Buku Serial Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Diluncurkan

TEGAL-Sedikitnya tujuh serial Buku Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Wanita Bijak Kata diluncurkan,  Rabu (6/3) di di ruang Paripurna, DPRD Kota Tegal. Semua judul buku tersebut merupakan hasil karya masyarakat.

Inovator Pendidikan dan juga Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Dr. Yusqon, mengatakan, implementasi GTM tersebut bermula dari bantuan motor literasi dari Kementerian. Motor tersebut digunakan untuk menyasar ke tempat anak-anak berkumpul dan masyarakat.

“Di antaranya SD Panggung 5, SDIT Usamah, SLB Negeri Kota Tegal, SD Sumurpanggang 2 dan Kelurahan Panggung. Semua yang didatangi tersebut merupakan perwakilan dari sekolah negeri, swasta, sekolah khusus dan masyarakat,” ungkap Doktor Yusqon.

Pada saat kunjungan lokasi tersebut, kata Doktor Yusqon, mereka diminta untuk membaca dan diberikan pelatihan menulis. Selanjutnya, mereka menulis dan hasil karyanya dibukukan dalam bentuk buku.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal Nuril Syamsiyah, mengatakan, Gerakan Tegal Membaca diharapkan mampu meningkatkan budaya baca, memberdayakan pojok baca, mengembangkan para penulis muda.

Wali Kota Tegal HM. Nursholeh yang diwakili Asisten II Herlien Tedjo Oetami mengapresiasi peluncuran buku tersebut. Hal ini sebagai salah satu perwujudan nyata dalam mengimplementasikan Gerakan Tegal Membaca.

Untuk itu, Wali Kota mengajak seluruh unsur masyarakat yang lain baik pendidikan, agama, swasta harus mau bergerak bersama untuk membantu Kota Tegal dalam mengimplementasikan gerakan Tegal membaca dan berharap gerakan Tegal membaca mampu mendorong masyarakat untuk sadar membaca.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, digelar pula talk show literasi dengan narasumber antara lain Yessi Gusman, Bunda Baca Kota Tegal Endang Nursholeh dan Pemerihati dan Pencegahan Kekerasn Anak Ratna Edy Suripno.

Hadir pula, Wali Kota Terpilih Dedy Yon Supriyono. Dalam sambutannya, Wali Kota Terpilih Dedy Yon Supriyono mengapresiasi Gerakan Tegal Membaca. Dedy berharap, adanya GTM itu, tidak ada lagi masyarakat buta huruf.

Berita Lainnya

Sinergi Semua Pihak Diperlukan Dalam Pengamanan Idul Fitri.
Berita 25 May, 2018

Sinergi Semua Pihak Diperlukan Dalam Pengamanan Idul Fitri.

Tegal – Rapat Koordinasi lintas sektor “Ketupat-Candi 2018” dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1439 hijriah tahun 2018 di…

Perayaan Imlek 2568 Tahun Ayam Api Berlangsung Meriah Dan Aman
Berita 06 Feb, 2017

Perayaan Imlek 2568 Tahun Ayam Api Berlangsung Meriah Dan Aman

Tegal – Perayaan tahun baru China atau Imlek 2568 benar benar meriah dan berlangsung aman, nyaman kondusif tidak ada gejolak…

Apa itu PUSKESWAN?
Berita 19 Jan, 2017

Apa itu PUSKESWAN?

TEGAL - Masalah kesehatan harus dipandang sebagai masalah semesta, yang memerlukan pendekatan. Masalah kesehatan bukan hanya monopoli untuk manusia saja,…

577 Pemuda Ikuti Tahapan Seleksi CABA, CATA TNI-AL Tahun 2018, di Mako Lanal Tegal
Berita 09 Aug, 2018

577 Pemuda Ikuti Tahapan Seleksi CABA, CATA TNI-AL Tahun 2018, di Mako Lanal Tegal

TEGAL-Sebanyak 577 Pemuda yang berasal dari wilayah eks Karisidenan Pekalongan mengikuti tes seleksi tahap I (satu) penerimaan CABA, CATA TNI-AL…

Penuhi Air Bersih, Pelabuhan Tegal Suling Air Laut Jadi Air Tawar
Berita 07 Nov, 2018

Penuhi Air Bersih, Pelabuhan Tegal Suling Air Laut Jadi Air Tawar

TEGAL- Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III rencananya akan membangun instalasi penyulingan air laut menjadi air tawar…

KONI Kota Tegal Gelar Musorkot
Berita 30 Jan, 2017

KONI Kota Tegal Gelar Musorkot

TEGAL - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tegal menggelar Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) dalam rangka pertanggungjawaban pengurus KONI periode…

Most from this category