Dosen UPS Tegal Dipacu Menulis Artikel Internasional

Dalam rangka meningkatkan publikasi karya tulis ilmiah bagi dosen di lingkungan Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Kordinator Dosen Yayasan (Kodyas) UPS Tegal mengadakan klinik penulisan artikel ilmiah bertaraf internasional dan kiat-kiat agar tulisan dipublikasi jurnal internasional, Kamis (15/8). Acara yang berlangsung di Aula YPP Tegal ini khusus diadakan bagi dosen  yayasan di lingkungan UPS Tegal.

Program kerja dari Kodyas UPS Tegal berusaha menumbuhkembangkan suasana akademik dalam lingkungan kampus sehingga dosen termotivasi dan dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Hal inilah yang menjadi dasar terlaksananya kegiatan klinik penulisan artikel ilmiah ini.

Kegiatan itu dihadiri oleh sekitar 150 dosen UPS Tegal. Turut hadir pula pejabat struktural di lingkungan UPS Tegal. Klinik penulisan artikel ilmiah ini merupakan salah satu bentuk konsultasi dan pemerolehan kiat dan trik agar lolos di jurnal yang berputasi internasional.

Tiap dosen yang hadir sudah membawa artikel ilmiah yang akan dikonsultasikan kepada narasumber agar dapat difasilitasi dan lolos di jurnal bereputasi internasional.

Dalam kesempatan tersebut dihadirkan pakar penulis artikel yang memiliki publikasi di berbagai publikasi taraf nasional dan internasional. Sebagai pembicara pertama adalah Dosen Universitas Muhamadiyah Magelang (UMM) sekaligus sebagai reviewer international journal of registrasion scopus Q1 Dr. Muji Setiyo, S.T., M.T.  Sedangkan pembicara kedua Kepala Devisi Publikasi UMM Zulifikar Bagus Pambuko, MEI.

Ketua Kodyas Noor Zuhri, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap dosen sebenarnya sudah terbiasa menulis namun hasil tulisan yang dihasilkan belum semua dapat mencapai standar penulisan yang sesuai terutama tuntutan pada jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional.

“Dengan kegiatan ini diharapakn rekan-rekan dapat termotivasi untuk lebih banyak menulis artikel yang sesuai dengan standar penulisan dari dikti,” sambung Ketua Kodyas.

Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. memberi penghargaan dan apresisasi yang tinggi bagi Kodyas UPS Tegal atas tercapainya kegiatan tersebt. Rektor berharap untuk dapat meningkatkan kualitas dan publikasi karya ilmiah bereputasi bertaraf nasional dan internasional. Dengan adanya isu rektor dan dosen asing yang berhembus merupakan salah satu cara pemerintah dalam meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah dalam peningkatan pendidikan di Indonesia.

Dr Burhan menambahkan salah satu masalah yang muncul adalah masih rendahnya publikasi ilmiah dosen sehingga peringkat pendidikan masih diperingkat di atas 100an. Pemerintah juga sedang mengenalkan program dosen merenung yang diperuntukan bagi dosen yang telah lama menduduki jabatan fungsional tertentu terlalu lama.

Program merenung memang untuk dosen yang memiliki jabatan funsional minimal lektor kepala agar meningkatkan hasil penulisan dan publikasi karya ilmiah dengan bermitra bersama perguruan tinggi lain. Program ini mengharapkan hasil luaran penulisan karya ilmia yang dapat meningkatkan kualitas dan dapat dimanfaatkan hasil penulisannya bagi masyarakat luas.

 

“Dengan kegiatan ini diharapkan dosen UPS Tegal dapat menghasilkan dan meningkatkan kualitas hasil penulisanya dan dapat dipublikasikan di jurnal yang bereputasi nasional dan internasional,” tutup Rektor UPS Tegal.

Berita Lainnya

Berita 03 Feb, 2018

Jadilah Generasi Yang Mampu Menyongsong Kompetisi Global

Tegal - Moment wisuda bagi mahasiswa yang diwisuda benar-benar saat yang sangat membanggakan sekaligus membahagiakan, setelah sekian lama merek menempuh…

Kota Tegal Siap Hadapi Arus Mudik Balik
Berita 04 Jun, 2018

Kota Tegal Siap Hadapi Arus Mudik Balik

Secara umum Pemerintah Kota Tegal bersama Instansi terkait baik dari Polres Tegal Kota dan Kodim 0712 dan pihak-pihak terkait lainnya,…

Pemkot Tegal Siap Support “Temuan” Warga Kota Tegal.
Berita 21 Jun, 2019

Pemkot Tegal Siap Support “Temuan” Warga Kota Tegal.

Tegal- Pemerintah akan mensupport setiap warga Kota Tegal yang berhasil menciptakan inovasi/temuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal itu diungkapkan Walikota…

KPU Sediakan 4 Titik Baliho Paslon Wali Kota Tegal
Berita 12 Mar, 2018

KPU Sediakan 4 Titik Baliho Paslon Wali Kota Tegal

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal telah menetapkan empat titik pemasangan baliho untuk kampanye para pasangan calon Wali Kota dan…

Tingkatkan Kesehatan Pekerja Formal dan Non Formal di Puncak Bulan K3.
Berita 01 May, 2019

Tingkatkan Kesehatan Pekerja Formal dan Non Formal di Puncak Bulan K3.

Tegal - Puncak bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dilaksanakan dengan penyerahan hadiah kepada tiga pemenang lomba K3. Dengan peringatan…

Kecamatan Margadana Adakan Musrembang
Berita 21 Feb, 2018

Kecamatan Margadana Adakan Musrembang

TEGAL – Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Margadana Kota Tegal yang diselenggarakan pada Rabu (21/2) bertempat di Aula Lantai 2…

Most from this category