Pemkot Tegal Berlakukan Pembayaran Pajak Online

Pemerintah Kota Tegal kini menerapkan pembayaran pajak melalui online, hal tersebut ditandai dengan Launching dan Sosialisasi Sistem Pembayaran Pajak Daerah Kota Tegal Secara Online, oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Selasa (14/5) di Hotel Pesona Kota Tegal.
Pembayaran pajak dengan sistem online ini sudah bisa digunakan untuk pajak bulan april 2019 yang belum dibayarkan.
Wali Kota Tegal dalam sambutannya menyampaikan, bahwa saat ini kebutuhan bagi masyarakat penerima pelayanan pemerintah adalah pelayanan yang praktis, modern dan mudah. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tegal menyiapkan sistem pembayaran pajak dengan sistem online, yang tentunya akan berbeda dengan sistem manual.
Selain kemudahan bagi wajib pajak, menurutnya Pemerintah Kota Tegal juga akan lebih mudah dalam mengontrol pendapatan dibidang pajak. Dengan sistem online tersebut, Pemerintah dapat mengontrol, bukan lagi perbulan, melainkan bisa mengontrol penerimaan pajak secara real time.
Kontrol dan pengawasan bisa dilakukan setiap waktu, tidak bisa dimanipulasi, dimarkup atau di markdown.
Dedy Yon berharap Pemerintah Kota Tegal bisa bersinergi dengan wajib pajak dan akan berupaya mempermudah dalam pelayanan, khususnya dalam pembayaran Pajak.
Senada dengan Wali Kota Tegal, Wakil Wali Kota Tegal, M. Jumadi menyampaikan pembayaran pajak dengan sistem online ini merupakan salah satu rintisan smartcity, yang tujuannya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Ia berharap semua pengusaha kota Tegal bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Tegal.
“Pada prinsipnya Pemerintah tidak mau mempersulit pengusaha, bagaimana Pemerintah Kota memberi kemudahan pelayanan pembayaran pajak kepada Wajib Pajak diimbangi dengan bagaimana wajib pajak memberikan kewajibannya”, tutur Jumadi.
Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) kota Tegal, Supriyanta menyampaikan pihaknya sengaja mengundang wajib pajak dalam acara launching tersebut, untuk memberikan pemahaman tentang ketentuan dan mekanisme pelaporan pajak dan pembayaran pajak daerah secara online. Selain itu Ia berharap setelah launching pembayaran pajak dengan sistem online ini, bisa meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak daerah.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pendataan, Penetapan dan Penagihan Badan Keuangan Daerah Kota Tegal Toat Hartono, menyampaikan saat ini pelayanan pajak yang sudah bisa dilayani melalui sistem online adalah pajak self assessment, sedangkan untuk pelayanan pajak office assessment masih dalam proses untuk masukndalam sistem online.
Pelayanan pajak yang saat ini sudah bisa dilayani dengan sistem online meliputi, PBB dimana pajak ini memang sudah menggunakan sistem online sejak tahun 2016, pajak restaurant, pajak hotel, pajak parkir dan pajak hiburan.
Toat menjelaskan, bagi para wajib pajak, selain PBB, saat ini sudah bisa mengisi Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) dengan cara online sebelum tanggal 15 setiap bulannya, tidak lagi mengisi SPTPD secara manual seperti sebelumnya.
Wajib pajak yang telah diberi username dan password oleh Bakeuda, tinggal masuk ke aplikasi kemudian mengisi E-SPTPD dan setelah melanjutkan langkah-langkah berikutnya pada aplikasi tersebut nanti akan mendapatkan kode bayar E-Billing. Saat wajib sudah mendapatkan kode bayar E-Billing tinggal melakukan pembayaran.
Dengan menunjukan kode bayar e-billing tersebut, wajib pajak bisa melakukan pembayaran pajak melalui pembayaran tunai di bank Jateng, ATM atau mobile banking.
Toat berharap dengan sisten ini bisa lebih memudahkan bagi wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya, sehingga pada ujungnya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Tegal.

Berita Lainnya

Dedy Yon Blusukan ke Pasar Pagi Cek Harga Kebutuhan Pokok
Berita 14 May, 2019

Dedy Yon Blusukan ke Pasar Pagi Cek Harga Kebutuhan Pokok

TEGAL - Bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono blusukan ke Pasar…

Temui Warga Kalkul Kang Nur Tegaskan Dana Operasional RT/RW Tetap Diberikan
Berita 05 Oct, 2017

Temui Warga Kalkul Kang Nur Tegaskan Dana Operasional RT/RW Tetap Diberikan

TEGAL – Terkait beredarnya informasi dana operasional RT/RW yang akan dihapus, Plt. Walikota Tegal menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar…

Chaeril Cahyo Nugroho Juara Pencak Silat Popda Tingkat SD/MI
Berita 28 Feb, 2017

Chaeril Cahyo Nugroho Juara Pencak Silat Popda Tingkat SD/MI

TEGAL – Perhelatan Popda Tingakat Kota Tegal cabang olahraga Pencak Silat yang diselenggarakan sejak tanggal 23–26 Februari 2017 di ruang…

MUSREMBANG Kecamatan Tegal Timur
Berita 06 Feb, 2017

MUSREMBANG Kecamatan Tegal Timur

TEGAL – Musrenbang adalah forum publik perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, pemerintah kota/kabupaten bekerjasama…

Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kota Tegal Dilantik
Berita 25 Apr, 2019

Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kota Tegal Dilantik

TEGAL-Pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal Masa Bhakti 2019-2024 berlangsung di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek…

Kontingen Kota Tegal untuk Porprov Jateng 2018, dikukuhkan
Berita 28 Sep, 2018

Kontingen Kota Tegal untuk Porprov Jateng 2018, dikukuhkan

Kontingen Atlet Kota Tegal untuk Pekan Olah Raga Provinsi Jawa Tengah 2018 dikukuhkan. Pengujuhan dilakukan langsung oleh Wali Kota Tegal,…

Most from this category