Market Day, Siswa Dilatih Menjadi Pengusaha

Sejumlah siswa dan guru kelas SDIT Usamah sibuk menyulap halaman sekolah menjadi sebuah pasar kecil. Rabu, (16/10) mereka belajar menjadi pengusaha dalam sebuah variasi pembelajaran bernama Market Day.

Penanggung Jawab Market Day Arnida Farahtika mengatakan, Market Day merupakan salah satu cara belajar siswa setelah mereka mempelajari konsep kebutuhan manusia, jual beli dan alat tukar. Kemudian mereka belajar menjadi pedagang yang menyiapkan, menjual dan menghitung pendapatan dari hasil dagangan mereka.

Arnida menuturkan ada berbagai macam jenis barang dagangan yang dijual seperti aneka minuman, makanan, jajanan ringan, kue, roti sampai aksesoris yang unik. Pembelinya adalah siswa dari kelas lainnya, guru dan jajaran staff SDIT Usamah.

“Antusias acara Market Day ini juga tidak hanya hadir dari para siswa dan guru saja. Orangtua murid pun sangat antusias dan mendukung acara ini. Pembelajaran ini tidak  hanya menambah pengetahuan tentang konsep jual beli dan uang tapi membuat anak merasa bahagia mengikuti proses belajar yang menyenangkan,” kata Arnida.

Konsep Market Day ini memang sengaja dirancang sebagai bentuk variasi pembelajaran yang fun learning. Anak diajak memahami konsep materi dengan pembelajaran praktek secara langsung.

“Siswa diajak ikut serta aktif dalam terlaksananya Market Day. Mereka belajar bukan hanya sekedar teori jual beli dan alat tukar, tetapi mereka lansung belajar menjadi penjual dan bertemu langsung dengan pembeli serta mempraktekan penggunaan alat tukar sebagai mana mestinya untuk memenuhi kebutuhan.” Ujar Arnida.

Arnida  berharap kegiatan seperti ini dapat meningkatkan antusias belajar anak. Karena dengan pembelajaran yang menyenangkan, siswa akan lebih antusias belajar memahami setiap ilmu yang akan mereka dapat tidak sekedar teori tetapi juga praktek.

Sinergitas antara sekolah dan orangtua pun diharapkan agar terjalin sebuah pola pembelajaran yang terbaik untuk mendukung setiap potensi anak yang mampu berkembang baik sesuai fitrahnya.

Berita Lainnya

Telan Dana 1.4 M, Masjid Nurul Iman Muarareja Diresmikan Wali Kota.
Berita 08 Nov, 2019

Telan Dana 1.4 M, Masjid Nurul Iman Muarareja Diresmikan Wali Kota.

Tegal - Mimpi warga RT 05 Kelurahan Muarareja Kota Tegal untuk memiliki masjid di wilayah nya akhirnya terwujud. Usai satu…

DPPKBP2PA Gelar Pemilihan Duta Genre 2018
Berita 07 May, 2018

DPPKBP2PA Gelar Pemilihan Duta Genre 2018

TEGAL-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal kembali menggelar pemilihan Duta  Generasi Berencana…

DPC GMNI Tegal Periode 2018-2020 Dilantik
Berita 14 Nov, 2018

DPC GMNI Tegal Periode 2018-2020 Dilantik

TEGAL-Dewan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia ( GMNI)  Tegal periode 2018-2020 dilantik, Rabu (12/11) di gedung Adipura, Komplek Balai…

Berita 21 Oct, 2017

Kang Nur Resmi buka Perkemahan Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA)

Tegal - Plt. Walikota Tegal, Drs, H.M. Nursholeh, M.MPd secara resmi membuka Perkemahan Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) se-Kota…

“Balwas” Diserbu Pengunjung Kuliner Tegalan
Berita 28 Apr, 2018

“Balwas” Diserbu Pengunjung Kuliner Tegalan

Jalan Pemuda komplek Balai Kota Lawas (Balwas), Sabtu ( 28/4) dipenuhi kuliner Tegalan, Pemerintah Kota Tegal sengaja menyelenggarakan acara Tegal…

Most from this category