Buku Serial Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Diluncurkan

TEGAL-Sedikitnya tujuh serial Buku Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Wanita Bijak Kata diluncurkan,  Rabu (6/3) di di ruang Paripurna, DPRD Kota Tegal. Semua judul buku tersebut merupakan hasil karya masyarakat.

Inovator Pendidikan dan juga Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Dr. Yusqon, mengatakan, implementasi GTM tersebut bermula dari bantuan motor literasi dari Kementerian. Motor tersebut digunakan untuk menyasar ke tempat anak-anak berkumpul dan masyarakat.

“Di antaranya SD Panggung 5, SDIT Usamah, SLB Negeri Kota Tegal, SD Sumurpanggang 2 dan Kelurahan Panggung. Semua yang didatangi tersebut merupakan perwakilan dari sekolah negeri, swasta, sekolah khusus dan masyarakat,” ungkap Doktor Yusqon.

Pada saat kunjungan lokasi tersebut, kata Doktor Yusqon, mereka diminta untuk membaca dan diberikan pelatihan menulis. Selanjutnya, mereka menulis dan hasil karyanya dibukukan dalam bentuk buku.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal Nuril Syamsiyah, mengatakan, Gerakan Tegal Membaca diharapkan mampu meningkatkan budaya baca, memberdayakan pojok baca, mengembangkan para penulis muda.

Wali Kota Tegal HM. Nursholeh yang diwakili Asisten II Herlien Tedjo Oetami mengapresiasi peluncuran buku tersebut. Hal ini sebagai salah satu perwujudan nyata dalam mengimplementasikan Gerakan Tegal Membaca.

Untuk itu, Wali Kota mengajak seluruh unsur masyarakat yang lain baik pendidikan, agama, swasta harus mau bergerak bersama untuk membantu Kota Tegal dalam mengimplementasikan gerakan Tegal membaca dan berharap gerakan Tegal membaca mampu mendorong masyarakat untuk sadar membaca.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, digelar pula talk show literasi dengan narasumber antara lain Yessi Gusman, Bunda Baca Kota Tegal Endang Nursholeh dan Pemerihati dan Pencegahan Kekerasn Anak Ratna Edy Suripno.

Hadir pula, Wali Kota Terpilih Dedy Yon Supriyono. Dalam sambutannya, Wali Kota Terpilih Dedy Yon Supriyono mengapresiasi Gerakan Tegal Membaca. Dedy berharap, adanya GTM itu, tidak ada lagi masyarakat buta huruf.

Berita Lainnya

Teater Qi Tegal Akan Pentaskan Rashomon
Berita 27 Oct, 2017

Teater Qi Tegal Akan Pentaskan Rashomon

TEGAL – Jika anda penikmat seni dan budaya tak salah bila anda menyaksikan sebuah pementasan oleh Teater Qi Tegal dengan…

PLN Area Tegal Adakan Bukber dengan Anak Yatim Piatu
Berita 07 Jun, 2017

PLN Area Tegal Adakan Bukber dengan Anak Yatim Piatu

TEGAL – Terlihat berbeda di parker kantor PLN Area Tegal, yang biasa digunakan untuk parkir kendaraan  pada Selasa (6/6) dipenuhi…

Satpol PP Ciduk Pelajar Saat Asik Nongkrong di Pantai
Berita 15 Mar, 2018

Satpol PP Ciduk Pelajar Saat Asik Nongkrong di Pantai

TEGAL-Satuan Polisi (Satpol) PP Kota Tegal menertibkan pelajar yang nongkrong di pantai saat jam belajar, Kamis (15/3). Penertiban ini guna…

Walikota Liat Langsung Penggunaan Cantrang di Laut Lepas
Berita 04 Dec, 2016

Walikota Liat Langsung Penggunaan Cantrang di Laut Lepas

TEGAL- Menindaklanjuti permohonan nelayan agar Pemerintah Kota Tegal dapat membantu nasib para nelayan terkait adanya larangan penggunaan alat tangkap cantrang…

Kuliner Yang Tegal Banget
Berita 01 Mar, 2017

Kuliner Yang Tegal Banget

TEGAL-Apa sih yang tidak ada di Kota Tegal? Hampir semua ada. Hampir semua tersedia. Hampir semua bisa. Apalagi kalau yang…

Lima Pasangan Calon Lolos Tes Kesehatan
Berita 17 Jan, 2018

Lima Pasangan Calon Lolos Tes Kesehatan

TEGAL-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal Agus Wijanarko, mengumumkan hasil tes kesehatan bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil…

Most from this category