Wali Kota Kembali Ajak Sukseskan SP2020

TEGAL – Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono kembali  mengajak warga Kota Tegal untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020 (SP2020)

Hal tersebut disampaikan Wali Kota saat Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 di Pendopo Kecamatan Tegal Barat, Selasa (18/02/2020). Hadir juga Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, S.E., M.M., Sekretaris Kecamatan Tegal Barat Zidni Nuriyantoro, S.H., Kepala BPS Kota Tegal Drs, Agustinus Hariyanto, M.M., Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal terkait dan dihadiri oleh, para Lurah se-Kecamatan Tegal Barat.

Sebelumnya Dedy Yon mengajak warga Kota Tegal untuk mensukseskan SP2020 saat Rapat Koordinasi Daerah Sensus Penduduk 2020 , Kamis (6/2/2020) di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Tegal.

“Sensus penduduk 2020 ini, Kota Tegal wajib mensukseskannya, mengingat pertumbuhan penduduk di Kota Tegal sangat cepat. Artinya suksesnya sensus penduduk khususnya di Kota Tegal sangat menentukan pembangunan ke depan di Kota Tegal,” ungkap Dedy Yon.

Dedy Yon juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tegal untuk secepatnya melakukan sensus online di website Badan Pusat Statistik. Dalam metode pencaacahan lapangan juga diperintahkan agar nantinya setiap petugas sensus untuk memfoto wajah orangnya dan memfoto rumahnya, agar ada kesesuaian untuk menghindari kecurangan dalam pengisian data.

Kepala BPS Kota Tegal Agustinus Hariyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dilakukan sensus penduduk oleh pemerintah adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karekateristik penduduk Indonesia. Karena dapat dilihat laju pertumbuhan penduduk di Indonesia terus meningkat, terutama sejak Sensus Penduduk 2010 silam.

“Keberhasilan sensus penduduk tahun 2020 ada ditangan masyarakat semua, isilah data dengan jujur jangan memanipulasi. Kami melakukan sosialiasai ini agar masyarakat dapat mengerti tata cara untuk mendapatkan diri di website BPS. Pasalnya hal seperti tidak semua dimengerti, terutama masyarakat awam yang masih asing dengan teknologi,” ungkap Agustinus.

Plt. Camat Tegal Barat Ilham Prasetyo dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Kecamatan Tegal Barat Zidni Nuriyantoro, mengajak warga untuk mendukung kegiatan SP2020 dengan melakukan berbagai langkah. Antara lain menyebarkan informasi di berbagai media seperti di forum masyarakat, membantu memasang dan menyebarkan publisitas SP2020 di berbagai tempat seperti banner, poster, leaflet, mengajak warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online, membantu petugas sensus pada pelaksanaan Sensus Penduduk Wawancara dan memberi arahan dan membuat surat edaran untuk Ketua RT/RW.

Seperti diketahui, Sensus Penduduk Secara Online telah dibuka pada 15 Februari -30 Maret 2020, dengan alamat website http//www.sensus.pbs.go.id, sedangkan SP verifikasi pencacahan lapangan akan dibuka pada 1-31 juli 2020, dengan melakukan pengecekan keberadaan penduduk.

Sensus Penduduk tahun 2020 ini berbeda dari sensus penduduk 2010 silam yang masih menggunakan sistem konvensional, sensus tahun ini akan menggunakan inovasi berbasis teknologi yaitu dengan kombinasi dua metode yaitu metode online yang didapat diakses melalui website BPS dan metode verifikasi pencacahan lapangan yang akan dilakukan oleh petugas BPS dengan mendatangi rumah rumah setiap penduduk. (*)

 

Berita Lainnya

Terbakarnya Pabrik Obat Nyamuk King Kong
Berita 11 Feb, 2017

Terbakarnya Pabrik Obat Nyamuk King Kong

TEGAL – Kerumunan warga terjadi di jalan Flores Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, hal ini dikarenakan terbakarnya Pabrik Obat Nyamuk…

Lintang Ayu Dan Evi Susilowati Memenagi Lomba Cerpen 2019
Berita 05 Nov, 2019

Lintang Ayu Dan Evi Susilowati Memenagi Lomba Cerpen 2019

Tegal - Dinas Kearsipandan Perpustakaan Kota Tegal, kembali menggelar lomba mengarang cerita pendek (cerpen). Pada 2019 ini, lomba mengarang cerpen…

Disdikbud Gelar Lomba Mewanai Logo Hari Jadi
Berita 22 Apr, 2017

Disdikbud Gelar Lomba Mewanai Logo Hari Jadi

TEGAL-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)kembali menggelar kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kota Tegal ke 437. Kali ini, lomba mewarnai logo…

Upaya Membangun Ekonomi Kreatif di Jawa Tengah
Berita 28 May, 2019

Upaya Membangun Ekonomi Kreatif di Jawa Tengah

Tegal - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menggelar Kegiatan Pendampingan dan Penguatan Kabupaten/Kota Kreatif di Kota Tegal,…

28 Pelajar SD IT BIAS Assalam Ikuti Program Student Exchange di Malaysia
Berita 19 Jan, 2017

28 Pelajar SD IT BIAS Assalam Ikuti Program Student Exchange di Malaysia

TEGAL- Sebanyak 28 siswa siswi SD IT BIAS Assalam Kota Tegal terpilih menjadi peserta  program Student Exchange (pertukaran pelajar) di…

Taruna TNI AL Angkatan 65 Tatap Muka dengan BPPP, SUPM dan Lanal Tegal
Berita 26 Aug, 2017

Taruna TNI AL Angkatan 65 Tatap Muka dengan BPPP, SUPM dan Lanal Tegal

TEGAL- Ratusan Taruna-taruni  Akademi TNI Angkatan Laut (AL) Angkatan 65 diberikan motivasi dalam tatap muka Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan…

Most from this category