Dinkes Kota Tegal Ajak Warga Stop BAB Sembarangan

TEGAL– Dinas Kesehatan Kota Tegal gencar menggelar pemicuan program stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan atau open defecation free (ODF). Kali ini, Dinkes menyasar Kelurahan Pesurungan Kidul mengajak warganya stop BAB Sembarangan, Selasa (12/3/2019).

Hadir pada kegiatan tersebut Kasi Penyehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja Dinkes Kota Tegal Siti Halamah, Lurah Pesurungan Kidul Trismanto, jajaran Babinsa dan Banbinkamtibmas Kel. Pesurungan Kidul.

Berdasarkan data dari Dinkes Kota Tegal, dari 27 Kelurahan di Kota Tegal, sembilan Kelurahan diantaranya sudah dinyatakan bebas dari BAB sembarangan.  Diantaranya, Kelurahan Debong Kidul, Debong Kulon, Bandung, Kalinyamat Wetan, Pekauman, Kemandungan, Debong Lor, Cabawan dan Kaligangsa.

Kepala Dinkes Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Tegal, Wiharto mengatakan, Kota Tegal belum terbebas dari BAB Sembarngan. Untuk itu,  pada tahun 2019, pihaknya menargetkan 66 persen warga Kota Tegal sudah BAB pada jamban sehat.

Sedangkan tahun 2020, kata Wiharto, Dinkes menargetkan Kota Tegal stop BAB Sembarangan, 100 persen ODF.

Menurut Wiharto, salah satu langkah yang ditempuh untuk stop BAB Sembarangan dengan pemicuan. “Apabila masih ada yang masih BAB Sembarngan, kita akan picu mereka agar tidak lagi BAB Sembarangan lagi, akan tetapi menggunakan jamban”, kata Wiharto.

Selain itu, kata Wiharto, pihaknya juga memberikan stimulant jamban bagi warga yang kurang mampu. Lalu, Dinkes Kota Tegal juga membentuk Kelompok Pemberantas Kakus Liar (Kopas Kali). Tugas Kopas Kali nantinya melakukan pemicuan pada setiap pertemuan, baik ditingkat RT, RW sampai dengan kelurahan.

“Diharapkan melalui pemicuan ini perilaku masyarakat berubah, yang masih BAB di sungai, sawah akan berubah di Jamban sehat”, ujar Wiharto.

Sementara itu, perwakilan Puskesmas Debong Lor Indrianto mengatakan perilaku buang air besar yang sehat dapat memutus alur kontaminasi kotoran manusia sebagai sumber penyakit secara berkelanjutan.

Untuk itu, masyarakat diminta menyediakan dan memelihara sarana buang air besar yang memenuhi standar dan persyaratan kesehatan. Dalam kotoran manusia terdapat virus hepatitis, polio, bakteri kolera dan penyakit lainnya, apabila BAB di sungai  maka masyarakat di sepanjang aliran sungai akan terkena dampaknya.

 

Berita Lainnya

Pengusaha Diminta Patuhi Besaran UMK Kota Tegal
Berita 04 Dec, 2017

Pengusaha Diminta Patuhi Besaran UMK Kota Tegal

TEGAL-Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakerin) Kota Tegal Markus Wahyu Priyono meminta perusahaan mematuhi besaran upah minimum…

Libur Lebaran menjadi Berkah Bagi Penyedia Jasa Sewa Ban
Berita 30 Jun, 2017

Libur Lebaran menjadi Berkah Bagi Penyedia Jasa Sewa Ban

TEGAL – Libur Hari Raya Idul Fitri 1438 H menjadi berkah bagi penyedia jasa sewa ban di lokasi Obyek Wisata…

Disnakerin Kota Tegal Gelar Sosialisasi Penyelesaian PHI
Berita 26 Apr, 2018

Disnakerin Kota Tegal Gelar Sosialisasi Penyelesaian PHI

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengadakan Sosialisasi Upaya Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Plaza Hotel, Kamis (26/4).…

Begini Suasana Pengamanan Kantor  KPU Kota Tegal Jelang Pendaftaran Balon Walikota
Berita 08 Jan, 2018

Begini Suasana Pengamanan Kantor KPU Kota Tegal Jelang Pendaftaran Balon Walikota

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal mulai membuka pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal, Senin (8/1). Selama tiga…

Masyarakat Perlu Pengetahuan Tentang Penggunaan Obat
Berita 17 Dec, 2017

Masyarakat Perlu Pengetahuan Tentang Penggunaan Obat

Selama ini masyarakat kurang memahami bagaimana penggunaan obat secara benar, serta pemahaman tentang obat yang dikonsumsi, salah satu tugas apoteker…

Usai Dilantik, PPK Diminta Jaga Kode Etik
Berita 04 Nov, 2017

Usai Dilantik, PPK Diminta Jaga Kode Etik

TEGAL-Sedikitnya 20 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Tegal dilantik di Aula Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Jl.…

Most from this category