Jumadi : Potensi Batik Tegal Luar Biasa

TEGAL – Batik Tegal memiliki potensi yang luar biasa dan memiliki motif yang bagus-bagus. Namun permasalahan yang muncul dalam pemasaran batik Tegal adalah promosi dan tempat produksinya.

Hal tersebut dikatakan Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST., MM, saat mengunjungi Griya Batik di Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jumat (26/4).

Wakil Walikota yang didampingi istri, Dyah Probondari, SH., MKn menyebut jika ada kampung batik di Kota Tegal, maka orang dari luar dapat berkunjung ke sentra industri batik sehingga nantinya dapat dijadikan kawasan wisata di Kota Tegal.

“Kalau ada kampung batik, orang datang ke Tegal, bisa langsung ke market yang riil dan dapat dijadikan salah satu potensi wisata di Kota Tegal,” ujar Jumadi.

 

Jumadi menuturkan, nantinya kalau kawasan pariwisata di Pantai Alam Indah dikembangkan, pasti banyak orang akan datang ke Tegal bahkan dimungkinkan bisa membludak. Tentu pengunjung nantinya selain menikmati pemandangan, juga bisa berkuliner makanan khas Kota Tegal dan mengunjungi sentra batik. Misalnya makan sate, blengong, ada yang pengin lihat batik.

“Nah kalau ngga siap, nanti yang dapat rejekinya orang lain”, ujar Jumadi.

Untuk itu, pihaknya meminta Pemerintah Daerah bersama stakeholder terkait untuk bersinergi. “Batik Tegal harganya lumayan terjangkau, motifnya bagus-bagus,” ungkap Jumadi.

Jumadi berpesan, boleh promosi ke luar daerah akan tetapi, di Kota Tegal juga harus disiapkan. Infrastruktur tidak perlu yang bagus, yang terpenting representatif.

“Batik Tegal sudah luar biasa, motifnya bagus-bagus tinggal kemasannya, packagingnya dan infrastrukturnya juga harus disiapkan,” pungkas Jumadi.

Kedatangan Wakil Walikota Tegal itu disambut Lurah Bandung Mufid, Bappeda Kota Tegal dan para pengrajin batik di kawasan tersebut.

Lurah Bandung Mufid mengaku siap untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Langkah kedepan, menurut Mufid, pihaknya akan menghidupkan kembali kampung batik.

Sementara itu, Pengrajin Batik Sri Rejeki mengungkapkan, Batik Tegal memiliki corak khas dibanding daerah lain. Sri mengatakan batik Tegal cenderung gelap, hitam kecoklat-coklatan, motifnya besar, motifnya didasar (tanahan) kalau daerah lain motifnya di gambar.

Motif dasar yang khas yaitu beras mawur, galaran, kembang pacar, gribigan, cempaka putih dan sawatan. Saat ini motif yang dicari adalah motif kapal kandas, sebab itu motif jaman mataram.(*)

Berita Lainnya

Menyiapkan Generasi Sehat Dan Unggul Kota Tegal.
Berita 23 Feb, 2017

Menyiapkan Generasi Sehat Dan Unggul Kota Tegal.

Tegal – Menjadikan anak sebagai genersi sehat dan unggul dalam berbagai hal perlu direncanakan sejak dini agar dapat menuai hasil…

Forkopimda Pantau Malam Pergantian Tahun
Berita 31 Dec, 2018

Forkopimda Pantau Malam Pergantian Tahun

Menjelang malam pergantian tahun 2019, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal melaksanakan pemantauan situasi, Senin (31/12) . Pemantauan dilaksanakan…

42 Perusahaan Lokal dan Nasional Ramaikan Job Fair Kota Tegal Tahun 2018.
Berita 17 Apr, 2018

42 Perusahaan Lokal dan Nasional Ramaikan Job Fair Kota Tegal Tahun 2018.

TEGAL- Sedikitnya 42 Perusahaan Lokal dan Nasional dari Kota Tegal hingga Jakarta turut serta dalam Job Fair Kota Tegal tahun…

Per 1 Januari 2018, Upah di Kota Tegal Minimal UMK
Berita 02 Jan, 2018

Per 1 Januari 2018, Upah di Kota Tegal Minimal UMK

TEGAL- Mulai 1 Januari 2018, pembayaran upah pegawai (buruh) di Kota Tegal minimal UMK sebesar Rp 1.630.500. Kepala Dinas Tenaga…

Produk Unggulan Kota Tegal Diminati.
Berita 24 Jul, 2018

Produk Unggulan Kota Tegal Diminati.

Tarakan, Kalimantan Utara – Welcome Dinner dalam rangka menyambut peserta Rapat Kerja Nasioanal (Rakernas) ke XIII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh…

4 Aktor Film Turah Masuk Nominasi FFT
Berita 17 Nov, 2017

4 Aktor Film Turah Masuk Nominasi FFT

TEGAL – Masyararakat Tegal patut berbangga, karena Film Turah kembali menunjukan prestasinya didunia perfilman tanah air. 4 aktor film Turah…

Most from this category