Walkot Minta Kepala OPD Terjun Langsung Menyusun RPJMD

Dalam rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD kota Tegal tahun 2019-2024, yang berlangsung Selasa (23/4) , di gedung Adipura, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota, M Jumadi menegaskan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mengawal proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD ).
“Saya berpesan kepada seluruh Kepala OPD, agar dalam menyusun Renja 2020 dan Renstra 2019-2024 tidak menyerahkan sepenuhnya penyusunan dokumen tersebut kepada bawahannya” kata Jumadi.
Jumadi menyampaikan, kepala OPD harus memahami apa isi dokumen renja 2020 maupun Renstra 2019-2014, sebab menurutnya kepala OPD adalah orang yang bertanggung jawab atas penyusunan dan substansi dokumen rencana perangkat daerah dilingkungan OPD masing-masing.
Secara umum Wali Kota dalam sambutannya berpesar kepada tim penyusun agar fokus, teliti dan bertanggung jawab dalam menyusun dokumen perencanaan dilingkungan OPD masing-masing.
“Kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kota Tegal, dari esolon II hingga eselon IV beserta unsur staf agar betul-betul memahami apa yang menjadi tujuan dan sasaran serta tupoksi”, papar Jumadi.
Wali Kota berharap, kedepan kita semua dapat melihat Kota Tegal sebagai kota yang jauh lebih maju, inovatif serta mampu memberi kontribusi yang optimal dalam pembangunan nasional.
Senada dengan Wali Kota, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gito Musriyono, mmenyampaikan bahwa kepala OPD memang harus menguasai dokumen perencanaan dimasing-masing OPDnya.
Hal ini, akan menyulitkan pihaknya apabila penyusunan dokumen perencanaan kerja masing-masing OPD hanya diserahkan kepada bawahan tanpa di kuasai oleh kepala OPD tersebut. Selain itu kemungkinan mutasi staf juga akan lebih mempersulit dalam berkoordinasi apabila kepala OPD tidak memahami perencanaan kerja.
Gito Musriyono menyampaikan, meskipun kepala OPD dalam menyusun perencanaan kerja perangkat daerah dibantu oleh bawahannya, namun Ia berharap Kepala OPD tetap harus menguasai dan bertanggung jawab terhadap dokumen tersebut.

Berita Lainnya

Walikota Ajak Peserta Kemah Budaya Untuk Cinta dan Sadar Kepada Budayanya
Berita 03 Aug, 2017

Walikota Ajak Peserta Kemah Budaya Untuk Cinta dan Sadar Kepada Budayanya

TEGAL – Pembukaan Kemah Budaya tingkat Kota Tegal tahun 2017 pada Kamis (3/8) di Bumi Perkemahan Kota Tegal  berjalan lancar.…

Aktor Tegal ‘’Slamet Ambari’’ Tutup Usia
Berita 18 Feb, 2019

Aktor Tegal ‘’Slamet Ambari’’ Tutup Usia

Tegal – Tegal berduka. Aktor kawakan asal Tegal, Slamet Ambari tutup usia pada Senin (18/2) pagi. Slamet Ambari yang pernah…

Naik Peringkat, Kota Tegal Sandang Kota Layak Anak dengan Kategori Madya
Berita 23 Jul, 2019

Naik Peringkat, Kota Tegal Sandang Kota Layak Anak dengan Kategori Madya

Kota Tegal naik peringkat, setelah tahun sebelumnya mendapat Kota Layak Anak (KLA) dengan kategori Pratama, ditahun 2019 ini, kota Tegal…

DPRD Kota Tegal Tetapkan Perda RPJMD 2019-2024 dan APBD Perubahan 2019
Berita 20 Aug, 2019

DPRD Kota Tegal Tetapkan Perda RPJMD 2019-2024 dan APBD Perubahan 2019

Tegal – DPRD Kota Tegal menetapkan Raperda RPJMD 2019-2024 dan APBD Perubahan 2019 menjadi Perda Kota Tegal. Penetapan dilakukan saat…

Dinkes Serius Tekan HIV/AIDS
Berita 30 Apr, 2017

Dinkes Serius Tekan HIV/AIDS

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal terus berupaya tekan penyebaran virus HIV dengan mengencarkan sosialisasi bahaya virus HIV/AIDS kepada remaja perwakilan dari…

Disdikbud Gelar Sosialisasi Penyusunan Angka Kredit
Berita 06 Dec, 2017

Disdikbud Gelar Sosialisasi Penyusunan Angka Kredit

TEGAL-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal menggelar sosialisasi penyusunan angka kredit (PAK) bagi fungsional guru, Rabu (6/12) di aula…

Most from this category