Peserta KKN Diharapkan Berkontribusi Dalam Pemberdayaan Masyarakat.

Tegal – sebanyak 121 orang mahasiswa dan 7 orang dosen pendamping mengikuti Penerjunan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Universitas Pancasakti Kota Tegal di Kota Tegal tahun 2019, hal ini terungkap ketika Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, ST. MM secara resmi membuka acara penerimaan KKN UPS Tegal, Senin, 22 Juli 2019 di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Tegal.

Sebagaimana di ketahui Kuliah Kerja Nyata adalah program intrakurikuler yang merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mempunyai tujuan utama adalah untuk membina calon sarjana sebagai penerus pembangunan yang menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Disampaikan oleh Rektor UPS Tegal, Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Pd yang mengatakan bahwa secara khusus tujuan KKN adalah meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat, menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah, mendekatkan UPS Tegal dengan masyarkat, membantu pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan khususnya pemberdayaan masyarakat dan mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu dan antar lembaga.

“Tema KKN UPS Tegal tahun 2019 di Kota Tegal yaitu “Daya Sakti” dan direncanakan akan dilaksanakan dari tanggal 22 juli sampai dengan 5 september 2019,” ucap Burhan.

Lebih lanjut, burhan juga menambahkan KKN Daya Sakti (Pemberdayaan Masyarakat Melalui KKN Pancasakti) adalah kegiatan KKN dengan suatu muatan tambahan yang mengarah lima (5) pilar yaitu Pilar lingkungan, pilar kesehatan, pilar ekonomi, pilar pendidikan dan pilar berkepribadian Pancasila yang diharapkan tiap kelompok mahasiswa dapat menerapkan ke lima pilar tersebut disamping menghasilkan kegiatan unggulan yang berdampak luas bagi masyarakat, misalnya Teknologi Tepat Guna.

Sementara itu disampaikan oleh Jumadi semoga dengan kegiatan KKN, para mahasiswa dan mahasiswi UPS ini dapat menjadi penerus pembangunan yang dapat menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat sehingga dapat meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat.

Karena hanya dengan bekerja dan berbaur langsung di tengan masyarakat, para mahasiswa penerus bangsa ini dapat dengan langsung merasakan dan memahami permasyalahan-permasalahan yang ada di masyarakat sehingga dapat mencari  solusi pemecahan yang paling tepat.

Jumadi juga menyampaikan bahwa mahasiswa dan mahasiswi peserta KKN ini nantinya akan berada di lingkungan yang mungkin berbeda dari lingkungan tempat para peserta biasa tinggal dan berkegiatan.

“Hendaknya para peserta dapat beradaptasi dan berbaur dengan lingkungan yang baru ini sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam pemberdayaan masyarakat tempat para peserta sekalian melaksanakan kegiatan KKN” ucap Jumadi.

Diahkir sambutan Jumadi berpesan kepada peserta kegiatan KKN ini untuk senantiasa menjaga diri dan sikap dalam menjalankan setiap kegiatan KKN.

“Jangan sampai mahasiswa dan mahasiswi yang terhormat ini melakukan tindakan atau terlibat dengan kegiatan yang melanggar norma agama dan kesusilaan yang ada di masyarakat sehingga mencemarkan nama baik diri sendiri, keluarga dan juga nama baik Universitas Pancasakti Tegal.”pesan Jumadi.

Berita Lainnya

BPBD Himbau Masyarakat Hindari Pemicu Kebakaran
Berita 01 Aug, 2017

BPBD Himbau Masyarakat Hindari Pemicu Kebakaran

TEGAL- Kepala Badan Penanggulangan Daerah Kota Tegal Imam Sofwan melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik Andri Yudi menyampaikan masyarakat dihimbau untuk…

SMP Ihsaniyah Selenggarakan Simulasi Pemadanan Api
Berita 02 Feb, 2019

SMP Ihsaniyah Selenggarakan Simulasi Pemadanan Api

Tegal – Sebanyak 325 siswa SMP Ihsaniyah Tegal mengikuti Pelaksanaan Pendekatan Satuan Pendidikan Aman Bencana. Dalam giat tersebut siswa diberikan…

Dinkes Gelar Lomba Jingle Hidup Sehat
Berita 06 Nov, 2017

Dinkes Gelar Lomba Jingle Hidup Sehat

TEGAL-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal gelar lomba jingle hidup sehat dalam rangka kampanye kesehatan, Senin (6/11) di aula Dinkes Kota…

Masuk Gang Tak Menyurutkan Walikota Tegal Menemui Warganya.
Berita 19 Jun, 2017

Masuk Gang Tak Menyurutkan Walikota Tegal Menemui Warganya.

Tegal – Memasuki 10 hari Terakhir di bulan Ramadan, Pemerintah Kota Tegal melalui Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno…

Persiapan HUT Bhayangkara, Polres Tegal Kota Lakukan Latihan Upacara
Berita 06 Jul, 2017

Persiapan HUT Bhayangkara, Polres Tegal Kota Lakukan Latihan Upacara

TEGAL – Dalam rangka mempersiapkan peringatan  HUT Bhayangkara ke 71, Polres Tegal Kota melalukan latihan upacara di Alun-alun Kota Tegal…

Pemkot Tegal Gelar Workshop Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja
Berita 03 May, 2017

Pemkot Tegal Gelar Workshop Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja

TEGAL-Tim teknis penyusunan analisis jabatan dan beban kerja mengikuti workshop Penyusunan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja Perangkat Daerah di…

Most from this category