142 PKL Terima Bantuan Gerobak Dagang

TEGAL- Terlihat wajah Pedagang Kali Lima (PKL) yang sehari-hari berjualan di kawasan Alun-alun Kota Tegal terlihat berbinar-binar. Pasalnya para pedagang mendapat bantuan gerobak dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Tegal.

Bantuan sebanyak 78 gerobak dagang untuk pedagang sekitar bundaran Alun-alun Kota Tegal dan 64 gerobak dagang untuk pedagang kaki lima lainnya diserahkan langsung secara simbolis kepada para pedagang oleh Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., pada Senin (8/4) di Pendopo Ki Gede Sebayu Kompleks Balaikota Tegal.

Rohanah (54), warga jalan Ketilang RT 2 RW 2 Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan yang sudah 12 tahun berjualan Kupat Glabed di sekitaran Bundaran Alun-alun Kota Tegal mengatakan dengan diterimanya bantuan gerobak dirinya merasa sangat senang.

“Saya merasa senang, mudah-mudahan lancar (usahanya),” ucap Rohanah yang menyatakan baru kali ini dirinya menerima bantuan gerobak dagang dari Pemerintah selama dirinya berdagang.

Walikota Tegal mengingatkan kepada para pedagang, jika gerobak nanti sudah diterima supaya dipergunakan sebagaimana mestinya dan jangan sampai dilimpahkan kepada orang lain.

“Jangan sampai dialihkan kepada orang lain, pergunakan untuk diri sendiri, jaga kondisi supaya bisa dipergunakan lebih lama,” ucap Walikota.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Tegal, Drs. M. Khaerul Huda, M.Si menyatakan gerobak bantuan yang diberikan kepada para pedagang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk berdagang. Seperti kompor gas, tabung gas LGP 3 kg, selang dan regulator. Termasuk etalase tempat untuk menjajakan dagangan serta tempat botol minuman ringan.

Jumlah bantuan yang diterimakan adalah 78 gerobak dagang untuk pedagang sekitar bundaran Alun-alun Kota Tegal dan 64 Gerobak Dagang untuk pedagang kaki lima lainnya.

“Pedagang yang mendapat gerobak dagang adalah pedagang yang mempunyai KTP Kota Tegal. Hal ini sesuai dengan Permendagri No. 41 tahun 2012 tentang Pedoman Penataan dan Pemberdayaan PKL pasal 23 ayat 2 huruf a bahwa Permohonan pendaftaran tempat usaha (TDU) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit harus melampirkan berkas permohonan antara lain memiliki KTP yang beralamat di Kabupaten /Kota setempat,” Ucap Khaerul Huda. (*)

Berita Lainnya

Pantai Pulau Kodok Menjadi Primadona Baru Wisata Pantai
Berita 12 Oct, 2017

Pantai Pulau Kodok Menjadi Primadona Baru Wisata Pantai

TEGAL - Daya tarik wisata di Kota Tegal tidak lepas dari pantai, mengingat Kota Tegal memiliki wilayah pantai. Setelah Pantai…

Forum Anak Berharap Ada  Zona Sekolah
Berita 17 Mar, 2017

Forum Anak Berharap Ada Zona Sekolah

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menggelar Musrenbangkot, Kamis 17 Maret 2017 di Gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal. Dalam kegiatan tersebut banyak sekali…

Natal Aman Dan Kondusif Di Kota Tegal
Berita 26 Dec, 2018

Natal Aman Dan Kondusif Di Kota Tegal

Tegal - Untuk memastikan pelaksanaan Natal yang dilaksanakan oleh umat kristiani di Kota Tegal, Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh…

Tim Penggerak PKK Kota Tegal Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 47
Berita 15 Aug, 2019

Tim Penggerak PKK Kota Tegal Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 47

Tegal – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tegal memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 di Ruang Adipura…

78,43% Anak Sudah Diimunisasi MR
Berita 28 Aug, 2017

78,43% Anak Sudah Diimunisasi MR

TEGAL- Sejak pencanangan imunisasi Measles Rubella pada 1 Agustus 2017 yang lalu, sampai dengan Sabtu (26/8) kemarin, Dinas Kesehatan Kota…

Kini Pembuatan Kartu Kuning di Kota Tegal Bisa Online
Berita 31 Jul, 2018

Kini Pembuatan Kartu Kuning di Kota Tegal Bisa Online

TEGAL - Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengeluarlan terobosan baru dalam proses pembuatan kartu AK. 1 atau biasa…

Most from this category