Orasi Kebangsaan Wujudkan Pemilu Berintegritas

TEGAL-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menggandeng Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal menggelar Orasi Kebangsaan, Kamis (28/3/2019).

Kegiatan dalam rangka pengawasan partisipatif itu menghadirkan para akademisi UPS Tegal, Budayawan, tokoh politik, tokoh organisasi, tokoh pemuda, jajaran komisioner KPU, jajaran Bawaslu Kota Tegal dan Bawaslu Kab. Tegal.

Ketua Penyelengggara, Diryo Suparto, MSi  mengatakan mengucapkan terima kasih kepada segenap komponen masyarakat yang telah mendukung acara ini.  Semoga ini bisa menjadi kegiatan yang berkesinambungan tuturnya.

Dalam orasi tersebut para akademisi UPS Tegal dan seluruh tokoh berkomitmen mewujudkan Pemilu 2019 berintegritas, bermartabat dan berkualitas dengan meningkatkan partisipasi pemilih dan menolak praktik money politic.

Berbagai pihakmengakui bahwa pemilu serentak 2019 ini adalah pemilu yang paling rumit, karena pemilihannya secara langsung baik legislatif maupun eksekitif. Maka peran masyarakat sejatinya ditunggu Negara, karena KPU dan Bawaslu sekalipun tidak akan bisa sukses tanpa dukungan penuh dari masyarakat.

Ketua Yayasan UPS Tegal Imawan Sugiarto dalam orasinya menyampaikan harapan penyelenggaraan Pemilu 2019 ini akan berjalan dengan damai, tidak ada perpecahan. Mengingat banyak isu di media sosial yang menimbulkan gesekan antara masing-masing Paslon maupun pendukungnya.

Imawan juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya dengan tidak golput dan menolak praktik politik uang. “Suara kita menentukan nasib bangsa kedepan,” ujar Imawan.

Dekan FISIP UPS Tegal Nuridin menyampaikan dengan adanya kerjasama anatara FISIP UPS Tegal dengan Bawaslu ini dapat membangun kerjasama meminimalisir pelanggaran-pelanggaran dalam Pemilu.

Ketua Bawaslu Kota Tegal Akbar menyampaikan kerjasama ini merupakan salah satu bentuk pengawasan partisipatif Bawaslu dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam Pemilu. “Jadi masyarakat bukan hanya diajak menyalurkan hak pilihnya, tetapi juga aktif dan berkontribusi melakukan pengawasan dan mengawal Pemilu,”ujar Akbar.

Sementara itu, pada Orasi Kebangsaan yang disampaikan Muhadi Setiabudi mengajak agar tidak diperbolehkan golput.  Muhadi mengajak untuk menentukan pilihan sesuai hati nurani dan menciptakan pemilu damai dan bermartabat.

Muhadi menegaskan, berbeda pilihan jangan sampai ada keributan dan permusuhan. “Hidup adalah pilihan. Siapapun, silahkan pilih sesuai hati nurani”, pungkas Muhadi.

Berita Lainnya

Dinkes Kota Tegal Ajak Masyarakat Test HIV-AIDS
Berita 23 Jan, 2017

Dinkes Kota Tegal Ajak Masyarakat Test HIV-AIDS

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal mengajak masyakat untuk test HIV-AIDS. Test ini dimaksudkan untuk mengetahui virus HIV-AIDS yang ada dalam tubuh…

Optimalkan Potensi Zakat.
Berita 13 Jul, 2018

Optimalkan Potensi Zakat.

Semarang - Silaturrahim dan Halal Bi Halal Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Tengah dengan tema Optimalisasi Zakat, Infak…

Ramadhan, Dharma Wanita Kota Tegal Gelar Pengajian
Berita 25 May, 2018

Ramadhan, Dharma Wanita Kota Tegal Gelar Pengajian

TEGAL-Dharma Wanita Persatuan Kota Tegal  menggelar pengajian, Jum'at (25/4) di gedung Adipura kawasan Balai Kota Tegal. Kegiatan ini digelar untuk…

BI Corner di SMA Negeri 1 Tegal Telah Diresmikan
Berita 09 Dec, 2018

BI Corner di SMA Negeri 1 Tegal Telah Diresmikan

TEGAL – BI Corner yang ada di SMA Negeri 1 Tegal telah diresmikan oleh Kepala KP BI Tegal Joni Marsius…

Kakwarcab Cek Kesiapan Giat HUT Pramuka Ke-58 Kota Tegal
Berita 12 Aug, 2019

Kakwarcab Cek Kesiapan Giat HUT Pramuka Ke-58 Kota Tegal

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tegal, sekaligus Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi mengecek persiapan, rangkaian acara Hari Ulang…

UPS Gelar Lomba Pidato Khusus Pelajar
Berita 08 Jan, 2018

UPS Gelar Lomba Pidato Khusus Pelajar

TEGAL-Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi dan Pemerintahan Universitas Pancasakti Tegal gelar lomba pidato yang dikhususkan untuk pelajar tingkat SMA/SMK sederajat,…

Most from this category