Menolak Korupsi dengan Puisi

Banyak upaya yang dilakukan dalam rangka upaya pencegahan tindak pidana korupsi di Indonesia, salah satunya adalah melalui gerakan Puisi Menolak Korupsi.
Tak ketinggalan, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi gaungkan tolak korupsi melalui puisi, puisi yang ditulis sendiri oleh Wakil Wali Kota ini dibacakan pada acara Malam Deklarasi Kota Tegal Melawan Korupsi, yang diselenggarakan di gedung Adipura komplek Balai Kota Tegal, Sabtu (20/4).
Dalam puisinya Jumadi mengajak pejabat untuk berani menolak korupsi, Ia menyampaikan bahwa hasil korupsi merupakan kenikmatan sesaat yang nantinya akan dimintai pertanggung jawaban oleh Tuhan YME.
Dalam acara yang di selenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Laskar Puisi Menolak Korupsi (PMK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan acara Road show ke-54 puisi menolak korupsi dalam rangka hari jadi kota Tegal.
Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari KPK, Nanang Farid Syam menyampaikan alasan menggunakan puisi sebagai sarana pencegahan korupsi, sebab menurutnya puisi merupakan obat korupsi. Satu kata kunci yang mencegah korusi menurut Nanang adalah “tolak”.
“Jadi pejabat harus tegas, jangan karena hutang budi, karena kedekatan emosional kemudian tidak berani menolak korupsi” ucap Nanang.
Nanang menilai, penyair punya cara tersendiri dalam upaya pencegahan korupsi, penyair punya cara yang mengena kepada koruptor.
Ia berharap kedepan, giat semacam ini, semakin ditingkatkan, dan tidak hanya dilaksanakan oleh laskar PMK saja, namun bisa dilaksanakanndi sekolah-sekolah dan masayarakat umum, agar menjadi pembelajaran dan informasi pencegahan dan pemberantasan korupsi bisa diterima masyarakat yang lebih luas lagi.

Berita Lainnya

Dinas Lingkungan Hidup Kerahkan 19 Truck Angkut Sampah
Berita 23 Jan, 2017

Dinas Lingkungan Hidup Kerahkan 19 Truck Angkut Sampah

TEGAL - Demi terciptanya lingkungan yang bersih dan bebas sampah Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan 19 armada  Truck untuk mengangkut sampah…

Lanal Tegal Gelar Upacara Hari Armada
Berita 05 Dec, 2017

Lanal Tegal Gelar Upacara Hari Armada

TEGAL-Pagi ini, Selasa (05/12) ada suasana berbeda di lapangan apel Mako Lanal Tegal Jl.Proklamasi No.1 Kota Tegal. Nampak prajurit berbaris…

Upacara HUT KORPRI ke – 45 dan HUT PGRI ke – 71
Berita 06 Dec, 2016

Upacara HUT KORPRI ke – 45 dan HUT PGRI ke – 71

Tegal – Dalam rangka memperingati HUT KORPRI ke-45 dan HUT PGRI ke 71 Tingkat Kota Tegal, diadakan upacara bendera di…

Dibalik Makna Ketupat
Berita 18 Jun, 2017

Dibalik Makna Ketupat

TEGAL – Hari Raya Idul Fitri tidak lepas dari sebuah tradisi menikmati Ketupat. Dengan campuran Opor Ayam, Sambel gorong kentang…

Bersama Warga, Kang Nur Angkat Ancak Sedekah Bumi Margadana
Berita 22 Oct, 2017

Bersama Warga, Kang Nur Angkat Ancak Sedekah Bumi Margadana

TEGAL- Selain menyaksikan pawai sedekah bumi, Plt. Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd juga menyempatkan diri ikut membawa langsung ancak…

Masyarakat Perlu Tahu Sistem Penganggaran Pemerintah
Berita 07 Feb, 2018

Masyarakat Perlu Tahu Sistem Penganggaran Pemerintah

Plt. Wali Kota Tegal, M. Nursholeh dalam Dialog interaktif dengan Warga Kelurahan Debong Tengah, Rabu (7/2) menyampaikan bahwa masyarakat perlu…

Most from this category