Uji Coba Dancing Fountain, Simulasi Song of The Sea PAI

TEGAL – Song of The Sea, sebagai program unggulan Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M. dan Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi, S.T., M.M. mulai tampak terlihat. Untuk melihat respon masyarakat terhadap Song of The Sea di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal yang rencananya dibangun tahun depan, dilaksanakan terlebih dahulu uji coba dengan pagelaran Spectaculer Show Dancing Fountain Festival of Light di PAI.

Walikota Tegal Dedy Yon secara resmi melaksanakan Soft Opening pada Rabu (29/5) malam. Menurut Walikota dalam Soft Opening tersebut juga dilaksanakan uji coba pagelaran Dancing Fountain.
“Uji coba pagelaran Dancing Fountain, sebagai simulasi tahun depan untuk pembangunan Song Of The Sea. Kita melihat bagaimana respon masyarakat terhadap acara ini,” ungkap Walikota yang didampingi Ketua PKK Kota Tegal dr. Roro Kusnabilla Erfa, Pj. Sekda Kota Tegal Drs. Imam Badarudin, dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

Dancing Fountain yang berupa air mancur yang menangkap sinar laser bertaraf internasional akan dilaksanakan Grand Opening pada tanggal 8 Juni 2019, atau tiga hari setelah lebaran dan akan berlangsung hingga 14 Juli 2019 atau sekitar 47 hari untuk memeriahkan PAI Kota Tegal.

Rencananya juga akan dilaksanakan pagelaran seni tari berbagai kebudayaan Kota Tegal sebagai wujud apresiasi kepada seniman dan budayawan Kota Tegal.

“Pagelaran Dancing Fountain akan masukan iklan-iklan Kota Tegal dan juga tempat hiburan yang ada di Koata Tegal,” kata Walikota.

Walikota mengharapkan dengan adanya Dancing Fountain ini selain sebagai simulasi Song of The Sea, Festival The Light tersebut menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Tegal. Bukan hanya warga Kota Tegal, tetapi juga warga daerah sekitar Kota Tegal hadir di Pantai Alam Indah.

“Target bisa berdampak multi komplek, masyarakat luar kota tentunya nanti akan bermalam di Kota Tegal, sehingga hotelnya ramai, kulinernya ramai, wisatawan bisa membeli makanan khas Tegal, tentu hasilnya untuk income PAD Kota Tegal,” tutur Walikota.

Penyelenggara Festival The Light Bambang Gunawan dari PT. Prima Lita Kharisma Persada Semarang, menyampaikan bahwa Dancing Fountain seharusnya mulai pada tanggal 08 Juni. Namun karena harus launching pada serentak dengan 7 provinsi lainnya di tanggal 29 Mei, jadi disamakan launchingnya.

“Untuk Tegal ini adalah yang paling nomer satunya, yang berbentuk bintang. Lainnya itu, bulan. Ini berkat kerja sama antara Walikota Tegal dan jajarannya, serta masyarakat Kota Tegal,” ungkap Bambang.

Mudah-mudahan masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya bisa memberikan inspirasi dan bisa memberikan tontonan yang menarik. Dan ini adalah yang pertama di Indonesia,” ungkap Bambang.

Menurut Bambang, Dancing Fountain menampilkan beberapa film, animasi dan kemungkinan masih menunggu Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Tegal dan jajaran Pemkot Tegal untuk menampilkan berbagai kreasi yang akan ditampilkan di Dancing Fountain selama sekitar 10-20 menit.

Selain Dancing Fountain, wahana lain juga menarik untuk dikunjung seperti berbagai lampion yag berbentuk binatang. “Kemungkinan ada tambahan wahana karena belum selesai, seperti binatang dinosaurus dan ikan yang memang belum ditampilkan,” jelas Bambang.

Sementara untuk lampu menggunakan LED yang AMDAL-nya aman bagi lingkungan karena kalau terjatuh tidak akan menimbulkan racun seperti lampu lainnya yang mengandung kandungan fosfor.

Spectaculer Show Dancing Fountain Festival of Light tersebut membutuhkan daya listrik untuk menerangi lampu-lampu sekitar 80.000 watt. Untuk dapat masuk dan menikmati berbagai wahana, pengunjung harus membeli tiket masuk yang dibanderol Rp. 30 ribu.

Adapun jadwal penayangan Dancing Founting, khusus malam hari pukul 19.00-19.30 WIB, kemudian pukul 20.00-20.30 WIB, 21.00-21.30 WIB sementara khusus malam minggu 20.30, 21.30 dan 22.30 WIB. (*)

Berita Lainnya

Nguri-nguri Seni Tradisi Balo-balo dan Rebana Kota Tegal
Berita 27 Mar, 2019

Nguri-nguri Seni Tradisi Balo-balo dan Rebana Kota Tegal

Tegal – Dalam rangka melestarikan kesenian tradisional Kota Tegal yakni kesenian balo-balo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengadakan lomba…

Disdukcapil Perekaman KTP el di SMA Ihsaniyah Tegal
Berita 17 Oct, 2018

Disdukcapil Perekaman KTP el di SMA Ihsaniyah Tegal

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal melakukan pelayanan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik ke sekolah.…

TPQ, Tempat Mencetak Generasi Islami
Berita 09 Oct, 2018

TPQ, Tempat Mencetak Generasi Islami

Tegal - Pemupukan generasi islami dapat dilakukan sedini mungkin, hal tersebut agar mampu menanamkankan sifat anak untuk cinta Al-Qur'an. Oleh…

Ngabuburit SMAN 1 Tegal
Berita 09 Jun, 2017

Ngabuburit SMAN 1 Tegal

TEGAL-Banyak cara yang dilakukan untuk mengisi waktu jelang berbuka puasa atau dikenal dengan istilah ngabuburit. Ada yang sekedar menonton televisi,…

Rencana Perubahan APBD 2019 Kota Tegal, Belanja Daerah Naik 10,11 %
Berita 13 Aug, 2019

Rencana Perubahan APBD 2019 Kota Tegal, Belanja Daerah Naik 10,11 %

Pemerintah Kota Tegal mengajukan kenaikan Balanja Daerah sebesar 10,11% pada perubahan Anggaran 2019. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tegal Dedy…

Hadir di Tegal, Ini Layanan Yang Diberikan Gojek
Berita 15 Jul, 2017

Hadir di Tegal, Ini Layanan Yang Diberikan Gojek

TEGAL-Vice President PT. Go-Jek Indonesia Dayu Dara Permata mengungkapkan ada 16 layanan yang diberikan Gojek kepada pengguna. Layanan tersebut antara…

Most from this category