JKN Menjamin Pelayanan Kesehatan Secara Menyeluruh

Tegal – Setiap penduduk Indonesia Wajib menjadi peserta Program JKN dengan besaran iuran yang berbeda-beda sesuai dengan kepesertaannya yaitu PBI dan peserta Non PBI. Adapun manfaat jaminan kesehatan ada 2 macam yaitu manfaat medis dan manfaat non medis.

Untuk memberikan penjelasan tentang program JKN yang merupakan program perlindungan kesehatan yang bersifat nasional yang diberikan pada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah dimana JKN telah diatur dalam UU no 40 tahun 2004 yang memiliki 8 Prinsip.

8 Prinsip yang dimaksud adalah prinsip kegotong royongan, prinsip nirlaba, prinsip portabilitas, prinsip keterbukaan, prinsip kehati-hatian, prinsip kepesertaannya bersifat wajib, prinsip dana amanat dan prinsip akuntabilitas

Pemerintah Kota Tegal melalui Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M mengadakan dialog Walikota menyapa di radio Sebayu FM dengan tema atur kenaikan kelas rawat inap bagi peserta BPJS Kesehatan.

Walikota menghimbau kepada semua masyarakat Kota Tegal untuk ikut menjadi peserta JKN, karena ini untuk kebaikan kita sendiri, tidak ada seorangpun yang menginginkan sakit, karena sakit itu mahal.

“Program JKN dengan Penyelenggara BPJS kesehatan adalah Program Pemerintah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita sebagai warga Negara Indonesia,” ucap Walikota.

Walikota juga menjelaskan bahwa di saat kita mendapat ujian kesehatan dari Yang Maha Kuasa, dengan adanya BPJS Kesehatan, kita dapat terbantu dalam hal pembiayaan, tapi jangan pula kesehatan yang seharusnya tidak perlu penanganan medis, kita jadikan alas an untuk mendapatkan fasilitas BPJS Kesehatan.

Karena syarat dan ketentuan yang dapat dilayani oleh BPJS Kesehatan sudah diatur oleh Undang-undang yang berlaku. Untuk itu mari kita jaga sehat kita, ucap Walikota.

Lebih dari itu, JKN menjamin pelayanan kesehatan secara menyeluruh, mulai dari peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan sakit(preventif), pengobatan penyakit(kuratif), dan pemulihan kesehatan(rhabilitatif), termasuk obat-obatan dan bahan medis habis pakai.

Prosedur pelayanan diberlakukan dan peserta wajib mematuhinya. Jaminan pelayanan kesehataan berlaku di seluruh wilayah Indonesia dan pelayanan medis berlaku sama untuk seluruh penduduk Indonesia.

“Yang terpenting adalah tetap menjaga kesehatan, dengan rutin berolahraga, menjaga pola makanan serta menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita,” pesan Walikota.

Sementara itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tegal, Gunawan Setiawan mengatakan berdasarkan ketentuan bahwa pengaturan kenaikan kelas rawat inap bagi peserta BPJS Kesehatan adalah satu tingkat kelas diatasnya, maksudnya jika kelas 3 bisa naik kelas 2 dan kelas 2 bisa naik kelas 1, kelas 1 bisa naik VAP khusus peserta Non PBI.

“Apabila peserta PBI tidak diperbolehkan naik kelas, suka tidak suka, mau tidak mau harus tetap di kelas 3, jika menghendaki naik kelas maka kepesertaan PBI akan dihapus dan diperlakukan pembayaran sebagaimana kelas umum,” ucap Guna.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK,MM,MH. Mengatakan bagi peserta BPJS kesehatan harus mematuhi ketentuan prosedur, jika hendak berobat maka faskes 1 yang tertera di kartu JKN yang menjadi tujuan utama.

“Jika dirasa perlu tindakan lebih lanjut dan bukan kewenangan FKTP maka secara otomatis akan memberikan rujukan ke RS tipe C terlebih dahulu. Akan tetapi jika tergolong kasus kegawatdaruratan, peserta bisa langsung ke RS terdekat.” ucap Prima.

 

Berita Lainnya

Berita 26 Sep, 2017

Plt. Wali Kota Lantik ASN Setelah Dua Tahun Non Job

TEGAL- Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal, HM. Nursoleh M.MPd secara resmi melantik sejumlah pejabat struktural eselon II, III dan…

Berbeda dari sebelumnya, Perayaan Tasyakuran HUT RI di Kota Tegal dirayakan di Hutan Mangrove.
Berita 18 Aug, 2017

Berbeda dari sebelumnya, Perayaan Tasyakuran HUT RI di Kota Tegal dirayakan di Hutan Mangrove.

TEGAL- Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang selalu merayakan tasyakuran di Pendopo Ki Gede Sebayu, perayaan Tasyakuran HUT RI ke 72…

Dedy Yon Sisir Toko yang Jual Obat Tak Berizin
Berita 18 Nov, 2019

Dedy Yon Sisir Toko yang Jual Obat Tak Berizin

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono melakukan inspeksi mendadak (sidak)  menyisir sejumlah toko yang menjual produk kecantikan dan obat-obatan tak berizin,…

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari Partai Golkar
Berita 17 Jul, 2018

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari Partai Golkar

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 pada Selasa,…

Pencinta Sepeda Tua, Jelajahi Kota dengan Ngonthel Malam
Berita 15 Sep, 2019

Pencinta Sepeda Tua, Jelajahi Kota dengan Ngonthel Malam

Sensasi bersepeda dengan sepeda tua atau yang sering disebut “ngonthel” di malam hari menjadi suatu pengalaman tersendiri.seperti yang dilakukan oleh…

Jamaah Haji Kota Tegal Tiba di Tegal 31 Agustus 2018
Berita 10 Aug, 2018

Jamaah Haji Kota Tegal Tiba di Tegal 31 Agustus 2018

Jemaah Haji Kota Tegal tahun 2018 direncanakan kembali ke Kota Tegal pada (31/8) mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian…

Most from this category