Mewujudkan Perpusda Sebagai The Living Library

TEGAL-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal menyelenggarakan Dialog Interaktif dalam rangka memperingati Hari Pemberdayaan Perpustakaan dan Hari Buku Nasional, Jum’at, (17 Mei 2019). Kegiatan itu mengusung tema tema “Mr. Besar’s The Living Library”.

Acara yang dihadiri oleh 75-pemustaka aktif tersebut menampilkan enterpreaneur Seni Dekor Hantaran.  Santi Widowati dari Rumah Kreasi Indonesia (RKI) secara taktis mendemontrasikan betapa mudahnya mendekor boks dan barang-barang hantaran/sarahan menjadi elok. “Sangat simple, namun bernilai ekonomi tinggi,” ujar Santi.

Dialog interaktif dipandu Kabid Perpustakaan Wiluyo;. Wilu (Sapaan akrabnya) memaparkan betapa pentingnya mengubah imej dan pola pikir masyarakat, bahwa Perpusda Kota Tegal harus segera menjadi perpustakaan modern, yang tidak hanya berkutat pada persoalan pinjam-meminjam buku.

The Living Library berarti menjadikan perpustakaan sebagai inspirasi dan realitas kehidupan. Segala keilmuan yang bersumber dari buku koleksi perpustakaan, idelnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan produktif keseharian. Untuk itu diperlukan pemustaka yang terorganisir dan termenej,” terang Wilu.

Dalam dialog interaktif yang dibarengi acara buka puasa bersama tersebut, terbentuk Komunitas Pemustaka Perpusda Mr. Besar Martokoesoemo. Pemilihan pengurus berlangsung demokratis.

Enam kandidat yang mencalonkan diri, terpilih sebagai Ketua, adalah B. Tohiroh. Ketua selanjutnya diberi kesempatan seminggu untuk menyusun kepengurusan lengkap.

Sementara itu, Kepala Dinas Arpus; Moh. Afin, berharap, komunitas pemustaka yang telah terbentuk dapat berkegiatan secara aktif, inovatif dan bukan komunitas “papan nama”.

“Silakan menjadikan perpusda sebagai markas kegiatan. Bentuk kantong-kantong pemustaka sesuai dengan minat dan bakat masyarakat dan kami siap untuk menampung dan bahkan memediasi keberlanjutannya,” pungkas Afin, mengakhiri keterangannya.

Berita Lainnya

Begini Suasana Pengamanan Kantor  KPU Kota Tegal Jelang Pendaftaran Balon Walikota
Berita 08 Jan, 2018

Begini Suasana Pengamanan Kantor KPU Kota Tegal Jelang Pendaftaran Balon Walikota

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal mulai membuka pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal, Senin (8/1). Selama tiga…

TPQ, Tempat Mencetak Generasi Islami
Berita 09 Oct, 2018

TPQ, Tempat Mencetak Generasi Islami

Tegal - Pemupukan generasi islami dapat dilakukan sedini mungkin, hal tersebut agar mampu menanamkankan sifat anak untuk cinta Al-Qur'an. Oleh…

Lazis Jateng Inginkan Sinergitas dengan Pemkot Tegal
Berita 27 Feb, 2019

Lazis Jateng Inginkan Sinergitas dengan Pemkot Tegal

Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (Lazis) Jawa Tengah cabang Tegal inginkan sinergitas dengan Pemerintah kota (Pemkot) Tegal, keinginan tersebut…

“Amangkurat Mas” Gebrak Balai Kota Tegal
Berita 21 Apr, 2018

“Amangkurat Mas” Gebrak Balai Kota Tegal

Pemerintah Kota Tegal dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan sanggar Kethoprak Taruna Abdi Budaya pentaskan kethoprak dengan lakon “Amangkurat…

Milad Ke 21, BMT BUS Gelar Fun Bike
Berita 19 Nov, 2017

Milad Ke 21, BMT BUS Gelar Fun Bike

TEGAL-Dalam rangka milad ke 21, Baitul Maal wa Tamwil Bina Umat Sejahtera (BMT BUS) gelar fun bike, Minggu, (19/11) di…

Bantu Korban Gempa, IMT Walisongo Galang Dana
Berita 17 Aug, 2018

Bantu Korban Gempa, IMT Walisongo Galang Dana

TEGAL-Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Tegal (IMT) Walisongo, Semarang, melakukan penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Lombok,…

Most from this category