Tim Penggerak PKK Magelang dan Surakarta Studi Tiru ke Kota Tegal

Tim Penggerak PKK Kota Magelang dan Kota Surakarta melaksanakan kunjungan Studi Tiru ke Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Selasa (24/9). Mereka belajar mengenai Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga ( UP2K) pada Tim Penggerak PKK Kota Tegal.

Rombongan Tim Penggerak PKK Kota Surakarta dipimpin Ketua PKK Kota Sukarta Endang Prasetyaningsih FX. Hadi Rudyatmo. Sedangkan Rombongan Tim Penggerak PKK Kota Magelang dipimpin Wakil Ketua I Nyonya Budi Prayitno.

Rombongan diterima langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal dr. Roro Kusnabila Erfa Yon Supriyono. Hadir pada kesempatan tersebut Camat Tegal Timur Zainal Ali Mukti, Lurah Panggung Heru Sukoco dan jajaran Pengurus TP PKK Kota Tegal.

Ketua TP PKK Kelurahan Panggung Urip Maeningsih Heru Sukoco  dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada rombongan TP PKK Kota Surakarta dan Kota Magelang. Berharap kunjungan tersebut dapat menjalin kerja sama, mempererat tali persaudaraan dan saling bertukar ilmu.

Sekretaris TP PKK Kota Surakarta  Dra. Sulianti Widdi Srihanto mengatakan, kunjungan ke TP PKK Kota Tegal untuk  meningkatkan ketrampilan para kader, khusunya terkait UP2K PKK dimana Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal menajdi terbaik di tingkat nasional.

“Kami berharap kunjungan kesini (Kelurahan Panggung) dapat mengambil ilmu khususnya UP2K PKK Anyelir. Nantinya akan kita terapkan di kota Surakarta,” ungkap Sulianti Widdi Srihanto.

Wakil Ketua TP PKK Kota Magelang Nyoya Budi Prayitno mengungkapkan hal yang sama. Kedatangannya bersama rombongan untuk belajar mengenai keberhasilan yang diraih Kota Tegal. Hal tersebut dalam rangka meningkagkan kader PKK Kota Magelang khususnya UP2K.

Kunjungan tersebut, kata Nyoya Budi, juga untuk  menjalin hubungan yang baik dan kerja sama saling untuk bertukar informasi. “Itu yang menjadikan kami antusias berkunjung ke Kota Tegal. Kami juga mengajak TP PKK Kota Tegal untuk berkunjung ke Kota magelang, Kota Sejuta Bunga yang sejuk,” pungkas Nyonya Budi.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal dr. Roro Kusnabila Erfa Yon Supriyono mengucapkan selamat datang kepada rombongan Tim Penggerak PKK  Magelang dan Surakarta.

dr Roro Kusnabila mengatakan UP2K PKK adalah segala kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga baik secara perorangan maupun kelompok untuk berproduksi, mengolah dan memasarkan hasil produksinya sehingga masyarakat semakin mampu dalam upaya menuju terwujudnya keluarga sejahtera.

“Maksud UP2K PKK untuk memperkuat kelompok-kelompok PKK dalam mengelola dan menumbuhkembangkan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” ujar dr. Roro Kusnabila Erfa.

dr Roro Kusnabila Erfa mengungkapkan Pokja II TP PKK Kota Tegal melaksanakan kegiatan seperti lomba dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelola usaha secara professional agar unggul dan berdaya saing. Mengahasilkan wirausaha UP2K PKK yang kuat dan tangguh, mendorong terciptanya inovasi pengembangan produk dan meningkatkan pendapatan.

“Dari lomba yang kami laksanakan dapat meraih prestasi diawali dari juara I tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2018 dan mendapatkan Pakarti Utama III tingkat nasional pada tahun 2019,” ungkap dr. Roro Kusnabila Erfa.

Selain melaksanakan lomba, kata dr. Roro Kusnabila Erfa, semua Kelurahan di Kota Tegal sudah memiliki kelompok khusus dan kelompok pelaksana. Kemudian, TP PKK Kota Tegal maju karena adanya dukungan kemitraan dengan OPD terkait dan perbankan.

Berita Lainnya

Walikota : Pemkot Tegal Siap Dampingi Keluarga ABK Kapal Tenggelam
Berita 25 Jul, 2017

Walikota : Pemkot Tegal Siap Dampingi Keluarga ABK Kapal Tenggelam

TEGAL- Mendengar, ada warga Kota Tegal yang menjadi korban tenggelamnya Kapal KM Muda Jaya 3 di perairan Wakatobi Sulawesi Tenggara,…

Naikkan SHU, KUD Karya Mina Upayakan Terobosan
Berita 27 Mar, 2019

Naikkan SHU, KUD Karya Mina Upayakan Terobosan

TEGAL – Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Usaha Desa (KUD) Karya Mina Tegalsari Kota Tegal tahun 2018 mengalami penurunan Rp.…

18 ASN Ikuti Uji Kompetensi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Kota Tegal.
Berita 17 Jun, 2020

18 ASN Ikuti Uji Kompetensi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Kota Tegal.

Tegal - Sebanyak 18 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti Uji Kompetensi Seleksi Terbuka dan Kompetitif Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama…

KPU Kota Tegal Surati Pimpinan Parpol
Berita 13 Oct, 2017

KPU Kota Tegal Surati Pimpinan Parpol

TEGAL-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Agus Wijanarko, mengatakan, sampai saat ini baru satu partai politik (parpol) yang mendaftarkan…

Pokok Pikiran  Kebudayaan Kota Tegal Disosialisasikan
Berita 26 Nov, 2018

Pokok Pikiran Kebudayaan Kota Tegal Disosialisasikan

Tegal – Sosialisasi Pokok Pikiran Kebudayaan Kota Tegal yang digelar di Ruang Adipura Kompleks Balai Kota Tegal diikuti oleh guru…

135 Petugas Kebersihan Terima Bantuan Paket Sembako
Berita 22 Apr, 2020

135 Petugas Kebersihan Terima Bantuan Paket Sembako

TEGAL – Sebanyak 135 petugas kebersihan yang terdiri dari penyapu jalan, supir dan bongkar muat menerima bantuan paket sembako dari…

Most from this category