Tegal Children Festival, Mewujudkan Kota Tegal yang Nyaman dan Tenang Bagi Anak

Tegal – Tegal Children Festival yang digelar oleh SPASI, Minggu (30/6) malam berlangsung meriah dan penuh keakraban diantara anak-anak yang hadir. SPASI yang diinisiasi oleh sutradara Film Turah Wicaksono Wisnu Legowo kali ini menyuguhkan kegiatan tindaklanjut dari kelas kreativ yakni dari kelas menggambar dan kelas akting.

Anak-anak kelas menggambar memamerkan seluruh hasil karya warna dan lukisnya dimana selama kurang lebih empat bulan berlatih. Begitu juga dengan kelas akting, peserta kelas akting berhasil mewujudkan kreasinya dengan memproduksi film pendek berjudul ‘’Pulau Kodok’’ Produksi Sinema Pantura yang disutradarai oleh Jaka Romadon.

Jaka selaku sutradara sekaligus penulis skenario mengungkapkan bahwa Film Pulau Kodok bercerita tentang sekumpulan anak-anak madrasah yang diajak piknik oleh guru mengajinya ke Pulau Kodok. Mereka bermain petak umpet pada sore sebelumnya. Dalam permainan itu, ada satu anak yang ternyata memiliki tujuan berbeda. Bukan sekadar menyelesaikan permainan, Ia mengajak teman-teman yang lain bertaruh untuk menyerahkan bekal makanan yang akan dibawa saat piknik ke Pulau Kodok.

‘’Ada perbedaan disaat saya kecil, tidak seperti anak-anak sekarang, maka dengan film ini saya ingin menghadirkan kembali memori dan hal-hal yang dekat dengan masa kecil saya,’’ ujar Jaka.

Sedangkan Riandini Tri Astuti selaku koordinator kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Tegal Children Festival merupakan kegiatan yang dipersembahkan SPASI bersama masyarakat Kota Tegal untuk mewujudkan lingkungan yang lebih ramah dan bersahabat dengan anak-anak.

‘’Tegal Children Festival diharapkan dapat berjalan berkelanjutan menjadi ruang apresiasi masyarakat bagi karya dan kreatifitas anak-anak khususnya di Kota Tegal, karena harus disadari bersama bahwa pendidikan non-formal lewat seni dan kreatifitas tidak kalah penting bagi pendidikan dan perkembangan anak,’’ ungkap Tri Astuti.

Riandini Tri Astuti juga menambahkan bahwa mewujudkan kota yang nyaman dan tenang bagi anak membutuhkan proses yang tidak singkat.

‘’Perlu adanya kemitraan yang dibangun antara pemerintah dengan sektor swasta, tokoh masyarakat, tokoh adat, lembaga non-pemerintah, dan masyarakat sipil,’’ pungkasnya.

Tegal Children Festival dibuka dengan Opening “Pameran Proses” dan Premiere Film “Pulau Kodok” (30/6), ditutup Children’s Artwork dan Dongeng Berbahasa Inggris Bersama Kak Ela pada 14 Juli 2019. Pameran Proses akan dibuka selama liburan.

Sumber Foto :Anna Alfiani Meinawati

Berita Lainnya

Berita 27 Sep, 2017

Plt. Walikota Tegal Buka Kegiatan Sosialisasi Pajak Bermotor

TEGAL – Sosialisasi Pajak Bermotor Probram Bebas Denda dan Program Bebas BBN II (Pergub 44 tahun 2017) dan Program Sakpole…

Evie Tamala Meriahkan Malam Resepsi HUT ke-48 Korpri Kota Tegal
Berita 30 Nov, 2019

Evie Tamala Meriahkan Malam Resepsi HUT ke-48 Korpri Kota Tegal

Penyanyi dangdut senior Evie Tamala obati kerinduan penggemarnya pada malam resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-48 Korps Pegawai Republik Indonesia…

SMP Ihsaniyah Gelar Motivation Building
Berita 22 Apr, 2018

SMP Ihsaniyah Gelar Motivation Building

TEGAL - Baru-baru ini SMP Ihsaniyah Kota Tegal menggelar motivation building di SMP Ihsaniyah tepatnya jalan Sumbodro Kota Tegal. Kegiatan…

Walikota Lepas Peserta Lomba Lari 10 Km
Berita 30 Apr, 2017

Walikota Lepas Peserta Lomba Lari 10 Km

TEGAL-Puluhan atlet lari dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan DIY mengikuti lomba lari 10 Km yang digelar Dinas Pemuda,…

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari NasDem
Berita 17 Jul, 2018

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari NasDem

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 pada Selasa,…

Sesama ASN Adalah Saudara
Berita 04 Oct, 2019

Sesama ASN Adalah Saudara

Tegal - Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi, ST. MM pimpin Apel Bersama ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Jumat (4/10/2019)…

Most from this category