan dikirim ke wilayah sekitarnya.

Untuk itu, kata Dedy Yon, pihaknya akan bekerja sama dengan Bea Cukai untuk mengecek paket yang masuk ke Kota Tegal. Paket pengiriman harus-betul diperiksa sebelum diterima oleh pemesan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro secara tegas dan berkomitmen untuk memerangi narkoba. Pantura barat menjadi target untuk itu, kata Kusnendro, semua harus saling memberikan informasi dan edukasi bahaya narkoba.

“Memberikan informasi sejelas-jelasnya obat yang kategori narkotika. Janga sampai yang kita konsumsi untuk kesehatan ternyata obat tersebut tergolong jenis narkotika,” pungkas Kusnendro.

Berita Lainnya

Mahasiswa PBSI 5A Pentaskan Drama Berjudul Barabah
Berita 05 Nov, 2019

Mahasiswa PBSI 5A Pentaskan Drama Berjudul Barabah

Tegal – Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia (PBSI) 5A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal menggelar pementasan drama…

Jelang Natal dan Tahun Baru, TPID Kota Tegal Pantau Perkembangan Inflasi.
Berita 18 Dec, 2018

Jelang Natal dan Tahun Baru, TPID Kota Tegal Pantau Perkembangan Inflasi.

TEGAL- Jelang Natal dan Tahun Baru, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal selenggarakan High Level Meeting guna memantau perkembangan…

Persit Gelar Arisan Bersama Untuk Pererat Silaturahmi
Berita 07 Apr, 2019

Persit Gelar Arisan Bersama Untuk Pererat Silaturahmi

Tegal – Untuk memperat tali silaturahmi antar anggota dan keluarga Koramil 01/Tegal Barat. Persit mengelar arisan bersama di RM Pantai…

Kelurahan Pekauman Diapresiasi oleh Tim Penilai Lomba Kelurahan
Berita 03 Apr, 2018

Kelurahan Pekauman Diapresiasi oleh Tim Penilai Lomba Kelurahan

TEGAL - Setelah Kelurahan Mintargen Kecamatan Tegal Timur, pada Selasa (3/4) giliran Kelurahan Pekauman Kecamatan Tegal Barat berlangsung kegiatan Evaluasi…

Jumadi Tegas, Lawan Jual Beli Jabatan ASN
Berita 17 Aug, 2019

Jumadi Tegas, Lawan Jual Beli Jabatan ASN

Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi menegaskan bahwa jangan sampai terulang kembali Korupsi dan Jual Beli jabatan di kota Tegal.…

Jelang Pemilu 2019, Wali Kota Tegal Ajak Masyarakat Waspada Terhadap Ancaman Perpecahan
Berita 12 Feb, 2019

Jelang Pemilu 2019, Wali Kota Tegal Ajak Masyarakat Waspada Terhadap Ancaman Perpecahan

TEGAL-Kantor Kesbangpol Kota Tegal menggelar diskusi Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam Kehidupan Beragama, Selasa (12/2) di Gedung Adipura, Komplek Balai…

Most from this category