Tegal Children Festival, Mewujudkan Kota Tegal yang Nyaman dan Tenang Bagi Anak

Tegal – Tegal Children Festival yang digelar oleh SPASI, Minggu (30/6) malam berlangsung meriah dan penuh keakraban diantara anak-anak yang hadir. SPASI yang diinisiasi oleh sutradara Film Turah Wicaksono Wisnu Legowo kali ini menyuguhkan kegiatan tindaklanjut dari kelas kreativ yakni dari kelas menggambar dan kelas akting.

Anak-anak kelas menggambar memamerkan seluruh hasil karya warna dan lukisnya dimana selama kurang lebih empat bulan berlatih. Begitu juga dengan kelas akting, peserta kelas akting berhasil mewujudkan kreasinya dengan memproduksi film pendek berjudul ‘’Pulau Kodok’’ Produksi Sinema Pantura yang disutradarai oleh Jaka Romadon.

Jaka selaku sutradara sekaligus penulis skenario mengungkapkan bahwa Film Pulau Kodok bercerita tentang sekumpulan anak-anak madrasah yang diajak piknik oleh guru mengajinya ke Pulau Kodok. Mereka bermain petak umpet pada sore sebelumnya. Dalam permainan itu, ada satu anak yang ternyata memiliki tujuan berbeda. Bukan sekadar menyelesaikan permainan, Ia mengajak teman-teman yang lain bertaruh untuk menyerahkan bekal makanan yang akan dibawa saat piknik ke Pulau Kodok.

‘’Ada perbedaan disaat saya kecil, tidak seperti anak-anak sekarang, maka dengan film ini saya ingin menghadirkan kembali memori dan hal-hal yang dekat dengan masa kecil saya,’’ ujar Jaka.

Sedangkan Riandini Tri Astuti selaku koordinator kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Tegal Children Festival merupakan kegiatan yang dipersembahkan SPASI bersama masyarakat Kota Tegal untuk mewujudkan lingkungan yang lebih ramah dan bersahabat dengan anak-anak.

‘’Tegal Children Festival diharapkan dapat berjalan berkelanjutan menjadi ruang apresiasi masyarakat bagi karya dan kreatifitas anak-anak khususnya di Kota Tegal, karena harus disadari bersama bahwa pendidikan non-formal lewat seni dan kreatifitas tidak kalah penting bagi pendidikan dan perkembangan anak,’’ ungkap Tri Astuti.

Riandini Tri Astuti juga menambahkan bahwa mewujudkan kota yang nyaman dan tenang bagi anak membutuhkan proses yang tidak singkat.

‘’Perlu adanya kemitraan yang dibangun antara pemerintah dengan sektor swasta, tokoh masyarakat, tokoh adat, lembaga non-pemerintah, dan masyarakat sipil,’’ pungkasnya.

Tegal Children Festival dibuka dengan Opening “Pameran Proses” dan Premiere Film “Pulau Kodok” (30/6), ditutup Children’s Artwork dan Dongeng Berbahasa Inggris Bersama Kak Ela pada 14 Juli 2019. Pameran Proses akan dibuka selama liburan.

Sumber Foto :Anna Alfiani Meinawati

Berita Lainnya

Turnament Balap Sepeda Wali Kota Cup akan digelar 23 Desember Mendatang
Berita 18 Dec, 2017

Turnament Balap Sepeda Wali Kota Cup akan digelar 23 Desember Mendatang

Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Tegal akan menggelar lomba balap sepedaWali Kota Cup,  Creterium dan Individual Road Race (IRR)yang…

Calon Hewan Kurban Diberi Obat dan Vitamin
Berita 25 Jul, 2017

Calon Hewan Kurban Diberi Obat dan Vitamin

TEGAL-Dalam rangka mencegah penyakit cacing pita dan cacing hati pada hewan yang bakal dijadikan kurban, Dinas Kelautan dan Pertanian (DKP)…

Festival Of Light Dibuka, Ayo Nikmati Keindahan Kota Tegal Via Balon Udara
Berita 15 Dec, 2019

Festival Of Light Dibuka, Ayo Nikmati Keindahan Kota Tegal Via Balon Udara

Festival Of Light resmi dibuka Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, SE.,MM di objek wisata Pantai Alam Indah (PAI) Tegal, Sabtu…

Manusia Juga Makhluk Sosial.
Berita 23 May, 2018

Manusia Juga Makhluk Sosial.

Tegal- Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dimanfaakan oleh Pjs. Walikota Tegal Drs. Acmad Rofai, M.Si untuk lebih mendekatkan diri…

Pembukaan Rakernas APEKSI ke XIV, Airin himbau “Jaga Kebersamaan”
Berita 04 Jul, 2019

Pembukaan Rakernas APEKSI ke XIV, Airin himbau “Jaga Kebersamaan”

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) sekaligus Wali Kota Tanggerang Selatan Airin Rachmi Diany pada acara Pembukaan…

HUT PMI ke 73, Momentum Menjunjung Tinggi Solidaritas dan Semangat Kepahlawanan Relawan
Berita 17 Sep, 2018

HUT PMI ke 73, Momentum Menjunjung Tinggi Solidaritas dan Semangat Kepahlawanan Relawan

TEGAL-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke 73, Senin (17/9) di halaman Markas…

Most from this category