Bekraf Sosialisasikan UU Ekonomi Kreatif

Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sosialisasikan Undang-Undang Ekonomi Kreatif, kepada para pelaku ekonomi kreatif wilayah Kabupaten dan Kota Tegal, di Sebayu Ballroom, Hotel Bahari Inn, Kota Tegal, Jum’at (1/11).
Hadir dalam.kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi dan Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ari Juliano Gema, dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal.
Ari Julianto Gema menyampaikan bahwa Ekonomi Kreatif merupakan perwujudan nilai tambah kekayaan intelektual yang bersumber dari kreatifitas manusia. berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan atau atau teknologi, dan hal tersebut perlu di lindungi oleh negara.
Menurutnya selama ini para pelaku ekonomi kreatif kurang melindungi produk-produknya, dan UU ini bukan untuk membatasi kreatifitas namun melindungi produk kreatifitas pelaku-pelaku ekonomi.
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri, juga menyampaikan hal yang sama, bahwa UU ini sebetulnya menyatukan peraturan perundangan yang masih berserakan baik berupa Perpres atau UU dibidang perdagangan, perindustrian dan pariwisata yang berkaitan dengan Ekonomi Kreatif.
Ini merupakan UU induk dari 16 sub sektor Ekonomi kreatif, yang terdiri dari 34 pasal, dan langkah selanjutnya adalah mensinergikan UU induk ini dengan peraturan yang sudah ada terkait Ekonomu Kreatif.
Menurut Abdul Fikri, UU ini memunculkan kesadaran bahwa Ekonomi kreatif menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi yang menjadi pembicara dalam acara tersebut, berharap Badan Ekonomi Kreatif agar tetap ada, agar apa yang Pemkot sudah jalankan dan sinergikan terkait Ekonomi Kreatif dengan Pemerintah Pusat, bisa beejalan dengan baik.
Ia berharap kepada Pemerintah Pusat, Badan ekonomi Kreatif apapun bentuknya nantinya bisa menjadi rujukan Pemerintah Daerah untuk menjalankan amanat UU yang sekarang di sah kan.
M Jumadi menyampaikan Pemkot siap, untuk bersinergi dengan Pemerintah Pusat , sesuai dengan arahan Presiden yang berfokus pada industri kreatif, ekonomi kreatif dan inovasi.

Berita Lainnya

POPDA Cabang Sepak Bola Sudah Berjalan
Berita 09 Feb, 2017

POPDA Cabang Sepak Bola Sudah Berjalan

TEGAL – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) cabang olahraga Sepakbola tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK sudah digelar dari mulai tanggl 6…

Warga Panggung, Ciptakan Alat Pengolah Sampah Menjadi BBM
Berita 20 Jun, 2019

Warga Panggung, Ciptakan Alat Pengolah Sampah Menjadi BBM

Tegal – Salah seorang warga asal Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Utomo Widyo yang berporfesi sebagai sopir ambulans di BTM…

Wali Kota Minta Kang Nur Jadi Penasehat
Berita 25 Mar, 2019

Wali Kota Minta Kang Nur Jadi Penasehat

Dalam acara Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut Wali Kota Tegal, Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kota Tegal,…

Ulama Umaro Serukan Kesejukan Ditengah Panasnya Suhu Politik
Berita 27 Nov, 2018

Ulama Umaro Serukan Kesejukan Ditengah Panasnya Suhu Politik

Ditengah memanasnya suhu politik menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, ulama dan umaro diharapkan bisa memberi kesejukan…

Perda Perubahan tahun Anggaran 2018, Disahkan
Berita 01 Oct, 2018

Perda Perubahan tahun Anggaran 2018, Disahkan

Peraturan Daerah (Perda) Kota Tegal tentang Perubahan APBD kota Tegal, tahun Anggaran 2018 disahkan setelah mendapat persetujuan dari anggota DPRD…

Indonesia Raih “Best Director” dalam Ajang ASEAN Film Awards 2017
Berita 29 Nov, 2017

Indonesia Raih “Best Director” dalam Ajang ASEAN Film Awards 2017

Hanoi - Wicaksono Wisnu Legowo, Sutradara Film "Turah" terpilih sebagai sutradara terbaik (Best Director) dalam ajang ASEAN Film Awards yang…

Most from this category