Peran Akuntan di Era 4.0

TEGAL – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) D3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama mengadakan Seminar Nasional Challenging 4.0 With Skills di Aula Gedung C, Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama (30/4).

Di era Revolusi Industri pekerjaan digantikan oleh robot termasuk dunia akuntansi. Kolaborasi dunia pendidikan dengan dunia bisnis diperlukan untuk menemukan titik temu kebutuhan Sumber Daya Manusia.

“Peran akuntan di era 4.0 yaitu akuntan harus bermitra dengan teknologi. Teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi akuntansi” ucap Sudirman Said Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Periode 2014-2016 dalam acara tersebut.

“Seorang akuntan juga harus pandai analisis data, menyediakan wawasan atas data, cek kualitas data, analisis stastitik, dan interpretasi olah data. Dan akuntan sebagai konsultan strategi pengelolaan keuangan perusahaan,” tambahnya.

Kepala Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Tengah Dr. Muhammad Ja’far Shodiq, SE, SSi, MSi, Ak, CA, CSRA, ACPA menambahkan bahwa Revolusi Industri merupakan perubahan besar besaran di berbagai bidang yang dapat mempengaruhi secara mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, budaya dan bahkan Politik.

“Dalam dunia pendidikan semua itu juga berkaitan dengan cost of labour, cost of capital, cost of technology oleh sektor industri yang dapat disediakan oleh dunia pendidikan. Agar nantinya Perguruan Tinggi menghasilkan program studi yang bersifat adhoc”, kata Muhammad Ja’far.

Hadir dalam acara Ketua Yayasan Pendidikan Harapan Bersama Khafdillah MS, S.Kom., SH, MH, Direktur Politeknik Harapan Bersama Mc. Chambali, B.Eng., E.E., M.Kom dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal Basuki S.E., M. M.

Sudirman Said menambahkan bahwa materialisme dan serba mesin telah memacu kita untuk mengesampingkan esensi kemanusiaan. “Bahkan saat ini kejujuran, keadilan, sensitivitas kemanusiaan yang seharusnya menjadi tema utama penyelenggara negara sedang mengalami penurunan,” tegasnya.

Sudirman Said mengaku terinspirasi dari sosok Bung Hatta. Ia percaya bahwa jika kita kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun, jika kita tidak jujur itu sangat sulit untuk diperbaiki.

“¬Beberapa kasus yang telah lalu Akuntan terlibat kasus korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Auditor Madya pada Sub-Auditorat VII B2 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga Akuntan Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Sidoarjo sebagai tersangka kasus korupsi. Itu sangat memprihatinkan,” ungkapnya. (Humas Poltek HB)

Berita Lainnya

Berikut 20 Calon Anggota PPK Kota Tegal
Berita 31 Oct, 2017

Berikut 20 Calon Anggota PPK Kota Tegal

TEGAL- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal telah mengumumkan 20 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Tegal, Kemarin (30/10/17). Divisi SDM…

Tugas Pemerintah Adalah Mensejahterakan Masyarakat.
Berita 23 Jan, 2018

Tugas Pemerintah Adalah Mensejahterakan Masyarakat.

Tegal - Dialog interaktif  Walikota Tegal dengan masyarakat Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal menghadirkan banyak solusi untuk warga…

Pedagang Pasar Pagi Minta Pemkot Tegas Terhadap Investor
Berita 16 Apr, 2018

Pedagang Pasar Pagi Minta Pemkot Tegas Terhadap Investor

Perwakilan pedagang pasar pagi Blok B dan Blok C meminta pemerintah Kota Tegal untuk dapat memeberikan sikap tegas kepada investor,…

6 Fraksi DPRD, Setujui RPJMD Kota Tegal 2019-2024 di Bahas Lebih Lanjut
Berita 17 Jul, 2019

6 Fraksi DPRD, Setujui RPJMD Kota Tegal 2019-2024 di Bahas Lebih Lanjut

TEGAL- Seluruh Fraksi di DPRD Kota Tegal setuju Raperda RPJMD Kota Tegal Tahun 2019 untuk dibahas lebih lanjut dialat kelengkapan.…

PPBI Cabang Tegal  Persiapkan Pameran Bonsai Tingkat Nasional
Berita 25 Mar, 2019

PPBI Cabang Tegal Persiapkan Pameran Bonsai Tingkat Nasional

Tegal – Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Tegal menggelar pameran pohon bonsai di depan Pendopo Ki Gede Sebayu bertepatan…

Program PPG, UPS Gandeng Disdikbud Kota Tegal
Berita 11 Mar, 2019

Program PPG, UPS Gandeng Disdikbud Kota Tegal

TEGAL - Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menandatangani nota kesepahaman…

Most from this category