Ribuan Tenaga Keagamaan Kota Tegal Terima Jasa Keagamaan

Tenaga keagamaan kota Tegal, Selasa (6/8) menerima jasa tenaga keagamaan dari Pemerintah Kota Tegal, yang disalurkan melalui Kantor Kementrian Agama Kota Tegal, di Pendopo Ki Gede Sebayu Balai Kota Tegal.
Seperti disampaikan Kepala Sub Bagian Keagaaman Bagian Kesejahteraan Rakyat (Bagkesra) Setda Kota Tegal, MA Miftach Rachmat, sesuai dengan Undang-undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang mengatur bahwa urusan agama adalah merupakan urusan absolut yang kewenangananya merupakan kewenangan Pemerintah Pusat, Sehingga Pemerintah Kota Tegal dalam memberikan apresiasi kepada tenaga keagaaman diberikan melalui mekanisme hibah kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Kota Tegal sebagai instasni vertikal yang berada di daerah.
Jasa tenaga keagamaan diberikan secara simbolis oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono. Dalam sambutannya Dedy Yon Supriyono menyampaikan pihaknya merasa lega, hibah jasa tenaga keagamaan sudah bisa disalurkan.
Dedy Yon menyebutkan total tenaga keagamaan yang menerima jasa tenaga keagamaan sebanyak 2.970 orang. Pemerintah Kota Tegal menganggarkan Rp. 4.269.180.000,- setahun.
Menurut Dedy Yon jasa tenaga keagamaan ini merupakan sebuah penghormatan dan penghargaan kepada tenaga keagamaan di kota Tegal, namun tentunya jika dibandingkan dengan pengorbanan dan pengabdian tenaga keagamaan tidak akan seimbang atau sebanding.
Dedy Yon berharap, kedepan selalu ada peningkatan jasa tenaga keagamaan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.
Sementara itu, ketua penyelenggara penyaluran jasa tenaga keagamaan, Plh. Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tegal, Tohari menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tegal yang memberikan hibah jasa tenaga keagamaan melalui Kemenag Kota Tegal, ini merupakan program baru, sebelumnya di serahkan oleh Bagkesra, dan saat ini disalurkan memalui kemenang Kota Tegal.
Jasa tenaga keagamaan diberikan secara non tunai, melalui transfer ke Bank Jawa Tengah, ini yang masuk sebesar 6 bulan, atau bulan berjalan, sedangkankan untuk bulan selanjutnyanakan ditransfer setiap bulannya.
hibah dari Pemerintah Kota Tegal sebesar 4,2 M, yang sebagian besar dialokasikan untuk disalurkan ke jasa tenaga keagamaan. Penerima jasa keagamaan tahun 2019 terdiri dari: jasa tenaga keagamaan Guru TPQ sebanyak 604 orang, selama 11 bulan, sebesar Rp. 150.000 rupiah, jasa tenaga keagamaan Guru Madrasah Diniyah sejumlah 475 orang, selama 11 bulan, sebesar Rp. 150.000, -, jasa tenaga keagamaan Guru Ngaji sejumlah 500 orang, selama 11 bulan, sebesar Rp. 125.000,-, jasa tenaga keagamaan Lebe sejumlah 130 orang, selama 11 bulan, sebesar Rp. 300.000,-, Jasa tenaga keagamaan Marbot sejumlah 531 orang, selama 11 bulan, sebesar Rp. 100.000,-, Jasa tenaga keagamaan Takmir diberikan kepada 556 orang sebesar Rp. 1.000.000,-.
Dan untuk jasa tenaga keagaan Rohaniawan akan diberikan pad bulan November 2019 kepada 175 orang sebesar Rp. 600.000,-
Sedangkan dana anggaran hibah Pemerintah Kota Tegal ini juga di alokasikan untuk Penyelenggaraan Perkemahan Santri Diniyah (Persada) dan pelaksanaan Hari Santri Nasional.

Berita Lainnya

Danlanal Tegal Terima Kunjungan Kerja Danlantamal V
Berita 01 Jul, 2019

Danlanal Tegal Terima Kunjungan Kerja Danlantamal V

TEGAL-Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tegal, Lantamal V, Koarmada II, Letkol Laut (P) Agus Haryanto,SE.,M.Tr Hanla., MM., bersama seluruh Perwira…

TBT Menjadi Saksi Bisu Pementasan Teater Sabili
Berita 25 Apr, 2017

TBT Menjadi Saksi Bisu Pementasan Teater Sabili

TEGAL – ‘’Berbohong demi kebaikan itu bukan bohong tetapi kebajikan’’ berikut adalah cuplikan dialog dalam naskah lakon Cipoa karya Putu…

Minat Magang di Jepang Makin Kuat
Berita 07 Feb, 2017

Minat Magang di Jepang Makin Kuat

TEGAL – Sudah menjadi cita-cita bagi lulusan SUPM Negeri Tegal. Dengan bekerja / magang di Jepang dapat menambah wawasan di…

Dinsos Kota Tegal Gencar Razia PGOT
Berita 28 Feb, 2018

Dinsos Kota Tegal Gencar Razia PGOT

TEGAL-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tegal gencar razia pengemis, geladangan, dan orang terlantar (PGOT). Dalam dua pekan terakhir, razia gabungan bersama…

Walikota Tegal Serahkan Calon Jamaah Haji Kloter 9 Ke PPIH Jateng
Berita 18 Jul, 2018

Walikota Tegal Serahkan Calon Jamaah Haji Kloter 9 Ke PPIH Jateng

Boyolali - Sebanyak 60 orang jamaah Calon Haji asal Kota Tegal yang tergabung dalam kloter 9 SOC bersama 295 orang…

Market Day, Siswa Dilatih Menjadi Pengusaha
Berita 16 Oct, 2019

Market Day, Siswa Dilatih Menjadi Pengusaha

Sejumlah siswa dan guru kelas SDIT Usamah sibuk menyulap halaman sekolah menjadi sebuah pasar kecil. Rabu, (16/10) mereka belajar menjadi…

Most from this category