Kota Tegal Raih Peringkat 2 Anugerah Iptek Budhipraja 2019.

Denpasar – Atas keberhasilannya menerapkan berbagai inovasi teknologi di bidang layanan masyarakat, Kemenristekdikti melalui Ditjen Penguatan Inovasi menganugerahkan penghargaan berupa Peringkat 2 Anugerah Iptek Budhipraja Kategori Pemerintah Kota.
Penghargaan bergengsi dibidang teknologi tersebut di serahkan langsung oleh Menristek RI Muhammad Nasir Kepada Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST. MM pada Malam Apresiasi Peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) Tahun 2019 di Gedung Cita Kelangen, Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Selasa (27/8) malam.
Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi mengatakan bahwa dengan menyabet Juara 2 pada Anugerah Iptek Budhipraja yang diberikan Kemenristekdikti menjadi awal yang bagus sekaligus cambuk bagi pihaknya bersama ASN untuk bersama memajukan Kota Tegal sekaligus terus meningkatkan kualitas layanan (Service) yang dampak nya bisa langsung dirasakan masyarakat Kota Tegal.


Keberhasilan Kota Tegal tersebut kata Jumadi tidak lepas karena berbagai inovasi teknologi yang saat ini dikembangkan di Kota Tegal seperti diantaranya di bidang layanan perizinan “Sadina Kelar” (Saklar) serta lahirnya “Star Up” baru di Kota Tegal melalui aplikasi TEMIO (TEgal Main Industries Outlook) yang dikembangkan Dinas Tenaga Kerja dan Industri Kota Tegal. Aplikasi TEMIO sendiri dijelaskan Jumadi merupakan aplikasi untuk mengenalkan produk industri unggulan sekaligus untuk pemasaran secara online produk produk pelaku industri kecil menengah di Kota Tegal.


Tidak hanya itu, Kota Tegal juga dikatakan pria yang akrab di sapa MJ tersebut menjadi satu satunya kota yang telah memiliki jaringan fiber optik yang telah tersambung di seluruh kelurahanya serta kecamatanya “Dan semua itu dari pemerintah yang membangun bukan punya swasta,” pungkas Jumadi.
Sementara itu, dalam sambutannya Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengucapkan selamat kepada para penerima berbagai anugerah inovasi dan Iptek.
Menurut Nasir riset dan publikasi saja tidak cukup, yang terpenting bagaimana riset tersebut bisa menghasilkan bentuk dan inovasi yang bisa di terapkan langsung di masyarakat melalui komersialisasi hasil-hasil riset pada dunia usaha.
Kerena itu Nasir berharap agar prestasi tersebut dapat menginspirasi bagi daerah lain. “Kami berharap dengan penyelenggaraan Hakteknas yang dipusatkan di daerah-daerah, menjadi daya dorong lahirnya inovasi di daerah,” ujarnya.
Selain penyerahan pada 12 kategori anugerah iptek dan inovasi, Malam Apresiasi Harteknas kali ini juga diserahkan penghargaan pada Perguruan Tinggi yang menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Penghargaan Lomba Penulisan, Foto dan Vlog Untuk Iptek Inovasi kategori Wartawan dan Non Wartawan/Umum, juga beberapa MoU dan Penjanjian kerja yakni Nota Kesepahaman antara Ombudsman Republik Indonesia dan Kemenristekdikti, tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Kemenristekdikti. Perjanjian Kerjasama antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, serta Nota Kesepahaman antara Politeknik Negeri Batam dengan Yayasan Lion Pendidikan, tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia. Adapun peringkat ke 1 dalam anugerah tersebut baru akan diumumkan pada Puncak Peringatan Harteknas yang dipusatkan di Lapangan Puputan Margarana Kota Denpasar Rabu (28/8) esok harinya.

Berita Lainnya

Fatayat NU Laksar Terdepan Bangsa
Berita 04 Apr, 2019

Fatayat NU Laksar Terdepan Bangsa

TEGAL – Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tegal sebagai salah satu organisasi otonom yang mewadahi perempuan NU diharapkan menjadi laksar…

Teater Akar Pentaskan Bulan Bujur Sangkar
Berita 03 May, 2019

Teater Akar Pentaskan Bulan Bujur Sangkar

Tegal - Teater Akar FKIP Universitas Pancasakti Tegal kembali menggelar pementasan teater. Kali ini Teater Akar membawakan lakon "Bulan Bujur…

Kendaraan Plat Merah Digunakan Saat Kampanye
Berita 02 Mar, 2018

Kendaraan Plat Merah Digunakan Saat Kampanye

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal menelusuri dugaan penggunaan fasilitas negara saat kampanye. Seperti yang diketahui, sepeda motor Yamaha RX…

Angkatan 55 SUPM Tegal Dilantik
Berita 10 Aug, 2017

Angkatan 55 SUPM Tegal Dilantik

TEGAL – Terlihat  Pelantikan Peserta Didik baru SUPM Negeri Tegal Angkatan 55 Tahun Pelajaran 2017/2018 pada hari Kamis (10/8) di…

Hima Teknik Mesin UPS Gelar Seminar
Berita 05 Oct, 2017

Hima Teknik Mesin UPS Gelar Seminar

TEGAL-Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) Universitas Pancasakti Tegal menggelar seminar nasional, Kamis (5/10) di auditorium kampus UPS Tegal, Jalan Halmahera…

Walikota Pimpin Rakor PKP 1
Berita 30 May, 2019

Walikota Pimpin Rakor PKP 1

Tegal – Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M pimpin langsung Rapat Koordinasi Pengendalian Kegiatan Pelaksanaan APBD (Rakor PKP…

Most from this category