Sidak Pasar, Daging Sapi dan Ayam Layak Dikonsumsi

TEGAL-Tim gabungan Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal, Satpol PP, Dinkop UKM dan Perdagangan, Dinkes dan Polres Tegal Kota menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional, Kamis (8/5) pagi.

Tim gabungan tersebut menyasar empat pasar yakni Pasar Kejambon, Pasar Randugunting, Pasar Bandung dan Pasar Muaraanyar. Mereka memastikan stok daging yang dijual aman dan layak untuk dikonsumsi.

Di Pasar Kejambon tim gabungan memeriksa 11 pedagang daging. Satu persatu diperiksa, kadar air, kekenyalan, warna, aroma dan lainnya. Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Vetriner drh. Liza Atikah mengungkapkan, hasil sidak di Pasar Kejambon, secara kasat mata dari kekenyalan, warna, bau, itu semua normal.

“Artinya tidak ada sesuatu yang mengarah ke daging busuk, ayam tiren. Hal itu tidak ditemukan. Walaupun masih ditemukan daging ayam yang dipotong kemarin. Secara umum di Pasar Kejambon aman dan layak dikonsumsi,” ujar drh. Liza.

Pada kesempatan tersebut, masyarakat juga diedukasi cara memilih daging dan hati. Drh. Liza menuturkan, kalau memilih hati yang mulus, memilih daging jangan yang berair, sebab dikhawatirkan daging gelonggongan.

Memilih daging ayam juga harus jeli, terutama pada pemotongannya harus yang benar. Jangan hanya bolong sedikit (pada leher) karena, itu tidak halal. Syarat pemotongan yang halal terpotong tiga urat yakni vena, arteri dan syaraf.

“Kita Juga mengedukasi para pedagang cara memotong yang benar, jangan sampai menjual daging ayam yang tidak halal,” imbuh drh. Liza.

Sementara itu, Kepala DKPPP Kota Tegal Noor Foadi melalui Kepala Bidang Perenakan Heru Prasetya menuturkan selama ramadhan menyasar 8 kali pemantauan. DKPPP melibatkan stakeholder terkait untuk menjamin bahan pangan dari hewan tersebut Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH).

“Edukasi kita tidak hanya ke pedagang, tetapi juga ke konsumen supaya cerdas, pintar dalam memilih bahan pangan dari ternak, daging ayam, sapi, juga daging kerbau yang ASUH,” pungkas Heru.

Berita Lainnya

Film Turah Raih Skenario Tebaik dalam Festival Film Tempo 2017
Berita 28 Nov, 2017

Film Turah Raih Skenario Tebaik dalam Festival Film Tempo 2017

TEGAL -  Skenario terbaik dalam ajang Festival Film Tempo 2017 diraih oleh Film Turah yang ditulis oleh Wicaksono Wisnu Legowo…

Walikota Dorong Peningkatan Produk Lokal Pada Pengadaan Barang / Jasa
Berita 06 Nov, 2019

Walikota Dorong Peningkatan Produk Lokal Pada Pengadaan Barang / Jasa

Jakarta - Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono, SE. MM berkomitmen untuk mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri /lokal dalam…

Kota Tegal Dianugerahi Kota Peduli HAM
Berita 18 Dec, 2018

Kota Tegal Dianugerahi Kota Peduli HAM

Kota Tegal kembali mendapat penghargaan, berupa anugerah Kota Peduli Hak Azazi Manusia (HAM) dari Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia,…

Tiga Pejabat Kabupaten Tegal Ikuti Lelang Jabatan Eselon II Kota Tegal
Berita 04 Dec, 2017

Tiga Pejabat Kabupaten Tegal Ikuti Lelang Jabatan Eselon II Kota Tegal

Tiga orang pejabat dari kabupaten Tegal, mengikuti lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Kota Tegal, ketiga pejabat tersebut…

BI Layani Penukaran Uang Tak Layak Edar
Berita 25 Jan, 2017

BI Layani Penukaran Uang Tak Layak Edar

TEGAL-Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tegal melayani penukaran uang rusak dan lusuh yang tidak layak edar di masyarakat. Hal ini dimaksudkan…

Dinkes Gelar Lomba Balita Sehat
Berita 26 Apr, 2017

Dinkes Gelar Lomba Balita Sehat

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal menggelar lomba Balita Sehat Tingkat Kota tahun 2017, Rabu (26/4) di lobi Dinas Kesehatan Kota Tegal,…

Most from this category