Dikeluhkan Nelayan, “Kali Bacin” Akan Dinormalisasi

Persoalan pendangkalan Kali Bacin di Kelurahan Tegal Sari, Kecamatan Tegal Barat, mendapatkan titik terang, pendangkalan Kali bacin akan ditangani Pemerintah Kota Tegal, dibantu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat, hal tersebut tercapai saat tinjauan langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kelokasi beserta Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono didampingi Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, Selasa (7/1).
Gubernur menyampaikan bahwa solusi normalisasi sungai tersebut dengan bergotong royong antara Pemerintah Kota Tegal, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat.
“Solusinya, Pemkot diminta untuk membantu membuatkan design-nya, syukur-syukur sampai DED, tapi, kalau bisa ya sekaligus pengerukan sampai kemudian GT ditata”ujar Ganjar
Ganjar menuturkan, dengan diketahui kebutuhan anggarannya, nanti bisa diselesaikan dengan cara bergotong-royong, berapa anggaran yang di tanggung oleh Pemerintah Kota Tegal dan berapa yang ditanggung oleh Pemerintah Provinsi. Tak hanya itu Ganjar juga berjanji akan membicarakan hal tersebut dengan Pemerintah Pusat, agar mendapatkan bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat.
Dalam kesempatan itu, Gubernur Ganjar Pranowo juga menyarankan, jika nanti normalisasi sungai sudah dilaksanakan, akan lebih elok jika nama sungai diganti, jangan lagi menggunakan “Kali Bacin”, dan Ia juga berpesan agar masyarakat sekitar turut menjaga kebersihan sungai dan bantarannya.
Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) kota Tegal Riswanto yang turut hadir dalam peninjauan tersebut menyampaikan bahwa yang dikeluhkan oleh nelayan adalah pendangkalan Kali Bacin, dimana saat ini sungai tersebut tidak bisa digunakan untuk jalur keluar masuk kapal untuk melaut.
Padahal menurutnya, yang menggunakan jalur tersebut adalah kapal-kapal dengan berat dibawah 5 GT, yang melaut dalam satu hari.
Pihaknya mengusulkan agar sungai tersebut di normalisasi untuk aktivitas kapal nelayan tradisional kecil bisa berjalan kembali untuk melaut.
Riswanto bersyukur, karena sudah ada titik terang terkait normalisasi Kali Bacin, yang akan dikerjakan dengan anggaran Pemerintah Kota Tegal dibantu Pemerintah provinsi dan Pemerintah Pusat.
Riswanto menjelaskan jalur Kali Bacin ini dilalui oleh sekitar 40an kapal nelayan, jika jalur tersebut sudah di normalisasi dan bisa digunakan lagi, Ia berharap bisa membantu memudahkan nelayan tradisonal kota Tegal untuk melaut.

Berita Lainnya

Jelang Lebaran Produksi Olahan Ikan Meningkat
Berita 16 Jun, 2017

Jelang Lebaran Produksi Olahan Ikan Meningkat

TEGAL – Permintaan jenis olahan ikan menjelang hari lebaran makin ada peningkatan. Beberapa olahan ikan terus diminati oleh konsumen. Seperti…

Rencana Revitaslisasi Pemukiman Tepi Kali Siwatu Tegalsari Disosialisasikan
Berita 22 May, 2019

Rencana Revitaslisasi Pemukiman Tepi Kali Siwatu Tegalsari Disosialisasikan

Tegal – Sosialisasi rencana revitalisasi pemukiman tepi Kali Siwatu di Kelurahan Tegalsari berlangsung di aula PDAM Kota Tegal, Rabu (22/5).…

Pokdarwis Muara Indah Kota Tegal Raih Juara Favorit
Berita 23 Aug, 2017

Pokdarwis Muara Indah Kota Tegal Raih Juara Favorit

BATANG– Pelaksanaan Lomba Apresiasi Kelompok Sadar Wisata Tingkat Jawa Tengah pada tanggal 20 – 22 Agustus 2017 di Obyek Wisata…

Hasil Pemenang Lomba Krenova Tingkat Kota Tegal 2017
Berita 28 Mar, 2017

Hasil Pemenang Lomba Krenova Tingkat Kota Tegal 2017

TEGAL – Penyelenggaraan lomba Krenova tingat Kota Tegal tahun 2017 sudah berlangsung dan menempatkan para pemenang lomba dari tingat sekolah…

100% Selesai Pekerjaan Jaringan PLN di Fly Over dan Tol
Berita 12 Jun, 2017

100% Selesai Pekerjaan Jaringan PLN di Fly Over dan Tol

TEGAL – Sebelum hari Raya Idul Fitri tahun 2017 atau H – 15 PT. PLN (Persero) Area Tegal sudah berhasil…

Walikota Tegal Launching Penyerahan KIA dan Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan
Berita 13 Mar, 2017

Walikota Tegal Launching Penyerahan KIA dan Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan

Tegal – Kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) ini merupakan salah satu bentuk pe-menuhan hak konstitusional anak yang penting, karena ia…

Most from this category