Penunggu Pasien Tidak Mampu Mendapat Bantuan Uang Tunggu

Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Dinas Sosial dan RSUD Kardinah Kota Tegal meluncurkan pelaksanaan pemberian bantuan sosial bagi penunggu pasien. Program tersebut resmi dimulai oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono di halaman RSUD Kardinah, Kamis (7/11).
Dalam sambutannya Wali Kota berharap ini merupakan salah satu program prioritas dibidang kesehatan, oleh karena itu Ia berharap program tersebut dapat berkelanjutan dan bukan hanya saat di luncurkan saja.
Dedy Yon juga menyampaikan bahwa proses pengurusan sampai pencairan bantuan dilaksanakan dengan mudah dan tidak berbelit-belit, baik dari awal pasien masuk dikelas 3, sesegera mungkin diproses.
Bantuan ini menurut Dedy Yon untuk meringankan keluarga pasien, dimana pada saat menunggu pasien keluarga tidak bisa beraktifitas mencari nafkah.
Pemberian bantuan bagi penunggu pasien yang menjalani rawat inap kelas III di rumah sakit ini bisa menjadi salah satu sistem proteksi yang diberikan kepada masyarakat untuk mencegah hal-hal yang tidak dapat diprediksikan karena adanya resiko-resiko sosial ekonomi yang dapat menimbulkan hilangnya pekerjaan maupun mengancam keberlangsungan hidup.
Plt. Direktur RSUD Kardinah dr. Hery Susanto menyampaikan bantuan untuk penunggu pasien ini akan sangat membantu kebutuhan keluarga pasien saat menunggu pasien, baik untuk makan minun dan transport. Program ini merupakan program prioritas Wali Kota, sehingga menurutnya jajaran pemerintah harus mendukungnya agar dapat dilaksanakan dengan baik.
Sementara itu kepala Dinas Sosial Kota Tegal, Dyah Kemala Sintha menyampaikan program ini bertujuan untuk melindungi warga Kota Tegal dari kemungkinan resiko sosial yang tidak dapat diperkirakan khususnya bagi warga tidak mmpu agar kebutuhan dasarnya bisa terpenuhi
Sasaran bantuan bagi seluruh pasien Penerima Bantuan Biaya Iuran yang dirawat inap kelas III di RSUD Kardinah, dan merupakan warga Kota Tegal yang dibuktikan dengan memiliki KTP Elektronik dan merupakan anggota keluarga dari pasien yang dibuktikan dengan masuk di Kartu Keluarga pasien yang bersangkutan.
Dan apabila penunggu bukan keluarga pasien maka harus ada surat kuasa dari pasien yang bersangkutan
Bantuan yang diberikan sebesar, Rp. 50.000,- per hari, diberikan maksimal 4 hari untuk satu pasien dan dalam satu tahun maksimal bisa mendapatkan 2 kali dalam satu tahun.
Mekanisme, penunggu pasien penerima biaya iuran di RSUD Kardinah kelas III, mengisi formulir yang telah disediakan, untuk diajukan kepada petugas yang sudah ditentukan dan berjaga di ruang pendaftaran rawat inap.
Kemudian keluarga pasien bisa langsung mengisi formulir pengajuan dengan syarat fotocopy Kartu Keluarga dan KTP warga Kota Tegal. Dan yang perlu di catat adalah pasien tercatat sebagai pasien Jaminan kesehatan Nasional Penerima Bantuan Iuran Kelas III.
Setelah diajukan, permohonan tersebut langsung diverifikasi oleh Petugas Dinsos, kemudian jika dinyatakan layak ke esokan harinya bantuan uang tunggu pasien tersebut bisa langsung cair.
Nominal sesuai dengan pengajuan, dan yang berhak mengambil bantuan adalah penunggu pasien yang berstatus keluarga pasien atau kerabat yang dibuktikkan dengan surat kuasa yang formulirnya sudah di siapkan.

Berita Lainnya

Kota Tegal Tampil di Sapta Mitra Pantura
Berita 28 Aug, 2017

Kota Tegal Tampil di Sapta Mitra Pantura

TEGAL – Penyelenggaraan Sampan (Sapta Mitra Pantura) yang diselenggarakan di Kabupaten Pemalang pada hari Sabtu (26/7) di Alun-alun Kabupaten Pemalang…

Pelaksanaan UNBK SMA Hari Kedua Lancar
Berita 10 Apr, 2018

Pelaksanaan UNBK SMA Hari Kedua Lancar

TEGAL-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 hari kedua, Selasa (10/4) di SMA Ihsaniyah Tegal berjalan lancar dan tidak ada…

FGD Resmi Dibuka Wali Kota Tegal
Berita 06 Dec, 2018

FGD Resmi Dibuka Wali Kota Tegal

TEGAL - Pembukaan Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Rencana Tenaga Kerja Kota Tegal tahun 2018-2023 berlangsung di Horel Karlita…

Koramil 03/Sumurpanggang Latih PBB Siswa
Berita 04 Apr, 2018

Koramil 03/Sumurpanggang Latih PBB Siswa

TEGAL - Dalam rangka persiapan menghadapi seleksi Paskibra HUT RI tahun 2018 Kota Tegal. Koramil 03/Sumurpanggang melatih sejumlah siswa yang…

Kini Lapor Lampu PJU Mati Cukup Via Smartphone
Berita 12 Jun, 2019

Kini Lapor Lampu PJU Mati Cukup Via Smartphone

TEGAL-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal resmi meluncurkan Portal Web Pesata dan Sipenjalu, Rabu (12/6). Melalui portal…

Training Motivasi Karang Taruna Tingkat Kecamatan Tegal Barat
Berita 22 Mar, 2018

Training Motivasi Karang Taruna Tingkat Kecamatan Tegal Barat

TEGAL - Dinas Sosial Kota Tegal mengadakan Training Motivasi Karang Taruna Tingkat Kecamatan Tegal Barat di Ruang Rapat Kecamatan Tegal…

Most from this category