Dinkes Kota Tegal Ajak Warga Stop BAB Sembarangan

TEGAL– Dinas Kesehatan Kota Tegal gencar menggelar pemicuan program stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan atau open defecation free (ODF). Kali ini, Dinkes menyasar Kelurahan Pesurungan Kidul mengajak warganya stop BAB Sembarangan, Selasa (12/3/2019).

Hadir pada kegiatan tersebut Kasi Penyehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja Dinkes Kota Tegal Siti Halamah, Lurah Pesurungan Kidul Trismanto, jajaran Babinsa dan Banbinkamtibmas Kel. Pesurungan Kidul.

Berdasarkan data dari Dinkes Kota Tegal, dari 27 Kelurahan di Kota Tegal, sembilan Kelurahan diantaranya sudah dinyatakan bebas dari BAB sembarangan.  Diantaranya, Kelurahan Debong Kidul, Debong Kulon, Bandung, Kalinyamat Wetan, Pekauman, Kemandungan, Debong Lor, Cabawan dan Kaligangsa.

Kepala Dinkes Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Tegal, Wiharto mengatakan, Kota Tegal belum terbebas dari BAB Sembarngan. Untuk itu,  pada tahun 2019, pihaknya menargetkan 66 persen warga Kota Tegal sudah BAB pada jamban sehat.

Sedangkan tahun 2020, kata Wiharto, Dinkes menargetkan Kota Tegal stop BAB Sembarangan, 100 persen ODF.

Menurut Wiharto, salah satu langkah yang ditempuh untuk stop BAB Sembarangan dengan pemicuan. “Apabila masih ada yang masih BAB Sembarngan, kita akan picu mereka agar tidak lagi BAB Sembarangan lagi, akan tetapi menggunakan jamban”, kata Wiharto.

Selain itu, kata Wiharto, pihaknya juga memberikan stimulant jamban bagi warga yang kurang mampu. Lalu, Dinkes Kota Tegal juga membentuk Kelompok Pemberantas Kakus Liar (Kopas Kali). Tugas Kopas Kali nantinya melakukan pemicuan pada setiap pertemuan, baik ditingkat RT, RW sampai dengan kelurahan.

“Diharapkan melalui pemicuan ini perilaku masyarakat berubah, yang masih BAB di sungai, sawah akan berubah di Jamban sehat”, ujar Wiharto.

Sementara itu, perwakilan Puskesmas Debong Lor Indrianto mengatakan perilaku buang air besar yang sehat dapat memutus alur kontaminasi kotoran manusia sebagai sumber penyakit secara berkelanjutan.

Untuk itu, masyarakat diminta menyediakan dan memelihara sarana buang air besar yang memenuhi standar dan persyaratan kesehatan. Dalam kotoran manusia terdapat virus hepatitis, polio, bakteri kolera dan penyakit lainnya, apabila BAB di sungai  maka masyarakat di sepanjang aliran sungai akan terkena dampaknya.

 

Berita Lainnya

Blusukan ke Pasar Pagi Kota Tegal, Satlantas Gelar Sosialisasi Keselamatan
Berita 11 Mar, 2018

Blusukan ke Pasar Pagi Kota Tegal, Satlantas Gelar Sosialisasi Keselamatan

TEGAL-Sejumlah para pedagang sontak kaget dan panik ketika sejumlah anggota berdatangan, Sabtu (10/03). Kepanikan yang dialami sejumlah pedagang mereda ketika…

Ratusan Kendaraan Dinas Pemkot Tegal Ikuti Ramp Check dan Uji Emisi
Berita 02 Mar, 2017

Ratusan Kendaraan Dinas Pemkot Tegal Ikuti Ramp Check dan Uji Emisi

TEGAL – Politeknik Keselamatan Tranportasi Jalan (PKTJ) Tegal bekerjasama dengan  Pemerintah Kota Tegal menggelar Ramp Check (Inspeksi Mesin Kendaraan )…

Lapas Tegal Gelar Apel Komitmen Pelaksanaan Janji Kinerja
Berita 30 Jan, 2019

Lapas Tegal Gelar Apel Komitmen Pelaksanaan Janji Kinerja

Tegal – Apel Komitmen Pelaksanaan Janji Kinerja tahun 2019 Lapas Kelas II B dilaksanakan di Lapas Kelas II B Tegal,…

Langgar Ketentuan, Sejumlah APK Ditertibkan Bawaslu Kota Tegal
Berita 19 Mar, 2019

Langgar Ketentuan, Sejumlah APK Ditertibkan Bawaslu Kota Tegal

TEGAL-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal bersama tim gabungan kembali  menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK), Selasa (19/3/2019) pagi. Pada penertiban…

Kemenag Buka Pelunasan Biaya Haji Mulai 16 April 2018
Berita 16 Apr, 2018

Kemenag Buka Pelunasan Biaya Haji Mulai 16 April 2018

TEGAL-Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal telah membuka pelunasan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) bagi jemaah haji reguler dan Tim…

Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kota Tegal ke 438
Berita 04 Apr, 2018

Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kota Tegal ke 438

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menyiapkan 21 rangkaian kegiatan untuk memperingati hari jadi Kota Tegal ke 438 yang jatuh pada 12 April…

Most from this category