Pertama di Indonesia,”Pesta Siaga Keselamatan Jalan 2019” Diadakan di Kota Tegal

Kota Tegal mejadi tuan rumah pertama pelaksanaan Pesta Siaga Keselamatan Jalan tahun 2019. Pelaksanaan Pesta Siaga Keselamatan jalan ini merupakan pelaksanaan yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia.
Pembukaan Pesta Siaga tersebut dibuka langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Gedung Indoor Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ), Senin (19/8), dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi dan Haryo Pamungkas, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Provinsi Jawa Tengah.
Dirjen Perhubungan Darat, seusai membuka acara tersebut menyampaikan bahwa pelaksanaan Pesta Siaga Keselamatan Jalan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada anak-anak, dimana ditanamkan sejak awal bagaimana berkendara dengan tertib, mematuhi rambu-rambu agar selamat dalam berkendaraan, sebab menurut dari data Kepolisian, setiap hari 2 sampai 3 jiwa melayang akibat kecelakaan, itulah mengapa, semenjak awal perlu ditanamkan masalah keselamatan berlalu lintas.
Di dalam Pesta Siaga ini diharapkan pihaknya bisa memberikan pengetahuan pemahaman mengenai keselamatan berlalu lintas kepada anak-anak, baik itu mengenai rambu-rambu lalu lintas, bagaimana perilaku berkendara, agar mereka paham bahwa keselamatan adalah kepentingan bersama, dan bukan hanya urusan dan tugas Pemerintah saja.
Ia juga berharap, secara internal ada nilai dan norma yang di tanamkan kepada anak-anak agar nanti ketika mereka berkendara kelak, bisa di aplikasikan dengan baik, dengan hati-hati, disilin dn menghoirmati petugas di jalan.
Menurutnya, Kegiatan ini baru pertama kali di Indonesia, ini bisa dijadikan sebagai pilot projek untuk menjadikan Kota Tegal memilki Saka Perhubungan.
Sementara itu, Ketua Panitia Pesta Siaga Keselamatan Jalan tahun 2019 menyampaikan bahwa Pesta Siaga Keselamatan Jalan ini merupakan program lanjutan dari “Salut” Sadar Lalu Lintas, yang levelnya dibawah siaga yakni untuk anak-anak usia dini.
Pesta Siaga merupakan hasil dari kerjasama Dirjen Perhubungan Darat dengan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ). Untuk pelaksanaan Pesta Siaga tersebut diikuti oleh 500 pramuka siaga.
Ia berharap dengan pesta siaga tersebut, bisa membentuk perilaku dan budaya keselamatan jalan kepada anak-anak, dan bisa memberikan edukasi dan meningkatkan budaya dalam berlalu lintas.

Berita Lainnya

Walikota Tegal Buka Musyawarah Nasional TeRuci
Berita 09 Nov, 2019

Walikota Tegal Buka Musyawarah Nasional TeRuci

Tegal – Musyawarah Nasional dan Pelantikan Dewan Pengurus Pusat Terios Rush Club Indonesia (TeRuci) periode 2019-2021 berlangsung di Hotel Premier…

Juara Lomba Fotografi Terima Hadiah
Berita 07 May, 2019

Juara Lomba Fotografi Terima Hadiah

Tegal – Lomba fotografi untuk intragram yang diadakan oleh Pemerintah Kota Tegal dalam rangka Hari Jadi ke 439 Kota Tegal…

Angkatan 55 SUPM Tegal Dilantik
Berita 10 Aug, 2017

Angkatan 55 SUPM Tegal Dilantik

TEGAL – Terlihat  Pelantikan Peserta Didik baru SUPM Negeri Tegal Angkatan 55 Tahun Pelajaran 2017/2018 pada hari Kamis (10/8) di…

Kerja Bakti Wujud Ciptakan Keindahan Lingkungan
Berita 18 Feb, 2017

Kerja Bakti Wujud Ciptakan Keindahan Lingkungan

TEGAL – Terlihat berseragam olahraga dominan berwarna merah, mereka adalah kelompok senam Pan Gu Shen Gong. Tak seperti biasa kegiatan…

Kampanye Gemarikan, “Ayo Makan Ikan”
Berita 19 Sep, 2019

Kampanye Gemarikan, “Ayo Makan Ikan”

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah menggelar Kampanye Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan). Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (19/9) di…

PJS Wali Kota : Berharap Pilkada Kota Tegal Lahirkan Kepala Daerah yang Berintegritas
Berita 08 May, 2018

PJS Wali Kota : Berharap Pilkada Kota Tegal Lahirkan Kepala Daerah yang Berintegritas

Pemilihan Wali Kota Tegal, 27 Juni mendatang, diharapkan akan dapat melahirkan kepala daerah yang berintegritas, hal ini disampaikan Pejabat Sementara…

Most from this category