Peserta KKN Diharapkan Berkontribusi Dalam Pemberdayaan Masyarakat.

Tegal – sebanyak 121 orang mahasiswa dan 7 orang dosen pendamping mengikuti Penerjunan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Universitas Pancasakti Kota Tegal di Kota Tegal tahun 2019, hal ini terungkap ketika Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, ST. MM secara resmi membuka acara penerimaan KKN UPS Tegal, Senin, 22 Juli 2019 di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Tegal.

Sebagaimana di ketahui Kuliah Kerja Nyata adalah program intrakurikuler yang merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mempunyai tujuan utama adalah untuk membina calon sarjana sebagai penerus pembangunan yang menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Disampaikan oleh Rektor UPS Tegal, Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Pd yang mengatakan bahwa secara khusus tujuan KKN adalah meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat, menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah, mendekatkan UPS Tegal dengan masyarkat, membantu pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan khususnya pemberdayaan masyarakat dan mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu dan antar lembaga.

“Tema KKN UPS Tegal tahun 2019 di Kota Tegal yaitu “Daya Sakti” dan direncanakan akan dilaksanakan dari tanggal 22 juli sampai dengan 5 september 2019,” ucap Burhan.

Lebih lanjut, burhan juga menambahkan KKN Daya Sakti (Pemberdayaan Masyarakat Melalui KKN Pancasakti) adalah kegiatan KKN dengan suatu muatan tambahan yang mengarah lima (5) pilar yaitu Pilar lingkungan, pilar kesehatan, pilar ekonomi, pilar pendidikan dan pilar berkepribadian Pancasila yang diharapkan tiap kelompok mahasiswa dapat menerapkan ke lima pilar tersebut disamping menghasilkan kegiatan unggulan yang berdampak luas bagi masyarakat, misalnya Teknologi Tepat Guna.

Sementara itu disampaikan oleh Jumadi semoga dengan kegiatan KKN, para mahasiswa dan mahasiswi UPS ini dapat menjadi penerus pembangunan yang dapat menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat sehingga dapat meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat.

Karena hanya dengan bekerja dan berbaur langsung di tengan masyarakat, para mahasiswa penerus bangsa ini dapat dengan langsung merasakan dan memahami permasyalahan-permasalahan yang ada di masyarakat sehingga dapat mencari  solusi pemecahan yang paling tepat.

Jumadi juga menyampaikan bahwa mahasiswa dan mahasiswi peserta KKN ini nantinya akan berada di lingkungan yang mungkin berbeda dari lingkungan tempat para peserta biasa tinggal dan berkegiatan.

“Hendaknya para peserta dapat beradaptasi dan berbaur dengan lingkungan yang baru ini sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam pemberdayaan masyarakat tempat para peserta sekalian melaksanakan kegiatan KKN” ucap Jumadi.

Diahkir sambutan Jumadi berpesan kepada peserta kegiatan KKN ini untuk senantiasa menjaga diri dan sikap dalam menjalankan setiap kegiatan KKN.

“Jangan sampai mahasiswa dan mahasiswi yang terhormat ini melakukan tindakan atau terlibat dengan kegiatan yang melanggar norma agama dan kesusilaan yang ada di masyarakat sehingga mencemarkan nama baik diri sendiri, keluarga dan juga nama baik Universitas Pancasakti Tegal.”pesan Jumadi.

Berita Lainnya

Lanal Tegal Gelar Bakti Sosial Kesehatan Berupa Donor Darah.
Berita 30 Nov, 2017

Lanal Tegal Gelar Bakti Sosial Kesehatan Berupa Donor Darah.

TEGAL - Dalam rangka memperingati Hari Armada Tahun 2107 Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal bekerja sama dengan pihak PMI Kota…

Kelurahan Mintaragen Raih Juara dalam Festival Kuliner Tegal Tempo Doeloe
Berita 13 May, 2017

Kelurahan Mintaragen Raih Juara dalam Festival Kuliner Tegal Tempo Doeloe

TEGAL – Pelaksanaan Festival Seni Budaya dan Kuliner Tegal Tempo Doeloe yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal…

Haji Mabrur Dapat Terimplementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari
Berita 02 Oct, 2017

Haji Mabrur Dapat Terimplementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tegal – Acara Tasyukuran Haji jamaah haji Kota Tegal yang tergabung dalam kloter 55 Embarkasi dan Debarkasi Solo digelar di…

Puluhan Pol PP Dilatih Padamkan Api
Berita 04 Sep, 2017

Puluhan Pol PP Dilatih Padamkan Api

TEGAL-Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja, petugas kebersihan dan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Tegal dilatih, dibekali ilmu pemadam api…

Lokasi Sementara Pedagang Siap Ditempati
Berita 18 Apr, 2017

Lokasi Sementara Pedagang Siap Ditempati

TEGAL- Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal bakal renovasi pasar Kejambon. Rencana itu ditanggapi positif oleh  pedagang yang menyatakan…

Walikota : Cantrang Tidak Merusak Lingkungan
Berita 25 Jul, 2017

Walikota : Cantrang Tidak Merusak Lingkungan

Di tengah pro-kontra pelarangan cantrang, Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno menyatakan bahwa cantrang tidak merusak lingkungan.Dia berharap tidak ada larangan…

Most from this category