GP Ansor Kota Tegal Gelar Khaul Gus Dur ke 10

Tegal – Khaul Gus Dur ke 10, sekaligus do’a bersama dan refleksi akhir tahun digelar oleh GP Ansor Kota Tegal di Taman Budaya Kota Tegal. Sabtu (28/12) malam.

Hadir dalam khaul tersebut Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi serta tokoh-tokoh lintas agama seperti Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, Konghuchu dan Tao.

Ketua PC GP Ansor Kota Tegal Sarwo Edi menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk refleksi dan mencatat ulang sekaligus meneruskan gagasan dari guru bangsa KH. Abdul Rahman Wahid atau Gus Dur.

“Pemuda ansor akan meneruskan perjuangan beliau. Kami tak akan pernah goyah. Harapannya perjuangan beliau menjadi teladan, ” ujar Sarwo.

Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi menyampaikan bahwa bahwa memperingati khaul ulama merupakan bentuk mengenang apa yg telah dilakukan kyai atau ulama kita.

“Gus Dur adalah sumber inspirasi kita semua, terutama dalam berdakwah. Dakwah beliau kita perlu teladani, dengan tindakan dan perbuatan serta baiknya kepribadian beliau,” ujar Jumadi.

Sedangkan Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari momentum untuk menghormati, mengenang dan berusaha mencontoh keteladanan Gus Dur sebagai seorang tokoh agama dan bapak bangsa.

“Secara umum di Kota Tegal kehidupan keberagaman berjalan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa ada toleransi yang kuat antar pemeluk agama di Kota Tegal,” ungkap H. Dedy Yon.

Walikota Tegal juga menambahkan bahwa kesadaran beragama di masyarakat sudah sangat luar biasa yakni kesadaran menghargai perbedaan agama antara yang satu dengan yang lain.

“Bagi saya, semangat ini yang harus dijaga, dikuatkan dan dikokohkan sehingga perbedaan agama di negara kita bisa menjadi kekuatan dahsyat untuk mendukung kemajuan pembangunan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan doa bersama pemuka agama dan tanda tangan Ikrar Deklarasi Damai Lintas Agama Kota Tegal.

Orasi kebangsaan juga dihadirkan oleh dua tokoh yakni oleh Gus Mujiburrahman Pengurus PP GP Ansor dan Gus Famhi Pengasuh Ponpes Tebu Ireng Jombang Jawa Timur serta pembacaan puisi oleh Gus Firman Hadi .

Berita Lainnya

Jumadi Ajak Masyarakat Menabung
Berita 22 Sep, 2019

Jumadi Ajak Masyarakat Menabung

Saat memberikan sambutan pada acara, Tasyakuran Islam Bank (IB) Jateng (bank Jateng Syariah) Bima Periode I di Alun alun Kota…

Wali Kota Minta Kang Nur Jadi Penasehat
Berita 25 Mar, 2019

Wali Kota Minta Kang Nur Jadi Penasehat

Dalam acara Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut Wali Kota Tegal, Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kota Tegal,…

Walikota : Karyawan Harus Loyal Terhadap Pimpinan
Lokal 20 Nov, 2019

Walikota : Karyawan Harus Loyal Terhadap Pimpinan

TEGAL – Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., meminta seluruh karyawan Perusahaan Daerah Air Minum  (PDAM) harus loyal…

Dedy Yon: Pramuka Indonesia Adalah Manusia Pancasila
Berita 14 Aug, 2019

Dedy Yon: Pramuka Indonesia Adalah Manusia Pancasila

Tegal – Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 58 tahun 2019 berlansung di Alun-alun Kota Tegal. Dengan mengusung tema "Peringatan 58…

Cahyo Dituntut 2 Tahun Penjara
Berita 10 Jan, 2018

Cahyo Dituntut 2 Tahun Penjara

SEMARANG-Jaksa menuntut Cahyo Supardi dengan pidana selama 2 tahun dikurangi masa tahanan, dan denda sebesar 50 juta rupiah, serta subsider…

Turnament Balap Sepeda Wali Kota Cup akan digelar 23 Desember Mendatang
Berita 18 Dec, 2017

Turnament Balap Sepeda Wali Kota Cup akan digelar 23 Desember Mendatang

Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Tegal akan menggelar lomba balap sepedaWali Kota Cup,  Creterium dan Individual Road Race (IRR)yang…

Most from this category