142 PKL Terima Bantuan Gerobak Dagang

TEGAL- Terlihat wajah Pedagang Kali Lima (PKL) yang sehari-hari berjualan di kawasan Alun-alun Kota Tegal terlihat berbinar-binar. Pasalnya para pedagang mendapat bantuan gerobak dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Tegal.

Bantuan sebanyak 78 gerobak dagang untuk pedagang sekitar bundaran Alun-alun Kota Tegal dan 64 gerobak dagang untuk pedagang kaki lima lainnya diserahkan langsung secara simbolis kepada para pedagang oleh Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., pada Senin (8/4) di Pendopo Ki Gede Sebayu Kompleks Balaikota Tegal.

Rohanah (54), warga jalan Ketilang RT 2 RW 2 Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan yang sudah 12 tahun berjualan Kupat Glabed di sekitaran Bundaran Alun-alun Kota Tegal mengatakan dengan diterimanya bantuan gerobak dirinya merasa sangat senang.

“Saya merasa senang, mudah-mudahan lancar (usahanya),” ucap Rohanah yang menyatakan baru kali ini dirinya menerima bantuan gerobak dagang dari Pemerintah selama dirinya berdagang.

Walikota Tegal mengingatkan kepada para pedagang, jika gerobak nanti sudah diterima supaya dipergunakan sebagaimana mestinya dan jangan sampai dilimpahkan kepada orang lain.

“Jangan sampai dialihkan kepada orang lain, pergunakan untuk diri sendiri, jaga kondisi supaya bisa dipergunakan lebih lama,” ucap Walikota.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Tegal, Drs. M. Khaerul Huda, M.Si menyatakan gerobak bantuan yang diberikan kepada para pedagang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk berdagang. Seperti kompor gas, tabung gas LGP 3 kg, selang dan regulator. Termasuk etalase tempat untuk menjajakan dagangan serta tempat botol minuman ringan.

Jumlah bantuan yang diterimakan adalah 78 gerobak dagang untuk pedagang sekitar bundaran Alun-alun Kota Tegal dan 64 Gerobak Dagang untuk pedagang kaki lima lainnya.

“Pedagang yang mendapat gerobak dagang adalah pedagang yang mempunyai KTP Kota Tegal. Hal ini sesuai dengan Permendagri No. 41 tahun 2012 tentang Pedoman Penataan dan Pemberdayaan PKL pasal 23 ayat 2 huruf a bahwa Permohonan pendaftaran tempat usaha (TDU) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit harus melampirkan berkas permohonan antara lain memiliki KTP yang beralamat di Kabupaten /Kota setempat,” Ucap Khaerul Huda. (*)

Berita Lainnya

Puluhan Lansia Ikuti Senam Diabet
Berita 02 May, 2017

Puluhan Lansia Ikuti Senam Diabet

TEGAL-Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kota Tegal mengikuti berbagai lomba yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Tegal, Selasa (2/5) di…

Peringati Hari Jadinya, Satpol PP, Damkar, dan Linmas Kota Tegal Unjuk Kebolehan
Berita 20 Mar, 2017

Peringati Hari Jadinya, Satpol PP, Damkar, dan Linmas Kota Tegal Unjuk Kebolehan

TEGAL–  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) nya, Pemadam Kebakaran (Damkar),  Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) serta Satuan Polisi Pamong…

Buku Serial Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Diluncurkan
Berita 06 Mar, 2019

Buku Serial Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Diluncurkan

TEGAL-Sedikitnya tujuh serial Buku Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Wanita Bijak Kata diluncurkan,  Rabu (6/3) di di ruang Paripurna,…

Mahasiswa PBSI 5A Pentaskan Drama Berjudul Barabah
Berita 05 Nov, 2019

Mahasiswa PBSI 5A Pentaskan Drama Berjudul Barabah

Tegal – Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia (PBSI) 5A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal menggelar pementasan drama…

DPPKBP2PA Kota Tegal Fasilitasi Kegiatan PIK Remaja atau Mahasiswa
Berita 10 Jan, 2018

DPPKBP2PA Kota Tegal Fasilitasi Kegiatan PIK Remaja atau Mahasiswa

TEGAL – Fasilitasi Kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja / Mahasiswa (PIK R/M) oleh  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana,…

Pesan Danlanal: Jaga Diri dan Keluarga Supaya Tidak Menjadi Korban Kecelakaan
Berita 15 Jun, 2017

Pesan Danlanal: Jaga Diri dan Keluarga Supaya Tidak Menjadi Korban Kecelakaan

TEGAL- Saat ini dalam berkendaraan banyak orang mengabaikan untuk menjaga orang lain. Menghadapi arus mudik lebaran kita harus jaga diri…

Most from this category