Nelayan Kota Tegal Gelar Sedekah Laut

TEGAL- Bersama ribuan masyarakat dan nelayan Kota Tegal Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono secara langsung melepas prosesi sedekah laut di halaman KUD Karya Mina. Selasa (17/09). Pelepasan prosesi tersebut ditandai dengan pemotongan pita melati yang menandakan pelepasan tujuh buah ancak yang berisi tujuh kepala kerbau yang dihias beserta hasil bumi seperti buah dan sayur yang akan dilarung (ditenggelamkan) di tengah laut.

Acara yang berlangsung setiap tahun ini merupakan perwujudan rasa syukur nelayan Kota Tegal kepada Tuhan YME terhadap limpahan hasil tangkapan ikan nelayan Kota Tegal. Sebelum dilarung, sehari sebelumnya, diselenggrakan Pawai ancak yang mengellingi daerah sekitar Pelabuhan, tidak hanya itu kegiatan tersebut juga diisi dengan hiburan orgen tunggal serta pagelaran wayang.

Dalam sambutannya Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan selamat nelayan Kota Tegal atas terselenggaranya sedekah laut yang merupakan tradisi budaya masyarakat nelayan yang rutin dilaksanakan setiap bulan muharram.

‘’Tradisi larung ancak yang dilakukan pada sedekah laut merupakan pencerminan bentuk syukur kepada Allah SWT. Dan menjadi peristiwa budaya sebagai kota bahari. Selain itu merupakan ciri khas dari negara Indonesia sebagai negara maritim dengan bermacam kearifan lokal. Sebagai kota bahari, Kota Tegal yang berada tepat di pesisir laut jawa mengadakan larung ancak dengan harapan hasil laut tetap berlimpah,’’ ujar Walikota Tegal.

Banyak warga Kota Tegal yang menggantungkan hidup dan bermata pencaharian dari laut. Utamanya banyak yang berprofesi sebagai penangkap ikan. Hasil tangkapan nelayan berupa hasil laut cukup melimpah. Sehingga tepat jika nelayan Kota Tegal bersyukur atas karunia yang diberikan Allah SWT.

‘’Banyak wujud syukur yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari warga Kota Tegal. Misalnya untuk terus beribadah kepada Allah SWT dan bersedekah kepada masyarakat lainnya yang kekurangan, wujud syukur lainnya adalah sikap dan prilaku masyarakat Kota Tegal yang mau melestarikan alam sekitar. Karena dengan pelestarian alam lah, maka hasil laut akan senantiasa berlimpah.’’ ujar H. Dedy Yon Supriyono.

Walikota Tegal juga berharap dengan sedekah laut tersebut menjadikan ajang persatuan para nelayan yang ada di Kota Tegal, sehingga tidak ada perbedaan antara nelayan dengan jenis kapal kecil atau besar. Semua bersatu dan berharap hasil tangkapan akan berlimpah terus menerus setiap hari.

Sedangkan Ketua HNSI Kota Tegal Riswanto menyampaikan bahwa sedekah laut merupakan wujud syukur kepada Allah SWT yang sudah dilaksanakan dari dahulu.

‘’Kegiatan sedekah laut merupakan acara tradisi yang sudah ada sejak dulu. Kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya setiap bulan muharam/suro. Selain untuk melestarikan tradisi, sedekah laut diselenggarakan sebagai wujud syukur nelayan kepada Tuhan YME atas hasil laut yang melimpah,’’ ujarnya.

Berita Lainnya

Dongeng Pangeran Gaza di Kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)
Berita 12 Oct, 2017

Dongeng Pangeran Gaza di Kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

TEGAL - Kak Tedi dari Kampung Dongeng Tegal digandeng Dinas Kesehatan Kota Tegal dalam acara Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat…

Pedang Sakti Siap Jadikan Toilet Dan Kolam Bersih Sehat
Berita 03 Sep, 2019

Pedang Sakti Siap Jadikan Toilet Dan Kolam Bersih Sehat

Tegal – Pedang Sakti siap jadikan Toilet dan Kolam bersih dan sehat di semua SD/MI baik negeri maupun swasta di…

Kemenag dan BNN Kota Tegal Bersinergi Perangi Narkoba
Berita 20 Nov, 2017

Kemenag dan BNN Kota Tegal Bersinergi Perangi Narkoba

TEGAL-Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal bersinergi bersama untuk memerangi narkoba. Kerja sama tersebut…

Disdikbud Gelar Lomba Mewanai Logo Hari Jadi
Berita 22 Apr, 2017

Disdikbud Gelar Lomba Mewanai Logo Hari Jadi

TEGAL-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)kembali menggelar kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kota Tegal ke 437. Kali ini, lomba mewarnai logo…

Pedagang Pasar Kejambon Mulai Tempati Pasar Sementara
Berita 22 Apr, 2017

Pedagang Pasar Kejambon Mulai Tempati Pasar Sementara

TEGAL- Ratusan pedagang mulai menempati pasar sementara, Sabtu (22/4) sebagai dampak bakal direnovasinya pasar kejambon di Jalan Sultan Agung Kejambon.…

Walikota Tegal Hadiri Rapat Koordinasi BNNK Tegal
Berita 21 Apr, 2017

Walikota Tegal Hadiri Rapat Koordinasi BNNK Tegal

TEGAL – Terlihat di Hotel Primebiz Tegal sedang diadakannya Rapat Koordinasi Seksi Rehabilitasi BNN Kota Tegal pada Kamis (20/4). Hadir…

Most from this category