Pemkot Siap Luncurkan “Jakwir Cetem”

Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kota Tegal telah bersiap meluncurkan sebuh program layanan kependudukan berbasis IT dan berbasis android “Jakwir Cetem” yang merupakan akronim dari (“Aja Kosi Wira-wiri, Dukcapil Kota Tegal Cepat dan Tepat Melayani”, dan akan mengganti layanan kependudukan yang sebelumnya mengguanakan sistem manual.
Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi sesaat setelah menerima perwakilan Disdukpencapil diruang kerja Wakil Wali Kota, Kompleks Balai Kota Tegal, Kamis (5/9).
Jumadi menyampaikan layanan kependudukan dengan system online berbasis android, akan lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, baik Kartu tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK) semuanya bisa menggunakan android base kemudian bisa dikirim ke masyarakat.
Ia mengatakan bahwa persiapan program ini sudah hampir selesai, dan berharap bulan depan sudah bisa di luncurkan. Untuk mendapatkan aplikasi Jakwir Cetem, masyarakat bisa langsung mendownload aplikasi Jakwir Cetem di Play Store.
Sebelum peluncuran program ini, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi program tersebut, bahkan menurutnya saat ini, sebelum Jakwir Cetem diluncurkan sudah ada 200 orang yang mendownload aplikasi tersebut.
Mereka sudah bisa langsung memanfaatkan mendapatkan informasi bagaimana data kependudukan mereka itu KTP, KIA KK, akta kelahiran dn kartu kematian sudah bisa dilayani mengguanan android base.
Sementara itu, Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Dores Indrian Nugroho meyampaikan bahwa program Jakwir Cetem merupakan layanan inovasi Disdukpencapil kota Tegal.
Dores menyampaikan saat ini Jakwir Cetem dalam tahap continue improvrment, dan sudah ada 6 layanan yang bisa diakses dengan aplikasi tersebut, antara lain, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Identitas Anak, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan Pindah Datang dan Kekuar..dan satu layanan spesial yakni layanan update data, jadi masyarakat bisa mengubah data atau mengaktifkan NIK bagi masyarakat yang NIK nya tidak ada dalam data base.
Dalam.aplikasi tersebut masyarakat bisa memilih apakah dokumen tersebut akan dikirim atau diambil di kantor Disdukpencapil dengan program “Si Tarsan” akronim dari Siap Antar Pesanan Dokumen Kependudukan.
Senada dengan Wakil Wali Kota, Ia berharap program ini dapat diluncurkan tidak lama lagi, “mudah-mudahan next month sudah bisa di launching” tutur Dores.
Disdukpencapil dalam setiap kegiatannya selalu mensosialisasikan program Jawir Cetem, sehingga cakupan masyarakat yang mengerti program ini akan semakin luas.

Berita Lainnya

Razia Gabungan, Dinsos Kota Tegal Garuk 25 PGOT
Berita 25 Feb, 2019

Razia Gabungan, Dinsos Kota Tegal Garuk 25 PGOT

Tegal - Sedikitnya 25 orang Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT) terjaring Razia Gabungan Dinas Sosial Kota Tegal bersama Satpol…

GBN Kota Tegal Siap Adakan Seminar Pendidikan Karakter
Berita 02 Mar, 2017

GBN Kota Tegal Siap Adakan Seminar Pendidikan Karakter

GBN Kota Tegal Siap Adakan Seminar Pendidikan Karakter TEGAL- Prihatin dengan kondisi permasalahan pemuda saat ini,  Gerakan Bela Negara (GBN)…

Teater Akar Galang Dana untuk Anak Yatim
Berita 25 May, 2018

Teater Akar Galang Dana untuk Anak Yatim

TEGAL - Teater Akar FKIP Universitas Pancasakti Tegal menggelar kegiatan penggalangan dana untuk kegiatan santunan anak yatim. Penggalangan dana tersebut…

Bhayangkari Cabang Tegal Kota Gandeng Disdukcapil Terbitkan Akta Kelahiran
Berita 25 Jul, 2018

Bhayangkari Cabang Tegal Kota Gandeng Disdukcapil Terbitkan Akta Kelahiran

TEGAL - Pengurus Cabang Bhayangkari Cabang Tegal Kota bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal mengadakan pelayanan…

Kenali  Diabetes Militus, Hipertensi, Hiperkolesterol, Kanker Serviks dan Payudara
Berita 05 Mar, 2017

Kenali Diabetes Militus, Hipertensi, Hiperkolesterol, Kanker Serviks dan Payudara

TEGAL- Diabetes Militus, Hipertensi, Hiperkolesterol, Kanker Serviks dan Payudara merupakan penyakit yang tidak asing terdengar oleh kita. Sebagai orang yang…

Mahasiswa Teknik Informatika Raih Juara 1 dan Juara2 UI/UX Mobile Apps
Berita 07 Jul, 2019

Mahasiswa Teknik Informatika Raih Juara 1 dan Juara2 UI/UX Mobile Apps

Mahasiswa D IV Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB) mengikuti Grand Final I-Fest (IT Festival) 4.0 2019 di…

Most from this category