Nelayan Kota Tegal Gelar Sedekah Laut

TEGAL- Bersama ribuan masyarakat dan nelayan Kota Tegal Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono secara langsung melepas prosesi sedekah laut di halaman KUD Karya Mina. Selasa (17/09). Pelepasan prosesi tersebut ditandai dengan pemotongan pita melati yang menandakan pelepasan tujuh buah ancak yang berisi tujuh kepala kerbau yang dihias beserta hasil bumi seperti buah dan sayur yang akan dilarung (ditenggelamkan) di tengah laut.

Acara yang berlangsung setiap tahun ini merupakan perwujudan rasa syukur nelayan Kota Tegal kepada Tuhan YME terhadap limpahan hasil tangkapan ikan nelayan Kota Tegal. Sebelum dilarung, sehari sebelumnya, diselenggrakan Pawai ancak yang mengellingi daerah sekitar Pelabuhan, tidak hanya itu kegiatan tersebut juga diisi dengan hiburan orgen tunggal serta pagelaran wayang.

Dalam sambutannya Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan selamat nelayan Kota Tegal atas terselenggaranya sedekah laut yang merupakan tradisi budaya masyarakat nelayan yang rutin dilaksanakan setiap bulan muharram.

‘’Tradisi larung ancak yang dilakukan pada sedekah laut merupakan pencerminan bentuk syukur kepada Allah SWT. Dan menjadi peristiwa budaya sebagai kota bahari. Selain itu merupakan ciri khas dari negara Indonesia sebagai negara maritim dengan bermacam kearifan lokal. Sebagai kota bahari, Kota Tegal yang berada tepat di pesisir laut jawa mengadakan larung ancak dengan harapan hasil laut tetap berlimpah,’’ ujar Walikota Tegal.

Banyak warga Kota Tegal yang menggantungkan hidup dan bermata pencaharian dari laut. Utamanya banyak yang berprofesi sebagai penangkap ikan. Hasil tangkapan nelayan berupa hasil laut cukup melimpah. Sehingga tepat jika nelayan Kota Tegal bersyukur atas karunia yang diberikan Allah SWT.

‘’Banyak wujud syukur yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari warga Kota Tegal. Misalnya untuk terus beribadah kepada Allah SWT dan bersedekah kepada masyarakat lainnya yang kekurangan, wujud syukur lainnya adalah sikap dan prilaku masyarakat Kota Tegal yang mau melestarikan alam sekitar. Karena dengan pelestarian alam lah, maka hasil laut akan senantiasa berlimpah.’’ ujar H. Dedy Yon Supriyono.

Walikota Tegal juga berharap dengan sedekah laut tersebut menjadikan ajang persatuan para nelayan yang ada di Kota Tegal, sehingga tidak ada perbedaan antara nelayan dengan jenis kapal kecil atau besar. Semua bersatu dan berharap hasil tangkapan akan berlimpah terus menerus setiap hari.

Sedangkan Ketua HNSI Kota Tegal Riswanto menyampaikan bahwa sedekah laut merupakan wujud syukur kepada Allah SWT yang sudah dilaksanakan dari dahulu.

‘’Kegiatan sedekah laut merupakan acara tradisi yang sudah ada sejak dulu. Kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya setiap bulan muharam/suro. Selain untuk melestarikan tradisi, sedekah laut diselenggarakan sebagai wujud syukur nelayan kepada Tuhan YME atas hasil laut yang melimpah,’’ ujarnya.

Berita Lainnya

Silaturahmi Walikota Tegal bersama Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan RT/RW se Kecamatan Margadana
Berita 17 Feb, 2017

Silaturahmi Walikota Tegal bersama Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan RT/RW se Kecamatan Margadana

Tegal - Peran Ulama, ketua RT dan ketua RW sangatlah penting di tengah masyarakat. karena unsur inilah yang menjadi simpul-simpul…

“SHERBU LOKALAN”;  Inovasi Perpusda Memperkaya Koleksi Lokal/Tegalan
Berita 19 Aug, 2019

“SHERBU LOKALAN”; Inovasi Perpusda Memperkaya Koleksi Lokal/Tegalan

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal tak henti-hentinya berbenah meningkatkan citra layanan publik. Hal tersebut sejalan dengan tekad Walikota dan…

Wali Kota Mengajar di Terminal
Berita 03 Dec, 2018

Wali Kota Mengajar di Terminal

Wali Kota Tegal, M. Nursholeh, Senin Pagi (3/12) mengajar disekolah Terminal di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti yang terletak…

6 Buku Lokalan Dibedah dalam Dialog Publik Arpusda Kota Tegal
Berita 26 Sep, 2019

6 Buku Lokalan Dibedah dalam Dialog Publik Arpusda Kota Tegal

Tegal - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal menggelar Dialog Publik dengan kegiatan Evaluasi Perpusda Kota Tegal sebagai "Sherbu Lokalan"…

Begini Cara Mahasiswa UPS Tegal Kampanyekan Sastra
Berita 15 Apr, 2018

Begini Cara Mahasiswa UPS Tegal Kampanyekan Sastra

Tegal – Baru baru ini mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal baru saja mengadakan kampanye sastra tepatnya oleh mahasiswa fakultas keguruan dan…

Kemenpar Berikan Bimbingan Kepada Pelaku Pariwisata Kota Tegal
Berita 06 Oct, 2017

Kemenpar Berikan Bimbingan Kepada Pelaku Pariwisata Kota Tegal

TEGAL – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sinkronisasi Promosi Pariwisata Pasar…

Most from this category