Ribuan Tenaga Keagamaan Kota Tegal Terima Jasa Keagamaan

Tenaga keagamaan kota Tegal, Selasa (6/8) menerima jasa tenaga keagamaan dari Pemerintah Kota Tegal, yang disalurkan melalui Kantor Kementrian Agama Kota Tegal, di Pendopo Ki Gede Sebayu Balai Kota Tegal.
Seperti disampaikan Kepala Sub Bagian Keagaaman Bagian Kesejahteraan Rakyat (Bagkesra) Setda Kota Tegal, MA Miftach Rachmat, sesuai dengan Undang-undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang mengatur bahwa urusan agama adalah merupakan urusan absolut yang kewenangananya merupakan kewenangan Pemerintah Pusat, Sehingga Pemerintah Kota Tegal dalam memberikan apresiasi kepada tenaga keagaaman diberikan melalui mekanisme hibah kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Kota Tegal sebagai instasni vertikal yang berada di daerah.
Jasa tenaga keagamaan diberikan secara simbolis oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono. Dalam sambutannya Dedy Yon Supriyono menyampaikan pihaknya merasa lega, hibah jasa tenaga keagamaan sudah bisa disalurkan.
Dedy Yon menyebutkan total tenaga keagamaan yang menerima jasa tenaga keagamaan sebanyak 2.970 orang. Pemerintah Kota Tegal menganggarkan Rp. 4.269.180.000,- setahun.
Menurut Dedy Yon jasa tenaga keagamaan ini merupakan sebuah penghormatan dan penghargaan kepada tenaga keagamaan di kota Tegal, namun tentunya jika dibandingkan dengan pengorbanan dan pengabdian tenaga keagamaan tidak akan seimbang atau sebanding.
Dedy Yon berharap, kedepan selalu ada peningkatan jasa tenaga keagamaan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.
Sementara itu, ketua penyelenggara penyaluran jasa tenaga keagamaan, Plh. Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tegal, Tohari menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tegal yang memberikan hibah jasa tenaga keagamaan melalui Kemenag Kota Tegal, ini merupakan program baru, sebelumnya di serahkan oleh Bagkesra, dan saat ini disalurkan memalui kemenang Kota Tegal.
Jasa tenaga keagamaan diberikan secara non tunai, melalui transfer ke Bank Jawa Tengah, ini yang masuk sebesar 6 bulan, atau bulan berjalan, sedangkankan untuk bulan selanjutnyanakan ditransfer setiap bulannya.
hibah dari Pemerintah Kota Tegal sebesar 4,2 M, yang sebagian besar dialokasikan untuk disalurkan ke jasa tenaga keagamaan. Penerima jasa keagamaan tahun 2019 terdiri dari: jasa tenaga keagamaan Guru TPQ sebanyak 604 orang, selama 11 bulan, sebesar Rp. 150.000 rupiah, jasa tenaga keagamaan Guru Madrasah Diniyah sejumlah 475 orang, selama 11 bulan, sebesar Rp. 150.000, -, jasa tenaga keagamaan Guru Ngaji sejumlah 500 orang, selama 11 bulan, sebesar Rp. 125.000,-, jasa tenaga keagamaan Lebe sejumlah 130 orang, selama 11 bulan, sebesar Rp. 300.000,-, Jasa tenaga keagamaan Marbot sejumlah 531 orang, selama 11 bulan, sebesar Rp. 100.000,-, Jasa tenaga keagamaan Takmir diberikan kepada 556 orang sebesar Rp. 1.000.000,-.
Dan untuk jasa tenaga keagaan Rohaniawan akan diberikan pad bulan November 2019 kepada 175 orang sebesar Rp. 600.000,-
Sedangkan dana anggaran hibah Pemerintah Kota Tegal ini juga di alokasikan untuk Penyelenggaraan Perkemahan Santri Diniyah (Persada) dan pelaksanaan Hari Santri Nasional.

Berita Lainnya

Lomba Baca Puisi Tegalan Ramaikan Peringatan HUT KORPRI
Berita 29 Nov, 2017

Lomba Baca Puisi Tegalan Ramaikan Peringatan HUT KORPRI

TEGAL – Dalam rangka memepriangati Hari Ulang Tahun KORPRI yang ke 46 tahun, Pemerintah Kota Tegal mengadakan bebeapa rangkaian kegiatan…

Pemkot Tak Izinkan lagi PKL Berjualan di Lapangan Alun-alun
Berita 27 Aug, 2018

Pemkot Tak Izinkan lagi PKL Berjualan di Lapangan Alun-alun

Plt. Wali Kota Tegal M. Nursholeh didepan para Pedagang Kaki Lima Lapangan Alun-alun menyampaikan bahwa, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal tidak…

Jumadi: Pemerintah dan Industri Plastik Harus Bekerja Sama
Berita 11 Jul, 2019

Jumadi: Pemerintah dan Industri Plastik Harus Bekerja Sama

JAKARTA – Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi, S.T., M. M., mengatakan persoalan sampah, utamanya sampah plastik, agar tidak hanya ditangani…

Pemkot Jangan Sampai Tidak Peduli
Berita 08 Mar, 2018

Pemkot Jangan Sampai Tidak Peduli

Tegal – Pjs. Walikota Tegal, Drs. Akhmad Rofai, M. Si untuk kesekian kalinya menerima audiensi dari berbagai kalangan, kali ini…

Walikota Buka Acara Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM ) Tingkat Kelurahan
Berita 28 Jan, 2017

Walikota Buka Acara Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM ) Tingkat Kelurahan

FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat yang terbentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini di masyarakat, kewaspadaan masyarakat adalah…

Masyarakat Perlu Tahu Sistem Penganggaran Pemerintah
Berita 07 Feb, 2018

Masyarakat Perlu Tahu Sistem Penganggaran Pemerintah

Plt. Wali Kota Tegal, M. Nursholeh dalam Dialog interaktif dengan Warga Kelurahan Debong Tengah, Rabu (7/2) menyampaikan bahwa masyarakat perlu…

Most from this category