Ratusan Kendaraan Dinas Pemkot Tegal Ikuti Ramp Check dan Uji Emisi

TEGAL – Politeknik Keselamatan Tranportasi Jalan (PKTJ) Tegal bekerjasama dengan  Pemerintah Kota Tegal menggelar Ramp Check (Inspeksi Mesin Kendaraan ) dan Uji Emisi terhadap semua kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Kota Tegal. Kamis (2/3) di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal.

Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutanya mengatakan, walikota menyambut baik program yang dilakukan PKTJ Tegal. Hal ini karena menurutnya asap kendaraan bermotor memberi andil besar terhadap polusi udara yang saat semakin hari semakin memprihatinkan.

Walikota mengungkapkan berbagai zat yang dihasilkan dari proses pembakaran kendaraan bermotor memiliki kerawanan terhadap kesehatan. “Oleh karena itu uji emisi harus dilakukan berkala, sehingga polusi bisa dikendalikan agar tidak menimbulkan permasalahan kesehatan bagi pengguna jalan maupun lingkungan.

Dalam kesempatan itu walikota bahkan menegaskan seluruh kendaraan dinas yang dikelola masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mengikuti uji emisi. “Tidak hanya kendaraan pribadi, namun harus mendahulukan kendaraan dinas terlebih dahulu karena tingkat mobilitasnya yang sangat tinggi,”ucapnya. “Jangan sampai kendaraan dinas justru tidak lulus namun tetap menjadi operasional,”imbuhnya.

Selian itu kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran tentang bahaya dampak pencemaran udara bagi kesehatan.  Oleh karenanya walikota meminta OPD di lingkungan  mejadi pelopor pelaksanaan dan penyebarluasan manfaat pemeliharaan dan pemanfaatan kendaraan melalui uji emisi ini.

“Seluruh OPD harus disiplin mematuhi ketentuan dan jadwal yang telah ditentukan dalam uji emisi bagi masing-masing OPD di dilingkungan Pemerintah Kota Tegal”,tegas walikota. Harapanya semua kendaraan bisa lulus dalam uji emisi kali ini  sehingga gas buang yang dihasilkan tidak mengganggu kualitas udara di Kota Tegal.

Sementara itu Direktur PKTJ Tegal Yudhi Karyanto ATD, M.Sc dalam keterangannya mengatakan kegiatan Ramp Cek dan Uji Emisi yang dilakukan pihaknya, merupakan salah satu dukungan PKTJ Tegal   terhadap program Pemerintah Kota Tegal  dalam meningkatkan kesehatan lingkungan.

“Ramp Chek dan Uji Emisi mungkin tidak langsung terkait dengan keselamatan, namun untuk hal ini ini mendukung visi keselamatan dan kesehatan lingkungan”,ujarnya.

Selain Inpeski Mesin Kendaraan dan Uji Emisi, pihaknya juga akan melaksanakan berbagai kegiatan penyuluhan dan pendidikan keselamatan jalan kepada para siswa sekolah. “Dalam waktu dekat kami akan mengundang siswa sekolah di Kota Tegal untuk mengikuti program edukasi keselamatan jalan di Kampus PKTJ”, pungkasnya.

Berita Lainnya

Dalang Entus Susmono Tutup Usia.
Berita 15 May, 2018

Dalang Entus Susmono Tutup Usia.

Tegal – “Atas nama pemerintah Kota Tegal, saya Pjs Walikota Tegal menyampaikan belasungkawa yang sedalam dalamnya kepada almarhum Bapak Entus…

Dengan Rumah Kreatif, UMKM Bisa Memasarkan Produk Secara Digital
Berita 29 Jul, 2017

Dengan Rumah Kreatif, UMKM Bisa Memasarkan Produk Secara Digital

Tegal- Rencana Bank BNI lewat program CSR Rumah Kreatif akan segera terwujud, adapun untuk lokasinya akan dicarikan tempat yang sesuai…

Ada Patung Komodo di Pantai Pulo Kodok
Berita 20 Mar, 2018

Ada Patung Komodo di Pantai Pulo Kodok

TEGAL - Salah satu unsur dalam Sapta Pesona adalah unsur kenangan, dimana obyek wisata untuk menghadirkan unsur tersebut dilkukan berbagai…

Pemudik Menggunkan Kereta Api Mengalami Kenaikan
Berita 30 Jun, 2017

Pemudik Menggunkan Kereta Api Mengalami Kenaikan

TEGAL – Peningkatan pemudik menggunakan Kereta Api di Stasiun Kota Tegal mulai mengalami peningkatan setiap harinya. Hal itu disampaikan oleh…

KPU Tegal Gelar Rakor Penataan Dapil Pemilu 2019
Berita 06 Dec, 2017

KPU Tegal Gelar Rakor Penataan Dapil Pemilu 2019

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal gelar rapat koordinasi penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi pemilihan umum (Pemilu) 2019…

Habib Ali Targetkan 47 Persen Suara
Berita 27 Jun, 2018

Habib Ali Targetkan 47 Persen Suara

Calon Wali Kota Tegal nomor urut empat Habib Ali Zaenal Abidin menargetkkan memperoleh 47 persen suara, pada Pemilihan Wali Kota…

Most from this category