Jumadi Berharap Muncul Dai Muda Kuasai Teknologi

Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST., MM bersama Staff Khusus Presiden RI Aminuddin Ma’ruf menjadi narasumber Seminar dan Silaturahmi Alumni Institut Agama Islam Bakti Negara  (IBN) Tegal di Aula Pertemuan IBN Slawi, Selasa (14/1/2020).

Seminar itu mengusung tema Peran Perguruan Tinggi Islam dan Pesantren dalam Kemandirian Ekonomi Menghadapi Era Disrupsi 4.0.

Jumadi menuturkan, saat ini kita tidak bisa jauh dari teknologi. MJ, sapaan akrab Jumadi, berharap muncul Dai yang menguasai teknologi. Para mahasiswa, diharapkan bisa menjadi Dai yang memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan pesan. “Bisa ceramah satu menit (misalnya) kemudian disebarluaskan agar bisa bermanfaat masyarakat luas,” kata Jumadi.

Jumadi menceritakan bagaimana Pemkot Tegal menerapkan teknologi dalam layanan publik. Layanan publiik di Kota Tegal terkoneksi secara on line sehingga tidak perlu datang ke kecamatan, tidak perlu ke kantor.

Jumadi menuturkan, untuk mencapai kemajuan perlu bersinergi dan kolaborasi, SDM nya harus kompetitif, skill, dan bisa mengikuti industri 4.0 serta fokus pada riset.

Staff Khusus Presiden RI Aminuddin Ma’ruf mengatakan Indonesia mengalami bonus demografi dimana usia produktif masyarakat lebih banyak dibanding usia non produktif.

Aminuddin menyampaikan 5 program prioritas pemerintah Jokowi yakni pembanguan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan segala bentuk regulasi, penyederhanaan birokrasi dan transformasi ekonomi.

Pembangunan SDM, kata Aminuddin, bagaimana santri dapat berdaya saing. Pesantren tidak hanya menjadi pusat kegiatan sosial keagamaan tetapi juga pusat ekonomi masyarakat.  lembaga keagamaan mencetak SDM unggul dalam agama juga dapat menguasai IT.

“Pemerintah akan membangun 2000 BLK khusus untuk pesantren. Jadi santri selesai ngaji akan dilatih untuk siap menghadapi pasar tenaga kerja. Santri harus punya skill yang sesuai kebutuhan industry,” pungkas Aminuddin.

 

Berita Lainnya

Danlanal Beri Arahan Jalasenastri Cabang 7 Tegal
Berita 22 Aug, 2017

Danlanal Beri Arahan Jalasenastri Cabang 7 Tegal

TEGAL-Komandan Lanal Tegal Letkol SB Manurung didampingi Ketua Cabang 7 Jalasenastri Tegal Ny. Arisay Manurung memberikan pengarahan dalam Tatap Muka…

Lolos Hibah Kemahasiswaan PHB Gelar Mesin Bersinergi 3
Berita 03 Aug, 2019

Lolos Hibah Kemahasiswaan PHB Gelar Mesin Bersinergi 3

Pada era globalisasi ini teknologi berkembang begitu pesat, tak terkecuali dalam dunia otomotif yang semakin kreatif dan inovatif. Pada tanggal…

Akseptor KB Terus Ditingkatkan
Berita 31 Mar, 2017

Akseptor KB Terus Ditingkatkan

TEGAL-Pagi ini, Kamis (30/3) puluhan ibu berbondong-bondong datang ke gedung IBI Kota Tegal. Tak jarang terlihat mereka datang bersama suami…

Dongeng Pangeran Gaza di Kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)
Berita 12 Oct, 2017

Dongeng Pangeran Gaza di Kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

TEGAL - Kak Tedi dari Kampung Dongeng Tegal digandeng Dinas Kesehatan Kota Tegal dalam acara Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat…

SMA Ihsaniyah Adakan Sosialisasi Bahaya Narkoba
Berita 15 Feb, 2017

SMA Ihsaniyah Adakan Sosialisasi Bahaya Narkoba

TEGAL- Dengan bertemakan “Masa Depan Cerah Tanpa Narkoba”, SMA Ihsaniyah Tegal yang beralamat di Jalan Jalak, Sabtu (11/2) menggandeng BNN…

Lima Pasangan Calon Pawai Keliling Kota Tegal
Berita 18 Feb, 2018

Lima Pasangan Calon Pawai Keliling Kota Tegal

TEGAL-Usai deklarasi kampanye damai, seluruh Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal pawai keliling Kota Tegal. Mereka…

Most from this category