Pemkot Tegal Dorong Perluasan Peserta Jaminan Sosial Pekerja

Pemerintah Kota Tegal (Pemkot) saat ini sedang berupaya meningkatkan perluasan penerima jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya bagi Pekerja Bukan Penerima Upah, yakni pekerja yang tidak mendapatkan upah dari perusahaan atau usaha mendiri. Hal ini terungkap dalam rapat Kerjasama Operasional Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (Naker) Cabang Tegal dengan Pemkot Tegal, di Ballroom Plataran Heritage Borobudur Hotel, Kabupaten Magelang, Jum’at (18/10).
Hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Surpiyono, PJ Sekda Kota Tegal Imam Badarudin, beserta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemkot Tegal dan Kepala BPJS Naker Cabang Kota Tegal Cep Nandi Yunandar.
Wali Kota Tegal menyampaikan bahwa selama ini, kewajiban jaminan sosial untuk para pekerja sering kali diabaikan, Padahal, jaminan sosial ini menurutnya perlu untuk melindungi para pekerja apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Dedy Yon menyambut baik adanya kerjasama antara BPJS Naker dengan Pemkot Tegal, konsolidasi ini perlu untuk sinkronisasi yang nantinya akan berdampak pada semakin banyaknya tenaga kerja di wilayah kota Tegal yang terlindungi oleh jaminan sosial ketenagakerjaan.
Disisi lain Wali Kota berharap, dengan semakin banyaknya tenaga kerja yang menjadi peserta BPJS Naker, tentunya harus diimbangi dengan pelayanan dari BPJ Naker yang cepat dan cepat, termasuk menangani pelayanan klaim dari peserta.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Redemptus Heru Setyawan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pertemuan ini adalah konsolidasi antara BPJS Naker dengan Pemerintah Kota Tegal (Pemkot)
Heru menyampaikan bahwa Pemkot Tegal turut berkomitmen untuk memperluas cakupan keikutsertaan pekerja dalam mendapatkan pelindungan ketenagakerjaan, khususnya bagi para Pekerja Bukan Penerima Upah.
Menurut Heru, dorongan dari Pemkot, selain melalui regulasi juga melalui Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang terkait untuk kepesertaan BPJS (Naker).,
Ia mencontohkan beberapa OPD yang terkait dan bisa mendorong potensi-potensi kepesertaan jaminan ketenagakerjaan, seperti Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tegal turut mengupayakan agar tokoh-tokoh agama sebagai pekerja sosial juga dilindungi oleh BPJS Naker.
Heru menyampaikam bahwa, Kegiatan ini merupakan hasil study banding ke Sulawesi Utara, dimana disana terkait jaminan ketenagakerjaa relatif sudah berjalan dengan baik, dan propinsi Jawa Tengah Tengah berupaya menindak lanjuti seperti apa yang sudah dilakukan oleh Provinsi Sulawesi Utara, termasuk Pemkot Tegal juga perlu menindaklanjuti program tersebut.
Dari ke empat program BPJS Naker, diantaranya ; jaminan kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pemsiun, Jaminan Kecelakaan kerja, menurut Heru setidaknya para pekerja di lindungi oleh dua jenis program BPJS Naker, yakni Jaminan Kematian dan Jaminan kecelakaan kerja.
Upaya ini dilakukan selain konsolidasi, juga untuk tindak lanjut dari sosialisasi tentang pemberian penghargaan atau Anugerah Paritrana, dimana pemerintah dituntut untuk hadir melindungi para pekerja ,
Masih dalam kesempatan yang sama Kepala BPJS Naker Kota Tegal Cep Nandi Yunandar menyampaikan bahwa kerjasama operasional antara BPJS Naker dan Pemkot Tegal terkait optimalisasi kepesertaan program BPJS Naker di wilayah Kota Tegal.
Cep Nandi Yunandar berharap ada dukungan dari Pemkot Tegal untuk mengeluarkan regulasi, terkait kepesertaan BPJS Naker.
Cep Nandi juga berharap dengan diadakannya kerjasama antara Pemkot dan BPJS Naker, semua OPD dilingkungan Pemkot Tegal bisa turut mendorong potensi-potensi yang belum tersentuh untuk perluasan kepesertaan PBJS Naker.

Berita Lainnya

Plt. Walikota Tegal Instruksikan Kepala OPD Pantau Pelaksanaan Capaian Kinerja
Berita 20 Nov, 2017

Plt. Walikota Tegal Instruksikan Kepala OPD Pantau Pelaksanaan Capaian Kinerja

Memasuki bulan kedua di triwulan keempat atau di akhir tahun anggaran 2017 waktu pelaksanaan kegiatan di pemerintah Kota tegal, berdasarkan…

Bersama Warga, Kang Nur Angkat Ancak Sedekah Bumi Margadana
Berita 22 Oct, 2017

Bersama Warga, Kang Nur Angkat Ancak Sedekah Bumi Margadana

TEGAL- Selain menyaksikan pawai sedekah bumi, Plt. Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd juga menyempatkan diri ikut membawa langsung ancak…

M. Jumadi : “Ground Breaking” Taman Pancasila September 2020
Berita 05 Aug, 2020

M. Jumadi : “Ground Breaking” Taman Pancasila September 2020

Jakarta - Pemerintah Kota Tegal dan PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) Persero menyepakati pelaksanaan Ground Breaking (peletakan batu pertama)…

Empat Bayi di RSUD Kardinah Dikunjungi Pjs. Walikota Tegal
Berita 12 Apr, 2018

Empat Bayi di RSUD Kardinah Dikunjungi Pjs. Walikota Tegal

TEGAL – Pjs. Walikota Tegal Achmad Rofai memberikan penghargaan bagi empat bayi yang lahir di RSUD Kardianah Kota Tegal bertepatan…

Harga Daging Sapi Stabil, Ayam Ras Naik
Berita 10 May, 2019

Harga Daging Sapi Stabil, Ayam Ras Naik

TEGAL-Sepekan Ramadhan, harga daging masih cenderung stabil. Seperti terpantau di Pasar Kejambon Kota Tegal, harga daging sapi sebesar Rp 120.000…

Peringatan Hari Bakti Perbendaharan 2017
Berita 26 Jan, 2017

Peringatan Hari Bakti Perbendaharan 2017

Tegal – 14 Januari merupakan tanggal bersejarah bagi terbentuknya organisasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan. 14 Januari 2004 adalah tanggal diundangkannya UU…

Most from this category