Gubernur Himbau Kesiapan Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1440H

Dalam sambutan Gubernur Jawa Tengah, yang dibacakan oleh Sekda Provinsi Sri Puryono menyampaikan, meskipun momen Menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2019/1440H merupakan momen rutin setiap tahun namun, segala sesuatunya perlu disiapkan sebaik mungkin, menurutnya harus ada data yang akurat agar tindakan yang diambil bisa terukur dan tepat.
Pesan tersebut disampaikan saat Rapat Koordinasi Ekonomi, Keuangan, Industri dan Perdagangan (Ekuinda)Provinsi Jawa Tengah, terkait persiapan menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2019/1440 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks Gubernuran Semarang, Selasa (30/4).
Ada beberapa hal yang menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah, diantaranya; Ketersediaan sembako dengan harga terjangkau bagi masyarakat, Ketersediaan uang tunai yang cukup pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Pelayanan Kesehatan untuk para pemudik juga perlu disiapkan, dan pada waktu idul Fitri, Kenyamanan dan Keselamatan masyarakat dalam mudik, Infra struktur khususnya yang dilewati arus mudik abik jalan dan rambu, Ketersediaan BBM yang memadai, Termasuk Keamanan dan kenyamanan di rumah ibadah.
Gubernur berharap musim mudik 2019 bisa berjalan aman dan terkendali, daan.penyelenggaraannya harus lebih baik dari tahun sebelumnya, apalagi saat ini jalan tol sudah jadi dan dapat dilalui pemudik.
Terkait arus mudik yang melalui jalur Tol, Ia mencermati beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni masalah jumlah rest area yang tersedia, saat ini baru ada 6, yang terdiri dari 3 titik tipe A dan 3 titik tipe B.
Pemerintah Provinsi akan memanfaatkan lokasi tertentu untuk dijadikan rest area, ada 11 titik tambahan yang rencananya akan disiapkan.
Selain rest area, kemacetan di exit tol juga menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah. Ia menilai bahwa dari 20 exit tol yang ada di Jawa Tengah ada beberapa diantaranya yang rawan macet saat arus mudik karena jalan penghubung ke jalan utama relatif sempit.
Antisipasi kemacetan yang terjadi di Pantura juga perlu diantisipasi, dan mengajak masyarakat menggunakan moda transportasi umum.
Faktor cuaca ekstrem juga menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah, selain pengawasan produk pangan yang kadaluarsa menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.
Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdaganggan Kota Tegal Khaerul Huda menyampaikan pihaknya akan melakukan pengecekan makanan, baik saat menjelang bulan Ramadhan, menjelang Lebaran, sesuai arahan dari Wali Kota untuk memastikan masyarakat membeli makanan dalam kondisi layak dan tidak kadaluarsa.
Pihaknya akan mencermati harga-harga barang kebutuhan pokok, daan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, rencananya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) akan mengadakan rapat koordinasi dalam waktu dekat.
Untuk memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok yang terjangkau, menurut Khaerul pihaknya akan mengadakan operasi pasar dibulan Ramadhan 2019.
Khaerul menghimbau kepada masyarakat kota Tegal agar bijak dalam berbelanja untuk tidak melakukan pembelian yang tidak berlebihan

Berita Lainnya

Doa Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia
Berita 16 Aug, 2017

Doa Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia

Berikut Doa Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia, file selengkapnya dapat diunduh dibawah ini : DOWNLOAD

Jelang Pembukaan MTQ, Ratusan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf
Berita 10 Oct, 2017

Jelang Pembukaan MTQ, Ratusan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf

TEGAL-Jelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Tegal, ratusan peserta dari berbagai tingkatan sekolah di Kota Tegal ikuti pawai…

Warga Tegal Barat Diminta Jaga Keamanan Pemilu
Berita 25 Feb, 2019

Warga Tegal Barat Diminta Jaga Keamanan Pemilu

Tegal - WARGA diminta untuk membantu dalam menjaga keamanan pemilu yang akan berlangsung. Karena dengan begitu maka pemilu akan berlangsung…

Meriahkan HKN, RSUD Kardinah Gelar Lomba Cuci Tangan
Berita 24 Nov, 2017

Meriahkan HKN, RSUD Kardinah Gelar Lomba Cuci Tangan

Meriahkan Hari Kesehatan Nasional, RSU Kardinah Gelar Lomba Senam Cuci Tangan Dalam rangka Semarak Hari Kesehatan Nasional ke 53, RSU…

Kang Nur Tegaskan akan Selalu Terbuka untuk Dimintai Konfirmasi dan Wawancara
Berita 30 Sep, 2017

Kang Nur Tegaskan akan Selalu Terbuka untuk Dimintai Konfirmasi dan Wawancara

PURWOKERTO- Plt Walikota Tegal HM. Nursholeh, M.MPd atau yang akrab disapa Kang Nur menegaskan bahwa ia akan selalu terbuka kepada…

Masyarakat Diajak Taat Bayar Pajak Kendaraan
Berita 12 Nov, 2018

Masyarakat Diajak Taat Bayar Pajak Kendaraan

TEGAL-Kepala Unit Pengelola Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Kota Tegal Supriyono, mengajak masyarakat untuk taat bayar pajak kendaraan bermotor.  Menurut Dia,…

Most from this category