Bantuan Pangan Non Tunai Mampu Tekan Stunting

TEGAL – Bantuan Pangan Non Tunai berhasil menurunkan prevalensi stunting sebesar 6,4 persen selama lima tahun terakhir. Sebelumnya, 37,2 persen pada tahun 2013 menjadi menjadi 30,8 persen pada 2018.

Hal tersebut diungkapkan Pelaksana Tugas Kasubdit Informasi Komunikasi Sosial, Dit IKPMK Ditjen IKP Kemenkominfo, Sarjono pada saat Forum Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam rangkan Prevelansi Stunting, Jumat (05/04) di Gedung Adipura Kompleks Balaikota Tegal.

Dalam kegiatan yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunkasi Publik, Sarjono mengatakan penurunan angka kemiskinan berkorelasi dengan penurunan prevelansi Stunting. Berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, kata Sarjono, kasus stunting mengalami penurunan sebesar 6,4 persen selama 5 tahun.

“Ini tentunya pencapaian yang menggembirakan karena menyelamatkan jutaan anak Indonesia dari lingkaran kemiskinan,” kata Sarjono.

Menurut Sarjono, pemerintah terus bekerja keras memastikan jutaan balita untuk mendapatkan hak pertumbuhan yang layak yakni mendapatkan gizi yang seimbang. Dikatakan Sarjono, inilah salah satu capaian pemerintah saat ini, dalam pengentasan kemiskinan.

“Program BPNT atau pemberian uang non tunai kepada keluarga penerima manfaat dengan tujuan untuk mengurangi angka dan memutus angka kemiskinan. Meningkatkan kualitas SDM, mengubah perilaku yang kurang mendukung serta meningkatkan kesejahteraan kelompok paling miskin sehingga stunting dapat ditekan,” imbuh Sarjono.

Pj. Sekda Kota Tegal Praptomo WR mewakili Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M menyampaikan bahwa komitmen pemerintah yang besar dalam mengurangi kemiskinan merupakan strategi pemerintah untuk menghasilkan pertumbuhan yang inklusif.

“Pertumbuhan yang inklusif, yang berarti pertumbuhan untuk semua secara adil dan merata yang akhirnya terjadi perubahan sikap dan perilaku bagi keluarga penerima manfaat bantuan sosial pada kemandirian dan peningkatan produktivitas secara ekonomi,” kata Walikota.

Sementara itu, hadir pada forum tersebut Assisten III Setda Kota Tegal Subagyo, S.IP Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal dr. Roro Kusnabillah Erfa beserta jajarannya, Kepala OPD, TKSK, Pendamping PKH dan KMP.

Sedangkan sebagai narasumber Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Imelda leiwakabessy , Asisten Deputi Kompensasi Sosial Kemenko PMK Herbin Manuhuruk dan Kepala Dinkes Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari.

Berita Lainnya

Perayaan Imlek, Ditandai  Dengan Tekad Menjaga Kerukunan Umat Beragama
Berita 25 Feb, 2018

Perayaan Imlek, Ditandai Dengan Tekad Menjaga Kerukunan Umat Beragama

Perayaan tahun baru imlek 2569 Kongzili Kota Tegal ditandai dengan Pernyataan kebulatan tekad untuk menjaga kerukunan antar pemeluk umat beragama,…

Pererat Silaturahmi dengan Sukarelawan, PMI Kota Tegal Gelar Jalan Sehat
Berita 17 Dec, 2017

Pererat Silaturahmi dengan Sukarelawan, PMI Kota Tegal Gelar Jalan Sehat

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal, mengadakan jalan sehatbagi para pendonor darahsukarelawan,Kelompok Korps Sukarela, Palang Merah Remaja dan Pengurus PMI…

Keluarga Besar Lanal Tegal Diberi Pembinaan Mental
Berita 11 Dec, 2017

Keluarga Besar Lanal Tegal Diberi Pembinaan Mental

TEGAL-Dalam rangka memeperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pangkalan TNI Angkatan Laut gelar Pembinaan Mental dan Rohani Keluarga Besar Lanal Tegal,…

Teater Akar Angkat Nilai-nilai Eksistensialisme dalam Lakon Petang di Taman
Berita 12 May, 2017

Teater Akar Angkat Nilai-nilai Eksistensialisme dalam Lakon Petang di Taman

TEGAL – Nampak taman dengan ornamen 2 lampu dan tanaman menghiasi Auditorium Universitas Pancasakti Tegal di Jalan Halmahera Km 1…

FANTI Adakan Penanaman Mangrove di PAI
Berita 02 May, 2017

FANTI Adakan Penanaman Mangrove di PAI

TEGAL – Tak ada rasa takut dan lelah jika menyambangi area mangrove di kawasan Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal,…

PLN Area Tegal Peringati Hari Pelanggan Nasional dengan Berbagai Kegiatan
Berita 04 Sep, 2017

PLN Area Tegal Peringati Hari Pelanggan Nasional dengan Berbagai Kegiatan

TEGAL- Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional yang bertepatan pada hari Senin (4/9), PT. PLN (Persero) Area Tegal melakukan beberapa…

Most from this category