Bekraf Sosialisasikan UU Ekonomi Kreatif

Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sosialisasikan Undang-Undang Ekonomi Kreatif, kepada para pelaku ekonomi kreatif wilayah Kabupaten dan Kota Tegal, di Sebayu Ballroom, Hotel Bahari Inn, Kota Tegal, Jum’at (1/11).
Hadir dalam.kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi dan Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ari Juliano Gema, dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal.
Ari Julianto Gema menyampaikan bahwa Ekonomi Kreatif merupakan perwujudan nilai tambah kekayaan intelektual yang bersumber dari kreatifitas manusia. berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan atau atau teknologi, dan hal tersebut perlu di lindungi oleh negara.
Menurutnya selama ini para pelaku ekonomi kreatif kurang melindungi produk-produknya, dan UU ini bukan untuk membatasi kreatifitas namun melindungi produk kreatifitas pelaku-pelaku ekonomi.
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri, juga menyampaikan hal yang sama, bahwa UU ini sebetulnya menyatukan peraturan perundangan yang masih berserakan baik berupa Perpres atau UU dibidang perdagangan, perindustrian dan pariwisata yang berkaitan dengan Ekonomi Kreatif.
Ini merupakan UU induk dari 16 sub sektor Ekonomi kreatif, yang terdiri dari 34 pasal, dan langkah selanjutnya adalah mensinergikan UU induk ini dengan peraturan yang sudah ada terkait Ekonomu Kreatif.
Menurut Abdul Fikri, UU ini memunculkan kesadaran bahwa Ekonomi kreatif menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi yang menjadi pembicara dalam acara tersebut, berharap Badan Ekonomi Kreatif agar tetap ada, agar apa yang Pemkot sudah jalankan dan sinergikan terkait Ekonomi Kreatif dengan Pemerintah Pusat, bisa beejalan dengan baik.
Ia berharap kepada Pemerintah Pusat, Badan ekonomi Kreatif apapun bentuknya nantinya bisa menjadi rujukan Pemerintah Daerah untuk menjalankan amanat UU yang sekarang di sah kan.
M Jumadi menyampaikan Pemkot siap, untuk bersinergi dengan Pemerintah Pusat , sesuai dengan arahan Presiden yang berfokus pada industri kreatif, ekonomi kreatif dan inovasi.

Berita Lainnya

Warga Ngabuburit Di Folder Bayeman
Berita 27 May, 2018

Warga Ngabuburit Di Folder Bayeman

TEGAL - Ketika ramadhan tiba, identik dengan yang namanya ngabuburit atau menunggu waktu berbuka. Biasanya masyarakat ngabuburit bersama kawan, saudara…

Orang Tua Diajak Giatkan Budaya Edukasi
Berita 26 Oct, 2017

Orang Tua Diajak Giatkan Budaya Edukasi

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengajak orang tua memberikan waktu untuk bersama anaknya dari pukul…

Slamet Ambari Kembali Masuk Nominasi
Berita 31 May, 2018

Slamet Ambari Kembali Masuk Nominasi

TEGAL - Pemeran tokoh Jadag dalam film Turah, Slamet Ambari menenggerkan namanya dalam deretan nama-nama aktor dalam moninasi Pendatang Baru…

Kang Nur Monitoring Pembangunan di Kelurahan Tunon
Berita 12 Oct, 2018

Kang Nur Monitoring Pembangunan di Kelurahan Tunon

Tegal – Monitoring Wajah Kota dengan bersepeda kembali dilakukan oleh Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd bersama jajaran Forkopimda,…

200 SPPT PBB Kalinyamat Kulon Tanpa Pemilik
Berita 11 Feb, 2018

200 SPPT PBB Kalinyamat Kulon Tanpa Pemilik

TEGAL-Sebanyak 200 SPPT PBB yang ada di Kelurahan Kalinyamat Kulon, Kecamatan Margadana, tanpa pemilik. Hal itu karena pada waktu pendistribusian…

Politeknik Harapan Bersama Terus Tingkatkan Kualitas Tata Kelola dan Kepemimpinan
Berita 06 Sep, 2018

Politeknik Harapan Bersama Terus Tingkatkan Kualitas Tata Kelola dan Kepemimpinan

TEGAL – Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal kembali mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepemimpinan Pejabat Struktural Periode 2018-2022. Bimtek kali ini…

Most from this category