Buku Serial Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Diluncurkan

TEGAL-Sedikitnya tujuh serial Buku Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Wanita Bijak Kata diluncurkan,  Rabu (6/3) di di ruang Paripurna, DPRD Kota Tegal. Semua judul buku tersebut merupakan hasil karya masyarakat.

Inovator Pendidikan dan juga Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Dr. Yusqon, mengatakan, implementasi GTM tersebut bermula dari bantuan motor literasi dari Kementerian. Motor tersebut digunakan untuk menyasar ke tempat anak-anak berkumpul dan masyarakat.

“Di antaranya SD Panggung 5, SDIT Usamah, SLB Negeri Kota Tegal, SD Sumurpanggang 2 dan Kelurahan Panggung. Semua yang didatangi tersebut merupakan perwakilan dari sekolah negeri, swasta, sekolah khusus dan masyarakat,” ungkap Doktor Yusqon.

Pada saat kunjungan lokasi tersebut, kata Doktor Yusqon, mereka diminta untuk membaca dan diberikan pelatihan menulis. Selanjutnya, mereka menulis dan hasil karyanya dibukukan dalam bentuk buku.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal Nuril Syamsiyah, mengatakan, Gerakan Tegal Membaca diharapkan mampu meningkatkan budaya baca, memberdayakan pojok baca, mengembangkan para penulis muda.

Wali Kota Tegal HM. Nursholeh yang diwakili Asisten II Herlien Tedjo Oetami mengapresiasi peluncuran buku tersebut. Hal ini sebagai salah satu perwujudan nyata dalam mengimplementasikan Gerakan Tegal Membaca.

Untuk itu, Wali Kota mengajak seluruh unsur masyarakat yang lain baik pendidikan, agama, swasta harus mau bergerak bersama untuk membantu Kota Tegal dalam mengimplementasikan gerakan Tegal membaca dan berharap gerakan Tegal membaca mampu mendorong masyarakat untuk sadar membaca.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, digelar pula talk show literasi dengan narasumber antara lain Yessi Gusman, Bunda Baca Kota Tegal Endang Nursholeh dan Pemerihati dan Pencegahan Kekerasn Anak Ratna Edy Suripno.

Hadir pula, Wali Kota Terpilih Dedy Yon Supriyono. Dalam sambutannya, Wali Kota Terpilih Dedy Yon Supriyono mengapresiasi Gerakan Tegal Membaca. Dedy berharap, adanya GTM itu, tidak ada lagi masyarakat buta huruf.

Berita Lainnya

Plt. Wali Kota Jenguk Penderita Kanker
Berita 07 Jan, 2018

Plt. Wali Kota Jenguk Penderita Kanker

Plt. Wali Kota Tegal M. Nursholeh menjenguk Kanah (54), warga jalan Batam, RT 06 RW 13, kelurahan panggung yang hanya…

Balai Bahasa Jateng Gelar Penyuluhan
Berita 06 Sep, 2017

Balai Bahasa Jateng Gelar Penyuluhan

TEGAL-Balai Bahasa Jawa Tengah gelar Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Media Luar Ruangan, Rabu (6/9) di Hotel Pesona Tegal, Jalan…

352 Ahli Madya Farmasi Angkat Sumpah
Berita 03 Nov, 2018

352 Ahli Madya Farmasi Angkat Sumpah

TEGAL – Politeknik Harapan Bersama (PHB) menggelar Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) D3 Farmasi Koordinator Wilayah (Korwil)…

DKT Menerima Bantuan Alat Menonton Film dari Kementerian
Berita 01 Nov, 2018

DKT Menerima Bantuan Alat Menonton Film dari Kementerian

Dewan Kesenian Kota Tegal (DKT) mendapat bantuan berupa peralatan menonton film dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemberian bantuan tersebut diserahkan…

KM Berkah Agung Meledak, 1 ABK Hilang
Berita 08 Sep, 2017

KM Berkah Agung Meledak, 1 ABK Hilang

TEGAL -  Terjadinya ledakan pada Kapal Motor Berkah Agung  milik salah seorang warga  Kota Tegal, di perairan Kalimantan Barat mengakibatkan…

Jumadi: Pemerintah dan Industri Plastik Harus Bekerja Sama
Berita 11 Jul, 2019

Jumadi: Pemerintah dan Industri Plastik Harus Bekerja Sama

JAKARTA – Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi, S.T., M. M., mengatakan persoalan sampah, utamanya sampah plastik, agar tidak hanya ditangani…

Most from this category