Mahasiswa Harus Menjadi Smart People

TEGAL-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menggelar orientasi pengenalan kampus atau Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK) kepada mahasiswa baru, Minggu (25/8).

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut mahasiswa baru serta memperkenalkan kepada mahasiswa baru terkait bagaimana kehidupan dan suasana akademik di kampus yang terletak di Jalan Halmahera Tegal itu.

Pada pengenalan kampus kali ini, dikemas dengan dialog interaktif yang mengusung tema Quo Vadis Peran Mahasiswa Dalam Pengembangan Demokrasi dan Pembangunan di Era Industri 4.0.

Sebagai narasumber Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST.,MM, Owner Dedy Jaya Group Dr (HC) Muhadi Setiabudi, Ketua KNPI Jateng Tino Indra Wardono. Sedangkan moderator dipandu Dosen FISIP UPS Tegal Diryo Suparto, S.Sos, M.Si.

Dalam paparannya, Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST.,MM menuturkan kedepan bukan lagi era industri 4.0 akan tetapi society 5.0 di mana teknologi digital diaplikasikan pada kehidupan manusia. Untuk itu, Jumadi berharap agar mahasiswa menjadi smart people.

“Mahasiswa harus smart, bagaimana membangun society sehingga kedepan akan menjadi bagian smart people,” kata Jumadi.

Menurut Jumadi, smart people untuk menuju Kota Tegal betul betul menerapkan smart city. Smart city dapat katakan memanfaatkan teknologi pada semua bidang, baik pemerintahan dan juga masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa berpikir out of the box untuk bersama-sama mewujudkan Kota Tegal lebih smart.

“Kita semua harus bersama sama, bersinergi, tidak bisa sendiri-sendiri. Hal itu akan memudahkan kita semua menuju cita-cita,” imbuh Jumadi.

Owner Dedy Jaya Group Dr (HC) Muhadi Setiabudi pada paparannya menyampaikan materi peran mahasiswa pada pembangunan berkelanjutan. Muhadi menuturkan, mahasiswa menjadi bagian dari masa depan. Untuk itu, setelah lulus diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat bermanfaat untuk orang lain.

“Jangan ingin bekerja tetapi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkap Muhadi.

Sementara itu, Ketua KNPI Jateng Tino Indra Wardono berharap para mahasiswa memiliki kemandirian. Wakil Rektor I UPS Tegal Dr. Wahyono menuturkan masa orientasi ini sangat menentukan perjalanan mahasiswa baru. Sebab, kata masa orientasi akan terus ddikenang.Baik ketika menjadi mahasiswa maupun setelah lulus.

Berita Lainnya

Wakaf Lahan di Kelurahan Tunon Diapresiasi Wali Kota
Berita 22 Feb, 2019

Wakaf Lahan di Kelurahan Tunon Diapresiasi Wali Kota

Tegal – Monitoring Wajah Kota bersama Wali Kota Tegal H.M Nursoleh dan jajaran Forkopimda, Asisten serta Kepala OPD dilakukan di…

Sinergi Untuk Sukseskan Pilkada
Berita 02 Mar, 2018

Sinergi Untuk Sukseskan Pilkada

Tegal - Olahraga bersepeda dan aerobic bersama TNI/Polri dan instansi terkait dalam rangka menjalin kebersamaan guna mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak…

Berita Anak di Kota Tegal Dianiaya Ternyata Hoax
Berita 29 Aug, 2017

Berita Anak di Kota Tegal Dianiaya Ternyata Hoax

TEGAL - _Kabar adanya seorang anak bernama Mulyani, warga Jalan Puter Gang Bangau Rt 04/Rw 02 Kelurahan Randugunting Kecamatan Tegal…

Penjual Bendera Asal Majalengka Rambah Kota Tegal
Berita 02 Aug, 2017

Penjual Bendera Asal Majalengka Rambah Kota Tegal

TEGAL – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun banyak diramaikan oleh kegiatan dikalangan masyarakat.…

Wakil Walikota Tegal Mencoblos di TPS 008 Mangkukusuman
Berita 17 Apr, 2019

Wakil Walikota Tegal Mencoblos di TPS 008 Mangkukusuman

TEGAL - Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi, ST, MM bersama istri Dyah Probondari, S.H. M.Kn menyalurkan hak suaranya dalam Pemilihan…

Kecamatan Margadana Adakan Musrembang
Berita 21 Feb, 2018

Kecamatan Margadana Adakan Musrembang

TEGAL – Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Margadana Kota Tegal yang diselenggarakan pada Rabu (21/2) bertempat di Aula Lantai 2…

Most from this category