Buku Serial Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Diluncurkan

TEGAL-Sedikitnya tujuh serial Buku Kampung Literasi dan Gerakan Tegal Membaca Wanita Bijak Kata diluncurkan,  Rabu (6/3) di di ruang Paripurna, DPRD Kota Tegal. Semua judul buku tersebut merupakan hasil karya masyarakat.

Inovator Pendidikan dan juga Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Dr. Yusqon, mengatakan, implementasi GTM tersebut bermula dari bantuan motor literasi dari Kementerian. Motor tersebut digunakan untuk menyasar ke tempat anak-anak berkumpul dan masyarakat.

“Di antaranya SD Panggung 5, SDIT Usamah, SLB Negeri Kota Tegal, SD Sumurpanggang 2 dan Kelurahan Panggung. Semua yang didatangi tersebut merupakan perwakilan dari sekolah negeri, swasta, sekolah khusus dan masyarakat,” ungkap Doktor Yusqon.

Pada saat kunjungan lokasi tersebut, kata Doktor Yusqon, mereka diminta untuk membaca dan diberikan pelatihan menulis. Selanjutnya, mereka menulis dan hasil karyanya dibukukan dalam bentuk buku.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal Nuril Syamsiyah, mengatakan, Gerakan Tegal Membaca diharapkan mampu meningkatkan budaya baca, memberdayakan pojok baca, mengembangkan para penulis muda.

Wali Kota Tegal HM. Nursholeh yang diwakili Asisten II Herlien Tedjo Oetami mengapresiasi peluncuran buku tersebut. Hal ini sebagai salah satu perwujudan nyata dalam mengimplementasikan Gerakan Tegal Membaca.

Untuk itu, Wali Kota mengajak seluruh unsur masyarakat yang lain baik pendidikan, agama, swasta harus mau bergerak bersama untuk membantu Kota Tegal dalam mengimplementasikan gerakan Tegal membaca dan berharap gerakan Tegal membaca mampu mendorong masyarakat untuk sadar membaca.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, digelar pula talk show literasi dengan narasumber antara lain Yessi Gusman, Bunda Baca Kota Tegal Endang Nursholeh dan Pemerihati dan Pencegahan Kekerasn Anak Ratna Edy Suripno.

Hadir pula, Wali Kota Terpilih Dedy Yon Supriyono. Dalam sambutannya, Wali Kota Terpilih Dedy Yon Supriyono mengapresiasi Gerakan Tegal Membaca. Dedy berharap, adanya GTM itu, tidak ada lagi masyarakat buta huruf.

Berita Lainnya

MAN Tegal Melaju ke Babak Final Cabang Sepakbola
Berita 16 Feb, 2017

MAN Tegal Melaju ke Babak Final Cabang Sepakbola

TEGAL – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kota Tegal cabang sepakbola SMA/ SMK/ MA akan memasuki babak final.…

Story Telling Untuk Semua Umur
Berita 13 Mar, 2017

Story Telling Untuk Semua Umur

TEGAL-Masyarakat selama ini keliru, jika berpikiran bahwa bercerita/mendongeng (story telling), adalah hanya dikonsumsikan bagi anak-anak usia dini yakni PAUD, TK…

Potensi Wilayah Dapat Dijadikan Identitas Kampung KB
Berita 03 Oct, 2018

Potensi Wilayah Dapat Dijadikan Identitas Kampung KB

TEGAL-Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal, Diah Triastuti mengatakan potensi wilayah…

Jelang Pembukaan MTQ, Ratusan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf
Berita 10 Oct, 2017

Jelang Pembukaan MTQ, Ratusan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf

TEGAL-Jelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Tegal, ratusan peserta dari berbagai tingkatan sekolah di Kota Tegal ikuti pawai…

Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Lindungi IKM
Berita 14 Nov, 2018

Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Lindungi IKM

TEGAL – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal menggelar sosialisasi perlindungan ketenagakerjaan bagi pelaku dan pekerja Industri Kecil Menengah…

Walikota Tegal Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Mangkukusuman
Berita 27 May, 2017

Walikota Tegal Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Mangkukusuman

TEGAL – Pelaksanaan kegiatan silaturahmi walikota Tegal dengan masyarakat di kelurahan Mangkukusuman terutama di Mushola dan TPQ Riyadus Solihin berlangsung…

Most from this category