Sidak Pasar, Daging Sapi dan Ayam Layak Dikonsumsi

TEGAL-Tim gabungan Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal, Satpol PP, Dinkop UKM dan Perdagangan, Dinkes dan Polres Tegal Kota menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional, Kamis (8/5) pagi.

Tim gabungan tersebut menyasar empat pasar yakni Pasar Kejambon, Pasar Randugunting, Pasar Bandung dan Pasar Muaraanyar. Mereka memastikan stok daging yang dijual aman dan layak untuk dikonsumsi.

Di Pasar Kejambon tim gabungan memeriksa 11 pedagang daging. Satu persatu diperiksa, kadar air, kekenyalan, warna, aroma dan lainnya. Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Vetriner drh. Liza Atikah mengungkapkan, hasil sidak di Pasar Kejambon, secara kasat mata dari kekenyalan, warna, bau, itu semua normal.

“Artinya tidak ada sesuatu yang mengarah ke daging busuk, ayam tiren. Hal itu tidak ditemukan. Walaupun masih ditemukan daging ayam yang dipotong kemarin. Secara umum di Pasar Kejambon aman dan layak dikonsumsi,” ujar drh. Liza.

Pada kesempatan tersebut, masyarakat juga diedukasi cara memilih daging dan hati. Drh. Liza menuturkan, kalau memilih hati yang mulus, memilih daging jangan yang berair, sebab dikhawatirkan daging gelonggongan.

Memilih daging ayam juga harus jeli, terutama pada pemotongannya harus yang benar. Jangan hanya bolong sedikit (pada leher) karena, itu tidak halal. Syarat pemotongan yang halal terpotong tiga urat yakni vena, arteri dan syaraf.

“Kita Juga mengedukasi para pedagang cara memotong yang benar, jangan sampai menjual daging ayam yang tidak halal,” imbuh drh. Liza.

Sementara itu, Kepala DKPPP Kota Tegal Noor Foadi melalui Kepala Bidang Perenakan Heru Prasetya menuturkan selama ramadhan menyasar 8 kali pemantauan. DKPPP melibatkan stakeholder terkait untuk menjamin bahan pangan dari hewan tersebut Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH).

“Edukasi kita tidak hanya ke pedagang, tetapi juga ke konsumen supaya cerdas, pintar dalam memilih bahan pangan dari ternak, daging ayam, sapi, juga daging kerbau yang ASUH,” pungkas Heru.

Berita Lainnya

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari Demokrat
Berita 17 Jul, 2018

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari Demokrat

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) Duntuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 pada Selasa,…

Pastikan Kesiapan Mudik, Mobil Ambulan Dicek
Berita 14 Jun, 2017

Pastikan Kesiapan Mudik, Mobil Ambulan Dicek

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal memastikan 15 armada ambulan dan 2 unit ambulan motor siap digunakan saat musim mudik lebaran tahun…

Walikota Tegal Hadir pada Pantai Alam Indah Berzikir
Berita 12 Apr, 2017

Walikota Tegal Hadir pada Pantai Alam Indah Berzikir

TEGAL – Penyelenggaraan Dzikir Akbar dalam Haul Akbar Imam Asy-Syafi’i R.A yang di selenggarakan di Pantai Alam Indah Kota Tegal…

Press Screening dan Press Conference Film Turah di Jakarta
Berita 06 Aug, 2017

Press Screening dan Press Conference Film Turah di Jakarta

Jakarta - Press Screening and Press Conference Film Turah produksi Fourcolours Films yang di gelar pada Minggu (6/8) malam  di…

Walikota Tegal Hadiri Inauguration TKCI Kota Tegal
Berita 27 Mar, 2017

Walikota Tegal Hadiri Inauguration TKCI Kota Tegal

TEGAL – Bravo TKCI…..bravo TKCI…., Nampak serempak menyeru di area PPIB Tegal. Dimana sedang diadakan sebuah kegiatan Inauguration Toyota Kijang…

BOP RT dan RW Cair, Warga Diminta Membantu Persiapan Pileg dan Pilpres
Berita 09 Oct, 2018

BOP RT dan RW Cair, Warga Diminta Membantu Persiapan Pileg dan Pilpres

Tegal - Bantuan operasional Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) telah dicairkan di Pendapa Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur.…

Most from this category