Antisipasi Inflasi, TPID Kota Tegal Konsen Pada Biaya Transport

Biaya transport merupakan salah satu penyumbang inflasi kota Tegal, dan ini menjadi perhatian Tim Pengdali Inflasi Daerah (TPID) kota Tegal, demikian disampaikan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono sesaat setelah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2019, di Hallroom Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Kamis (25/7).
Menurutnya meskipun trend inflasi menurun tapi Kota Tegal masih mendai daerah dengan inflasi yang menjadi perhatian di provinsi Jawa Tengah bersama kabupaten Cilacap dan kota Semarang.
Ia menyampaikan seperti disampaikan Wakil Presiden Yusuf Kala dalam pengarahan pada rakor tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah harus mampu mengendalikan inflasi daerah, agar perekonomian secara umum bisa stabil.
Untuk kota Tegal, menurutnya TPID memiliki tantangan yang cukup berat. Ada beberapa hal yang menjadi perhatiam khusus, terutama terkait masalah biaya transportasi yang menyumbang cukup banyak inflasi kota Tegal. Pihaknya akan berupaya, untuk mengatasi persoalan biaya transportasi.
Senada dengah Wali Kota Tegal, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonsesia Tegal, Muhammad Taufik Amrozy menyampaikan bahwa untuk kota Tegal, Ia mengaku sudah menyusun Road map untuk penanggulangan inflasi, karakteristiknya lebih kental di masalah biaya transport dan bahan makanan terutama daging.
Kedepan, Ia menyampaikan harus lebih fokus lagi untuk melihat bagaimana pengendalian inflasi dibidang transportasi ini khusunya yang merupakan kewenangan daerah, meskipun mmenurutnya terkait kebijakan transportasibini biasanya merupakan kebijakan pemerintah pusat, namun Ia mengampaikan akan berkoordinasi sengan pemerintah daerah bukan hanya Pemerintah kota Tegal, namun juga pemerintah sekitar Kota Tegal untuk mencarikan solusinya.
Menurutnya angka inflasi yang ada di kota Tegal, dari tahun ke tahun kemakin menunjukan trend menurun, dan kita patut bersyukur bahwa angka inflasi tersebut bisa ditekan berkat sinnergitas semua pihak, dari segenap stakeholder yang ada, baik Pemerintah kota Tegal dan Bank Indonesia bahu membahu, mencari solusi bagaimana menekan angka inflasi.
Dari data TPIP, Angka inflasi kota Tegal tahun 2014 sampai saat ini dalam % Year of year 2014 sebesar 7.41 %, 2015 sebesar 3.95 %, 2016 sebesar 2.71 %, 2017 sebesar 4.03 %, 2018 sebesar 3.08 % dan di tahun 2019 sampai dengan bulan Juni 2019 tercatat 1.66 %.

Berita Lainnya

Isi Ramadhan, Pemkot Adakan Kuliah Dhuha untuk Pelajar
Berita 13 May, 2019

Isi Ramadhan, Pemkot Adakan Kuliah Dhuha untuk Pelajar

Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan Ramadhan 1440 H, Pemerintah Kota Tegal, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tegal dan…

Tetap Junjung Sportivitas Popda
Berita 22 Feb, 2017

Tetap Junjung Sportivitas Popda

TEGAL- Pagi ini (22/2), suasana nampak berbeda di Gor Wisanggeni Tegal. Ratusan orang berduyun-duyun mulai berdatangan. Ada yang menggunakan sepeda…

DKP Himbau Hewan Yang Dijual Miliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan
Berita 07 Aug, 2017

DKP Himbau Hewan Yang Dijual Miliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan

TEGAL- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Tegal menghimbau kepada para peternak dan penjual hewan kurban agar kambing atau sapi…

Nelayan Tidak Keberatan Adanya Pengukuran Ulang Kapal
Berita 29 Jul, 2017

Nelayan Tidak Keberatan Adanya Pengukuran Ulang Kapal

TEGAL- Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan A. Tonny Budiono menyampaikan bahwa pengukuran ulang dan verifikasi kapal memberikan manfaat bagi nelayan…

Walikota Dorong Peningkatan Produk Lokal Pada Pengadaan Barang / Jasa
Berita 06 Nov, 2019

Walikota Dorong Peningkatan Produk Lokal Pada Pengadaan Barang / Jasa

Jakarta - Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono, SE. MM berkomitmen untuk mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri /lokal dalam…

Ibunda Habib Tohir Alkaff Meninggal Dunia
Berita 01 Mar, 2018

Ibunda Habib Tohir Alkaff Meninggal Dunia

Syarifah Gamar Binti Agil Al Atas ibunda dari Habib Thohir Bin Abdullah Al kaff, meninggal dunia, pada usia ke 83…

Most from this category