Mahasiswa Harus Menjadi Smart People

TEGAL-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menggelar orientasi pengenalan kampus atau Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK) kepada mahasiswa baru, Minggu (25/8).

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut mahasiswa baru serta memperkenalkan kepada mahasiswa baru terkait bagaimana kehidupan dan suasana akademik di kampus yang terletak di Jalan Halmahera Tegal itu.

Pada pengenalan kampus kali ini, dikemas dengan dialog interaktif yang mengusung tema Quo Vadis Peran Mahasiswa Dalam Pengembangan Demokrasi dan Pembangunan di Era Industri 4.0.

Sebagai narasumber Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST.,MM, Owner Dedy Jaya Group Dr (HC) Muhadi Setiabudi, Ketua KNPI Jateng Tino Indra Wardono. Sedangkan moderator dipandu Dosen FISIP UPS Tegal Diryo Suparto, S.Sos, M.Si.

Dalam paparannya, Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST.,MM menuturkan kedepan bukan lagi era industri 4.0 akan tetapi society 5.0 di mana teknologi digital diaplikasikan pada kehidupan manusia. Untuk itu, Jumadi berharap agar mahasiswa menjadi smart people.

“Mahasiswa harus smart, bagaimana membangun society sehingga kedepan akan menjadi bagian smart people,” kata Jumadi.

Menurut Jumadi, smart people untuk menuju Kota Tegal betul betul menerapkan smart city. Smart city dapat katakan memanfaatkan teknologi pada semua bidang, baik pemerintahan dan juga masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa berpikir out of the box untuk bersama-sama mewujudkan Kota Tegal lebih smart.

“Kita semua harus bersama sama, bersinergi, tidak bisa sendiri-sendiri. Hal itu akan memudahkan kita semua menuju cita-cita,” imbuh Jumadi.

Owner Dedy Jaya Group Dr (HC) Muhadi Setiabudi pada paparannya menyampaikan materi peran mahasiswa pada pembangunan berkelanjutan. Muhadi menuturkan, mahasiswa menjadi bagian dari masa depan. Untuk itu, setelah lulus diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat bermanfaat untuk orang lain.

“Jangan ingin bekerja tetapi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkap Muhadi.

Sementara itu, Ketua KNPI Jateng Tino Indra Wardono berharap para mahasiswa memiliki kemandirian. Wakil Rektor I UPS Tegal Dr. Wahyono menuturkan masa orientasi ini sangat menentukan perjalanan mahasiswa baru. Sebab, kata masa orientasi akan terus ddikenang.Baik ketika menjadi mahasiswa maupun setelah lulus.

Berita Lainnya

Didukcapil Kota Tegal Bakal Pakai Sistem Aplikasi untuk Permudah Layanan
Berita 13 Jul, 2018

Didukcapil Kota Tegal Bakal Pakai Sistem Aplikasi untuk Permudah Layanan

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Didukcapil) Kota Tegal, bakal siapkan aplikasi untuk mempermudah layanan administrasi kependudukan. Hal tersebut untuk mempermudah…

Tegal Children Festival, Mewujudkan Kota Tegal yang Nyaman dan Tenang Bagi Anak
Berita 01 Jul, 2019

Tegal Children Festival, Mewujudkan Kota Tegal yang Nyaman dan Tenang Bagi Anak

Tegal – Tegal Children Festival yang digelar oleh SPASI, Minggu (30/6) malam berlangsung meriah dan penuh keakraban diantara anak-anak yang…

Kang Nur Pamitan dengan Warga Tegal Selatan
Berita 19 Mar, 2019

Kang Nur Pamitan dengan Warga Tegal Selatan

Lima hari menjelang usainya masa jabatan Wali Kota Tegal M. Nursholeh atau yang akrab disapa Kang Nur berpamitan dengan Warga…

Hari Kartini, Pedagang Asongan di Kota Tegal Ikuti Kartini Award 2
Berita 22 Apr, 2018

Hari Kartini, Pedagang Asongan di Kota Tegal Ikuti Kartini Award 2

TEGAL-Memperingati hari Kartini, TBM Sakila Kerti mengadakan Kartini Award ke 2 di sekretariat TBM Sakila Kerti, komplek Terminal Kota Tegal,…

Peserta Apel Senam Bersama Cuci Tangan
Berita 13 Mar, 2020

Peserta Apel Senam Bersama Cuci Tangan

TEGAL – Seluruh peserta Apel dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di Pantai Batamsari, Jum’at (13/03/2020), melaksanakan senam bersama…

Polres Tegal Kota Ajak Kaum Milenial untuk Safety Riding
Berita 03 Mar, 2019

Polres Tegal Kota Ajak Kaum Milenial untuk Safety Riding

Dalam rangka menekan angka kecelakaan, khususnya untuk anak-anak muda, atau yang sering disebut dengan kaum milenial, Polres Tegal Kota menggelar…

Most from this category