Sarasehan Kebangsaan, Walikota Ajak Merawat Kerukunan Antar Umat Beragama

Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kota Tegal menggelar Sarasehan Kebangsaan di Pendopo Ki Gede Sebayu, Sabtu (26/10).  Sejumlah tokoh hadir pada acara yang mengusung tema “Santri, Kearifan Lokal dan Kebangsaan” itu.

Hadir antara lain Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, SE., MM., Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah, para tokoh lintas agama, budayawan, pengurus PCNU dan hadirin lainnya.

Ketua PC NU Kota Tegal, Abdal Hakim Tohari mengatakan Sarasehan Kebangsaan rangkaian kegiatan Hari Santri di Kota Tegal. Abdal Hakim menuturkan kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari perjuangan seluruh komponen bangsa. Perjuangan bangsa indonsia salah satunya diawali dari resolusi jihad, hal ini yang mungkin kurang diketahui oleh masyarakat luas.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, SE.,MM  mengapresiasi kegiatan sarasehan kebangsaan sebab dapat memupuk keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama.   Walikota berharap narasumber akan menyampaikan sejarah bangsa Indonesia, bagaimana bela bangsa dan Negara serta menyampaikan empat  pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila sebagai ideologi bangsa, UUD 1945 sebagai aturan dan pedoman bangsa, pilar ketiga NKRI sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sudah tidak bisa ditawar lagi bahwa NKRI harga mati. Pilar keempat Bhineka Tunggal Ika,” kata Dedy Yon.

Dedy Yon mengajak dimanapun tempatnya, setiap mayoritas harus bisa merangkul minoritas. Kalau mayoritas dapat merangkul minoritas maka akan aman.

Dedy Yon mengungkapkan, tingkat toleransi antara umat beragama di Kota Tegal menempati urutan ke 14 secara nasional dan menempati urutan ke 2 di Jawa Tengah. Sedangkan untuk kota berdasarkan mayoritas muslim, tingkat toleransi di Kota Tegal menempati peringkat lima secara nasional.

“Indonesia harus menjadi negeri yang damai, pemerintah harus tegas, mana kegiatan-kegiatan agama dan mana kegiatan yang bersifat merusak persatuan.  NKRI harus kita hormati dan dijaga, dengan tetap merawat kerukunan antar umat beragama. NU sebagai ormas terbesar diharapkan menjadi garda terdepan menjaga kerukunan antar umat beragama,” pungkas Dedy Yon.

Sementara itu, sebagai narasumber acara Sarasehan Kebangsaan yakni Sekretaris Jenderal Lesbumi NU, KH. Abdullah Wong dan Dr. H. Fahruddin Faiz, S.Ag. M.Ag dari Yogjakarta.

 

Berita Lainnya

PGOT di Kota Tegal Tak Kapok Sering Dirazia Petugas
Berita 20 Mar, 2018

PGOT di Kota Tegal Tak Kapok Sering Dirazia Petugas

TEGAL-Tim gabungan Dinas Sosial Kota Tegal, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Polres Tegal Kota, kembali menggelar razia Pengamen Gelandangan dan…

Kemenperin RI Gelar Bimbingan Teknis Wirausaha Baru IKM di Kota Tegal
Berita 22 Jan, 2019

Kemenperin RI Gelar Bimbingan Teknis Wirausaha Baru IKM di Kota Tegal

TEGAL-Kementerian Perindustrian menggelar bimbingan teknis bagi Wira Usaha Baru (WUB) Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Tegal. Bintek tersebut dimulai…

Lima Kali Dapat Penghargaan WTN, Kota Tegal Siap Raih WTN Kencana.
Berita 01 Feb, 2017

Lima Kali Dapat Penghargaan WTN, Kota Tegal Siap Raih WTN Kencana.

Jakarta – Prestasi demi prestasi diraih Pemerintah Kota Tegal di Era Kepemimpinan sekarang, diawal tahun 2017 sudah bertambah satu lagi,…

Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Bagi Catin
Berita 06 Sep, 2017

Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Bagi Catin

TEGAL- Untuk mengetahui kondisi kesehatan fisik dan psikis bagi calon pengantin (catin) maka harus dilakukan langkah awal yaitu pemeriksaan kesehatan…

Wali Kota: Dua Hal Perlu Diperhatikan dalam RAT
Berita 25 Feb, 2021

Wali Kota: Dua Hal Perlu Diperhatikan dalam RAT

TEGAL - Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi. Sehingga RAT bisa berjalan dinamis, banyak…

Sukses Kelola Tenaga Kerja dan Perindustrian, Pemkot Tegal Sabet Penghargaan
Berita 27 Jul, 2018

Sukses Kelola Tenaga Kerja dan Perindustrian, Pemkot Tegal Sabet Penghargaan

Yogyakarta - Atas keberhasilan nya mengelola bidang Tenaga Kerja dan Perindustrian Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian…

Most from this category