Rp 5,4 Triliun Dipersiapkan Untuk Memenuhi Kebutuhan Lebaran 2019

Tegal – Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang kepada masyarakat selama bulan Ramadhan dan lebaran 2019, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal, Bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Seluruh Eks Karesidenan Pekalongan (dari Kabupaten Brebes s.d Kabupaten Batang) akan membuka layanan penukaran uang kecil bagi masyarakat.

Masyarakat tidak perlu panik untuk mendapatkan uang pecahan bagi kebutuhan Idul Fitri 1440H, karena Bank Indonesia menyediakan dalam jumlah pecahan yang cukup dan kondisi layak edar. Masyarakat dapat melakukan penukaran uang kecil yang diselenggarakan oleh Bank Umum dan BPR. Sementara Bank Indonesia hanya melayani penukaran uang kecil kepada masyarakat melalui layanan kas mobil keliling dan melayani penukaran uang yang sudah tidak layak edar yaitu uang yang ditarik dari peredaran, rusak, lusuh dan terbakar.

Penukaran uang Rupiah pada lebaran 1440H juga menjadi media Bank Indonesia dalam melaksanakan kebijakan clean money policy yaitu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menukarkan Uang Tidak Layak Edar (UTLE) karena lusuh, rusak atau cacat menjadi Uang Layak Edar (ULE) dalam pecahan yang sama atau pecahan lainnya.

Penarikan uang yang dilakukan oleh Perbankan pada ramadhan pada tahun 2019 diperkirakan mencapai Rp3,2 triliun naik Rp300 miliar dibannding realisasi tahun 2018 yang sebesar Rp2,9 triliun. Perkiraan penarikan perbankan ini tidak termasuk penarikan perbankan wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang yang dicover layanan kas titipan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Sehubungan dengan hal tersebut, untuk memenuhi kebutuhan uang pada lebaran 2019 (penarikan perbankan baik untuk pengisian ATM maupun penarikan/penukaran masyarakat) KPw BI Tegal telah menyiapkan Rp 5,4 triliun sama dengan tahun 2018.

KPw BI Tegal dan perbankan menghimbau supaya masyarakat tidak melakukan penukaran melebihi kebutuhan. Hal itu dilakukan supaya masyarakat dapat memperoleh pecahan yang merata dan dan tidak berlebihan.

KPw BI Tegal menghimbau Dinas, Instansi / SKPD yang membutuhkan layanan penukaran uang untuk melakukan penukaran secara kolektif. Tujuannya selain untuk mengurangi antrian kepada layanan masyarakat umum, juga untuk menjaga keamanan serta mengurangi potensi kriminalitas.

Kami menghimbau Masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang, selalu cermat dan teliti terhadap ciri keaslian uang Rupiah (Ingat 3D – Dilihat, Diraba, Diterawang). Masyarakat dapat melakukan penukaran di bank-bank terdekat, atau di tempat penukaran uang yang dilakukan KPw BI Tegal bersama perbankan. Masyarakat diharapkan lebih berhati-hati terhadap peredaran uang palsu, dan menghindari melakukan penukaran yang dilakukan perorangan, karena kemungkinan jumlah yang diberikan tidak sesuai dan tertukar dengan uang palsu.

BI mendorong masyarakat untuk memperlakukan dan merawat Rupiah dengan baik melalui 5 JANGAN (Jangan Dicoret, Jangan Diseteples, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi dan Jangan Dilipat).

Pada periode arus mudik lebaran 1440H, KPw BI Tegal bersama perbankan dalam mendukung program mudik lebaran tahun 2019 akan membuka layanan penukaran di rest area KM252 pada tanggal 27 & 28 Mei 2019, lokasi kegiatan pasar murah di kota Tegal. Perbankan akan membuka layanan top up melalui mobile banking maupun menyediakan outlet khusus perbankan di rest area maupun di exit tol.

Untuk kenyamanan bertransaksi, BI menghimbau masyarakat menggunakan instrumen pembayaran non tunai. Masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dalam melakukan penukaran (membawa uang) supaya terhindar bahaya perampokan. Jika melakukan penukaran dalam jumlah yang cukup besar dapat menghubungi petugas kepolisian untuk meminta pengawalan.

Berita Lainnya

6 Fraksi DPRD, Setujui RPJMD Kota Tegal 2019-2024 di Bahas Lebih Lanjut
Berita 17 Jul, 2019

6 Fraksi DPRD, Setujui RPJMD Kota Tegal 2019-2024 di Bahas Lebih Lanjut

TEGAL- Seluruh Fraksi di DPRD Kota Tegal setuju Raperda RPJMD Kota Tegal Tahun 2019 untuk dibahas lebih lanjut dialat kelengkapan.…

Wali Kota dan Tokoh Agama Serukan Persatuan Pada Perayaan Imlex 2570
Berita 09 Feb, 2019

Wali Kota dan Tokoh Agama Serukan Persatuan Pada Perayaan Imlex 2570

Pada Perayaan tahun baru Implek 2570 yang diselenggarakan oleh Majelis Agama Konghucu Indonesia (Makin) Kota Tegal, Wali Kota Tegal, M.…

TNI-Polri di Kota Tegal Olahraga Bersama
Berita 09 Nov, 2017

TNI-Polri di Kota Tegal Olahraga Bersama

TEGAL - Ratusan anggota Polri dan TNI di wilayah Kota Tegal sekitarnya melakukan olahraga bersama yang digagas oleh Polres Tegal…

Menengok Latihan Paskibra HUT RI 72 Di Alun-alun Kota Tegal.
Berita 11 Aug, 2017

Menengok Latihan Paskibra HUT RI 72 Di Alun-alun Kota Tegal.

TEGAL-Sebanyak 72 putra dan putri terbaik Kota Tegal kini tengah dilatih menjadi tim Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Mereka akan mengibarkan…

KPU Kota Tegal Ajak Masyarakat Peduli Hak Pilih
Berita 17 Oct, 2018

KPU Kota Tegal Ajak Masyarakat Peduli Hak Pilih

TEGAL-Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kota Tegal menggelar sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih 2019. Langkah tersebut untuk memastikan masyarakat yang sudah…

IDI Kota Tegal Periode 2018-2021 Resmi Dilantik
Berita 02 Mar, 2019

IDI Kota Tegal Periode 2018-2021 Resmi Dilantik

Tegal – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Tegal Periode 2018 – 2021 resmi dilantik oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI)…

Most from this category