Sidak Pasar, Daging Sapi dan Ayam Layak Dikonsumsi

TEGAL-Tim gabungan Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal, Satpol PP, Dinkop UKM dan Perdagangan, Dinkes dan Polres Tegal Kota menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional, Kamis (8/5) pagi.

Tim gabungan tersebut menyasar empat pasar yakni Pasar Kejambon, Pasar Randugunting, Pasar Bandung dan Pasar Muaraanyar. Mereka memastikan stok daging yang dijual aman dan layak untuk dikonsumsi.

Di Pasar Kejambon tim gabungan memeriksa 11 pedagang daging. Satu persatu diperiksa, kadar air, kekenyalan, warna, aroma dan lainnya. Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Vetriner drh. Liza Atikah mengungkapkan, hasil sidak di Pasar Kejambon, secara kasat mata dari kekenyalan, warna, bau, itu semua normal.

“Artinya tidak ada sesuatu yang mengarah ke daging busuk, ayam tiren. Hal itu tidak ditemukan. Walaupun masih ditemukan daging ayam yang dipotong kemarin. Secara umum di Pasar Kejambon aman dan layak dikonsumsi,” ujar drh. Liza.

Pada kesempatan tersebut, masyarakat juga diedukasi cara memilih daging dan hati. Drh. Liza menuturkan, kalau memilih hati yang mulus, memilih daging jangan yang berair, sebab dikhawatirkan daging gelonggongan.

Memilih daging ayam juga harus jeli, terutama pada pemotongannya harus yang benar. Jangan hanya bolong sedikit (pada leher) karena, itu tidak halal. Syarat pemotongan yang halal terpotong tiga urat yakni vena, arteri dan syaraf.

“Kita Juga mengedukasi para pedagang cara memotong yang benar, jangan sampai menjual daging ayam yang tidak halal,” imbuh drh. Liza.

Sementara itu, Kepala DKPPP Kota Tegal Noor Foadi melalui Kepala Bidang Perenakan Heru Prasetya menuturkan selama ramadhan menyasar 8 kali pemantauan. DKPPP melibatkan stakeholder terkait untuk menjamin bahan pangan dari hewan tersebut Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH).

“Edukasi kita tidak hanya ke pedagang, tetapi juga ke konsumen supaya cerdas, pintar dalam memilih bahan pangan dari ternak, daging ayam, sapi, juga daging kerbau yang ASUH,” pungkas Heru.

Berita Lainnya

Nguri-Uri Budaya dengan Upacara Bahasa Tegalan
Berita 12 Apr, 2018

Nguri-Uri Budaya dengan Upacara Bahasa Tegalan

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Jadi Ke-438 Kota Tegal, yang dilaksanakan di lapangan Alun-alun Kota Tegal, Kamis (12/4) dengan menggunakan bahasa…

Hadir di Tegal, Ini Layanan Yang Diberikan Gojek
Berita 15 Jul, 2017

Hadir di Tegal, Ini Layanan Yang Diberikan Gojek

TEGAL-Vice President PT. Go-Jek Indonesia Dayu Dara Permata mengungkapkan ada 16 layanan yang diberikan Gojek kepada pengguna. Layanan tersebut antara…

Perekaman KTP el di Kota Tegal Capai 250.101
Berita 19 Oct, 2017

Perekaman KTP el di Kota Tegal Capai 250.101

TEGAL-Hingga Oktober 2017, data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mencatat 205.101 telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.…

Warga Slerok Syukuran Atas Suksesnya Asian Games
Berita 05 Sep, 2018

Warga Slerok Syukuran Atas Suksesnya Asian Games

TEGAL – Gapura Asian Games dengan tema Energy dan Semangat Slerok telah menjadi juara harapan 1 tingkat nasional. Atas torehan…

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari Partai Perindo
Berita 17 Jul, 2018

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari Partai Perindo

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) Duntuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 pada Selasa,…

KPU Kota Tegal Kupas Tuntas UU Pemilu
Berita 27 Nov, 2017

KPU Kota Tegal Kupas Tuntas UU Pemilu

TEGAL-KPU Kota Tegal gelar seminar bertajuk Kupas Tuntas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Senin (27/11) di hotel…

Most from this category