Bersama KPK RI, Kota Tegal siap laksanakan Korsupgah

Surakarta – Cegah korupsi, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal  bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI siap melaksanakan program Koordinasi Supervisi dan Pencegahan Korupsi (Korsupgah) di tahun 2017. Hal itu disampaikan Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno saat menghadiri Rembug Integritas pelaksanaan Korsupgah di Jawa Tengah yang dihadiri Gubernur, Kepala Daerah, Ketua DPRD, BPK RI, Kepala Kejaksaan, serta dari unsur Kepolisian Daerah Jawa Tengah di Pendaphi  Gede Balaikota Surakarta. Selasa (7/3).

Dalam acara yang bertajuk, “Budayakan Malu Korupsi” tersebut walikota mengatakan sebagai langkah awal, saat ini Pemkot Tegal sudah menyusun rencana aksi yang telah dikoordinasikan dengan KPK RI. Bersama Tim Korsupgah KPK RI, nantinya pelaksanaan Korsupgah akan dimulai dari tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD ) di Kota Tegal.

Berbagai lini seperti Perizian, layanan publik, lelang pengadaan menjadi fokus Pemerintah Kota Tegal dalam rencana aksinya melaksanakan Korsupgah bersama KPK RI kedepan.

“Perizinan, layanan publik, pelelangan pengadaan, serta gratifikasi menjadi sorotan dalam pemeriksaan bersama KPK nantinya ,“ ucap walikota.

Selain itu dikatakan walikota, saat ini bersama jajaranya pihaknya  juga telah mengevaluasi dan menata ulang proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) Kota Tegal beserta Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) program pembangunan disesuaikan dengan UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sementara itu Wakil Ketua KPK RI bidang pencegahan Saut Situmorang dalam arahannya mangatakan,  saat ini KPK telah  melakukan koordinasi terkait aspek pencegahan korupsi dengan banyak Pemerintah Daerah (Pemda) di Indonesia.

Namun ditegaskan Saut, yang terpenting dalam aspek pencegahan korupsi adalah keberlanjutan integritas pemerintah daerah dalam menerapkan pencegahan korupsi. Karena itu pihaknya mengimbau agar pencegahan korupsi dimulai dari pejabat atas hingga staf terbawah.

“Gubernur, Bupati/Walikota hingga staf lapisan terbawah harus terus diingatkan dan diarahkan terhadap pencegahan korupsi,” ujarnya.

Berita Lainnya

Dedy Jumadi Sambangi KPU untuk Daftarkan Diri
Berita 08 Jan, 2018

Dedy Jumadi Sambangi KPU untuk Daftarkan Diri

TEGAL- Setelah melakukan Deklarasi di Lapangan GOR Wisanggeni Kota Tegal, pasangan Dedi Yon Supriyono dan Muhammad Jumadi langsung menuju ke…

Berikut Para Juara PSE 3 UPS Tegal
Berita 25 Mar, 2018

Berikut Para Juara PSE 3 UPS Tegal

TEGAL - Penyelenggaraa Pancasakti Science Exhibition (PSE) digelar oleh Program Studi IPA Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal…

Kebakaran Pabrik Logam Jalan Cempaka Diduga Karena Tungku Tungkit Yang Terlalu Panas
Berita 31 Oct, 2017

Kebakaran Pabrik Logam Jalan Cempaka Diduga Karena Tungku Tungkit Yang Terlalu Panas

TEGAL- Pabrik pengecoran logam SU Anwari milik Slamet Sunmiatno (58) yang ada di jalan Cempaka Kota Tegal mengalami kebarakaran. Dugaan…

Komunitas Dua Pedal Gelar Jambore I
Berita 10 May, 2018

Komunitas Dua Pedal Gelar Jambore I

TEGAL-Komunitas Dua Pedal Brebes, Kota Tegal, Slawi (Bregas) menggelar jambore, Rabu-Kamis (9-10/5) di kawasan objek wisata Pantai Alam Indah (PAI).…

Ibunda Habib Tohir Alkaff Meninggal Dunia
Berita 01 Mar, 2018

Ibunda Habib Tohir Alkaff Meninggal Dunia

Syarifah Gamar Binti Agil Al Atas ibunda dari Habib Thohir Bin Abdullah Al kaff, meninggal dunia, pada usia ke 83…

PPDB SD-SMP Dibuka Hari Ini
Berita 03 Jul, 2017

PPDB SD-SMP Dibuka Hari Ini

TEGAL-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD/MI dan SMP/MTs tahun pelajaran 2017/2018 Kota Tegal telah dibuka sampai dengan 5 Juli…

Most from this category