Hujan Deras, Maulid Akbar Dipindah ke Masjid Agung

TEGAL – Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad SAW yang sedianya dilaksanakan di Lapangan Alun-Alun Kota Tegal, mendadak dipindahkan ke Masjid Agung Kota Tegal, Selasa malam (31/12/2019). Menyusul hujan deras yang turun sejak Selasa (31/12/2019) mengguyur Kota Tegal. Meski dipindah ke Masjid Agung, Maulid Akbar yang diselenggarakan oleh Jam’iyyah Rotib “Rotibayn” dan Pondok Pesantren Daarul HIjrah Kota Tegal, tak mengurangi minat ratusan jamaah Rotib mengikuti Maulid Nabi yang berlangsung khidmat.

Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi, S.T., M.M., hadir secara langsung di Masjid Agung pada malam pergantian tahun dari 2019 ke tahun 2020. Wakil Walikota mengatakan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu bukti cinta kepada Rasulallah. Kecintaan terhadap Rasulallah bisa pudar dimakan waktu. Demikian juga iman bisa bertambah juga bisa berkurang. Oleh sebab itu, Walikota mengajak seluruh jamaah untuk selalu menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah.

Terkait dengan malam pergantian tahun, Wakil Walikota mengatakan bahwa pada malam pergantian tahun ini diisi dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, bersama para habaib, kyai, ulama, Forkopimda dan masyarakat Kota Tegal sekaligus berdo’a untuk tahun 2020. “Harapannya agar Kota Tegal menjadi lebih baik,” kata Jumadi berharap.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pengasuh Pondok Pondok Pesantren Daarul HIjrah Kota Tegal yang juga pengasuh Jam’iyyah Rotib “Rotibayn” Habib Thohir bin Abdullah Al Kaff, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin Al Atos, Pimpinan Pondok Pesantren Attuhidiyyah Giren Talang KH. Ahmad bin KH. Sa’id, Perwakilan Anggota Forkopimda Kota Tegal, Rais Syuriah PC NU Kota Tegal KH. Misbakh Mustofa, Ketua PD Muhammadiyah Kota Tegal Nadhirin Maskha, para habaib, jamaah Majlis Maulidul Rasul, dan para santri serta jamaah Maulid Akbar.

Maulid dibuka dengan bacaan istighotsah oleh KH. Moh. Atob dan pembacaan maulid ad diba’i oleh Habib Sulthon Badar Al Habsyi.

Habib Thohir mengatakan kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di dalam Masjid Agung karena disebabkan hujan, merupakan suatu keridhoan Allah SWT. “Bahwa Allah ridho. Di saat-saat terakhir dari perjalanan hidup kita dari kalender masehi banyak gangguan pada saat itu, banyak anak-anak muda yang tergoda dan berlumuran dosa dan maksiat pada malam ini,” ungkap Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Hijrah tersebut.

Dengan mengadakan Maulid Nabi Muhammad SAW, Habib Thohir menyatakan hanya ingin menyenangkan hati Rosulallah. “Agar umat selamat di malam itu, maka dilaksanakan amalan sehingga malam itu menjadi malam rahmat. Ayo shlawatan, ayo dzikir, ayo doa, ayo dengarkan mauidoh khasanah dari kyai. Bahkan malam ini Allah menunjukkan kuasanya kepada kita, hujan dan banjir,” ajak Habib Thohir.

Diharapkan Habib Thohir, dengan duduk di Masjid Agung, dengan niatan iktikaf, maka diharapkan banyak pahala yang didapat.

Tepat pukul 00.00 WIB, seluruh jamaah berdiri untuk bersholawat bersama dan berdoa yang dipimpin oleh Habib Thohir. Bersamaan dengan itu, kembang api di luar Masjid Agung bersahut-sahutan berbunyi dan meledak sebagai tanda pergantian tahun baru 2020. (*)

Berita Lainnya

Memperkenalkan Cagar Budaya Tegal Melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah
Berita 25 Mar, 2019

Memperkenalkan Cagar Budaya Tegal Melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah

Tegal – Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar lomba penulisan sejarah karya tulis ilmiah cagar…

Edukasi Masyarakat, Pemkot Tegal Gandeng Paramotor Indonesia
Berita 04 Apr, 2020

Edukasi Masyarakat, Pemkot Tegal Gandeng Paramotor Indonesia

Tegal - Sosialisasi penanggulangan Covid 19 lewat udara menggunakan 2 Paramotor Atau paralayang bermotor yang mempunyai kemampuan terbang sampai 3…

Pedagang Pasar Kejambon Siap Pindah Sementara
Berita 28 Feb, 2017

Pedagang Pasar Kejambon Siap Pindah Sementara

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal bakal renovasi pasar Kejambon tahun 2017. Rencana itu ditanggapi positif oleh pedagang pasar Kejambon yang menyatakan siap…

Pemkot Targetkan Rehab 622 Unit RTLH tahun 2018
Berita 17 Nov, 2017

Pemkot Targetkan Rehab 622 Unit RTLH tahun 2018

Pemerintah Kota Tegal menargetkan rehab 622 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di tahun 2018, hal ini disampikan oleh Plt.…

Empat Bayi Beruntung, Dapatkan Kado Istimewa dari Walikota
Berita 13 Apr, 2017

Empat Bayi Beruntung, Dapatkan Kado Istimewa dari Walikota

TEGAL- Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno memberikan penghargaan istimewa bagi empat bayi yang lahir di RSUD Kardinah bertepatan…

Pengenalan Lebih Dini Kanker Serviks
Berita 23 Nov, 2017

Pengenalan Lebih Dini Kanker Serviks

TEGAL - Pada tahun 2014, WHO menyatakan terdapat lebih dari 92 ribu kasus kematian pada penduduk wanita akibat penyakit kanker.…

Most from this category