Peran Akuntan di Era 4.0

TEGAL – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) D3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama mengadakan Seminar Nasional Challenging 4.0 With Skills di Aula Gedung C, Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama (30/4).

Di era Revolusi Industri pekerjaan digantikan oleh robot termasuk dunia akuntansi. Kolaborasi dunia pendidikan dengan dunia bisnis diperlukan untuk menemukan titik temu kebutuhan Sumber Daya Manusia.

“Peran akuntan di era 4.0 yaitu akuntan harus bermitra dengan teknologi. Teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi akuntansi” ucap Sudirman Said Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Periode 2014-2016 dalam acara tersebut.

“Seorang akuntan juga harus pandai analisis data, menyediakan wawasan atas data, cek kualitas data, analisis stastitik, dan interpretasi olah data. Dan akuntan sebagai konsultan strategi pengelolaan keuangan perusahaan,” tambahnya.

Kepala Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Tengah Dr. Muhammad Ja’far Shodiq, SE, SSi, MSi, Ak, CA, CSRA, ACPA menambahkan bahwa Revolusi Industri merupakan perubahan besar besaran di berbagai bidang yang dapat mempengaruhi secara mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, budaya dan bahkan Politik.

“Dalam dunia pendidikan semua itu juga berkaitan dengan cost of labour, cost of capital, cost of technology oleh sektor industri yang dapat disediakan oleh dunia pendidikan. Agar nantinya Perguruan Tinggi menghasilkan program studi yang bersifat adhoc”, kata Muhammad Ja’far.

Hadir dalam acara Ketua Yayasan Pendidikan Harapan Bersama Khafdillah MS, S.Kom., SH, MH, Direktur Politeknik Harapan Bersama Mc. Chambali, B.Eng., E.E., M.Kom dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal Basuki S.E., M. M.

Sudirman Said menambahkan bahwa materialisme dan serba mesin telah memacu kita untuk mengesampingkan esensi kemanusiaan. “Bahkan saat ini kejujuran, keadilan, sensitivitas kemanusiaan yang seharusnya menjadi tema utama penyelenggara negara sedang mengalami penurunan,” tegasnya.

Sudirman Said mengaku terinspirasi dari sosok Bung Hatta. Ia percaya bahwa jika kita kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun, jika kita tidak jujur itu sangat sulit untuk diperbaiki.

“¬Beberapa kasus yang telah lalu Akuntan terlibat kasus korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Auditor Madya pada Sub-Auditorat VII B2 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga Akuntan Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Sidoarjo sebagai tersangka kasus korupsi. Itu sangat memprihatinkan,” ungkapnya. (Humas Poltek HB)

Berita Lainnya

Pemkot Tegal Gelar Pasar Murah Ramadhan
Berita 04 Jun, 2018

Pemkot Tegal Gelar Pasar Murah Ramadhan

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Koperasi, Usaha dan Menengah dan Perdagangan Kota Tegal menggelar Pasar Murah dan Penjualan Paket Bersubsidi…

Bawaslu Minta ASN Jaga Netralitas
Berita 28 Nov, 2018

Bawaslu Minta ASN Jaga Netralitas

TEGAL-Badan Pengawas Pemilu Kota Tegal menggelar Rapat Koordinasi Sosialisasi Pengawasan Dengan Stakeholder dan Masyarakat, Rabu (28/11) Plaza Hotel Tegal Jl.…

Syukuran Kantor Baru, DPC HNSI Potong Tumpeng
Berita 15 Sep, 2017

Syukuran Kantor Baru, DPC HNSI Potong Tumpeng

TEGAL-Jum'at pagi (15/9), DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal gelar potong tumpeng sebagai wujud rasa syukur peresmian kantor…

Walikota Launching Bantuan Pangan Non Tunai
Berita 28 Feb, 2017

Walikota Launching Bantuan Pangan Non Tunai

Tegal-Bantuan pangan Non Tunai merupakan program Pemerintah Pusat pengganti Rastra( beras untuk keluarga sejahtera). Bantuan Pangan Non Tunai adalah bantuan…

Pemkot Tegal Dorong Koperasi Berkualitas
Berita 04 Feb, 2019

Pemkot Tegal Dorong Koperasi Berkualitas

TEGAL-Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkop UKM Perdagangan) mencatat, Kota Tegal memiliki 177 koperasi dengan rincian 147 unit…

Pekauman Wakili Kota Tegal dalam Penilaian Evaluasi Perkembangan Kelurahan
Berita 04 May, 2018

Pekauman Wakili Kota Tegal dalam Penilaian Evaluasi Perkembangan Kelurahan

TEGAL- Penilaian  Evaluasi Perkembangan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah, Jum'at (4/5) di aula Kantor Kelurahan Pekauman. Kelurahan Pekauman Kecamatan Tegal…

Most from this category