Pemkot Tegal Berlakukan Pembayaran Pajak Online

Pemerintah Kota Tegal kini menerapkan pembayaran pajak melalui online, hal tersebut ditandai dengan Launching dan Sosialisasi Sistem Pembayaran Pajak Daerah Kota Tegal Secara Online, oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Selasa (14/5) di Hotel Pesona Kota Tegal.
Pembayaran pajak dengan sistem online ini sudah bisa digunakan untuk pajak bulan april 2019 yang belum dibayarkan.
Wali Kota Tegal dalam sambutannya menyampaikan, bahwa saat ini kebutuhan bagi masyarakat penerima pelayanan pemerintah adalah pelayanan yang praktis, modern dan mudah. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tegal menyiapkan sistem pembayaran pajak dengan sistem online, yang tentunya akan berbeda dengan sistem manual.
Selain kemudahan bagi wajib pajak, menurutnya Pemerintah Kota Tegal juga akan lebih mudah dalam mengontrol pendapatan dibidang pajak. Dengan sistem online tersebut, Pemerintah dapat mengontrol, bukan lagi perbulan, melainkan bisa mengontrol penerimaan pajak secara real time.
Kontrol dan pengawasan bisa dilakukan setiap waktu, tidak bisa dimanipulasi, dimarkup atau di markdown.
Dedy Yon berharap Pemerintah Kota Tegal bisa bersinergi dengan wajib pajak dan akan berupaya mempermudah dalam pelayanan, khususnya dalam pembayaran Pajak.
Senada dengan Wali Kota Tegal, Wakil Wali Kota Tegal, M. Jumadi menyampaikan pembayaran pajak dengan sistem online ini merupakan salah satu rintisan smartcity, yang tujuannya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Ia berharap semua pengusaha kota Tegal bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Tegal.
“Pada prinsipnya Pemerintah tidak mau mempersulit pengusaha, bagaimana Pemerintah Kota memberi kemudahan pelayanan pembayaran pajak kepada Wajib Pajak diimbangi dengan bagaimana wajib pajak memberikan kewajibannya”, tutur Jumadi.
Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) kota Tegal, Supriyanta menyampaikan pihaknya sengaja mengundang wajib pajak dalam acara launching tersebut, untuk memberikan pemahaman tentang ketentuan dan mekanisme pelaporan pajak dan pembayaran pajak daerah secara online. Selain itu Ia berharap setelah launching pembayaran pajak dengan sistem online ini, bisa meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak daerah.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pendataan, Penetapan dan Penagihan Badan Keuangan Daerah Kota Tegal Toat Hartono, menyampaikan saat ini pelayanan pajak yang sudah bisa dilayani melalui sistem online adalah pajak self assessment, sedangkan untuk pelayanan pajak office assessment masih dalam proses untuk masukndalam sistem online.
Pelayanan pajak yang saat ini sudah bisa dilayani dengan sistem online meliputi, PBB dimana pajak ini memang sudah menggunakan sistem online sejak tahun 2016, pajak restaurant, pajak hotel, pajak parkir dan pajak hiburan.
Toat menjelaskan, bagi para wajib pajak, selain PBB, saat ini sudah bisa mengisi Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) dengan cara online sebelum tanggal 15 setiap bulannya, tidak lagi mengisi SPTPD secara manual seperti sebelumnya.
Wajib pajak yang telah diberi username dan password oleh Bakeuda, tinggal masuk ke aplikasi kemudian mengisi E-SPTPD dan setelah melanjutkan langkah-langkah berikutnya pada aplikasi tersebut nanti akan mendapatkan kode bayar E-Billing. Saat wajib sudah mendapatkan kode bayar E-Billing tinggal melakukan pembayaran.
Dengan menunjukan kode bayar e-billing tersebut, wajib pajak bisa melakukan pembayaran pajak melalui pembayaran tunai di bank Jateng, ATM atau mobile banking.
Toat berharap dengan sisten ini bisa lebih memudahkan bagi wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya, sehingga pada ujungnya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Tegal.

Berita Lainnya

PMI Bagikan Ratusan Paket Sembako
Berita 09 Jun, 2017

PMI Bagikan Ratusan Paket Sembako

TEGAL - Ratusan warga berkumpul di sejumlah titik Jumat (9/6) pagi. Mereka menunggu untuk menerima paket sembako yang dibagikan Palang…

Sosialisasi BOS Digelar
Berita 29 Mar, 2017

Sosialisasi BOS Digelar

TEGAL- Kepala Sekolah dan Bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tingkat SD dan SMP mengikuti sosialisasi BOS Tahun Anggaran 2017 di…

Wali Kota Serahkan Santunan Kematian Alm. Andi Kurniawan
Berita 08 Apr, 2019

Wali Kota Serahkan Santunan Kematian Alm. Andi Kurniawan

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris Almarhum Andi Kurniawan salah seorang Pegawai Negeri Sipil…

Buka Puasa Bersama, Pjs.Wali Kota Tegal Minta PDAM Tingkatkan Layanan.
Berita 08 Jun, 2018

Buka Puasa Bersama, Pjs.Wali Kota Tegal Minta PDAM Tingkatkan Layanan.

TEGAL- Pjs.Walikota Tegal Drs.Achmad Rofai, M.Si meminta jajaran direksi dan karyawan agar selalu meningkatkan kinerja.  Hal itu diungkapkan Rofai saat…

Wali Kota Apresiasi HUT Suara Merdeka ke 69 Tahun
Berita 24 Feb, 2019

Wali Kota Apresiasi HUT Suara Merdeka ke 69 Tahun

Tegal – Wali Kota H.M Nursoleh mengapresiasi terselenggranya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Suara Merdeka yang ke 69 tahun. Kegiatan…

Prodi D3 Teknik Komputer Studi Banding Guna Pengembangan Kurikulum
Berita 05 Apr, 2019

Prodi D3 Teknik Komputer Studi Banding Guna Pengembangan Kurikulum

TEGAL – Program Studi (Prodi) D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (PHB)memiliki visi menjadi prodi yang unggul di bidang hardware,…

Most from this category