Pegiat Lingkungan di Kota Tegal Dilatih Kerajinan Daur Ulang Sampah

TEGAL-Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal bersama Komunitas Runtah Tegal Laka-laka (Rutella)  mengadakan Pelatihan Kerajinan Daur Ulang sampah, Rabu (13/2.  Sedikitnya 30 peserta daru pengelola bank sampah dan penggiat lingkungan mengikuti pelatihan di Pesonna Hotel Tegal  itu.

Selama dua hari, mereka bakal dilatih oleh beberapa Instruktur rentang bagaimana membuat produk dari sampah. Instruktur tersebut diantaranya Pegiat Komunitas Runtah Tegal Laka-laka (Rutella) Amril Lurman dan Nur Laelatul Aqifah, salah satu nomine Penghargaan Kalpataru tingkat Jawa Tengah.

Kepala Seksi Pengelolaan Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Andry Hendratmoko mengatakan, tujuan pelatihan tersebut untuk mengedukasi masyarakat untuk peduli dalam pengelolaan sampah. Meningkatkan pengetahuan, kreatifitas dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah plastik.

Lalu, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan teknis kerajinan daur ulang sampag anorganik dan meningkatkan ketrampilan kerajina daur ulang sampah anorganik.

Kepala DLH Kota Tegal Ir. Resti Drijo Prihanto yang diwakil Sekretaris Dinas Nunik Pratiwi mengatakan sampah sudah menjadi permasalahan yang vital saat ini.  Bertambahnya penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat telah menimbulkan bertambahnya volume, jenis dan karateristik sampah yang semakin beragam.

“Untuk mengurangi residu sampah, maka perlu adanya pelestarian dan pemanfaatan sampah agar menjadi barang yang dapat memiliki nilai guna”, kata Nunik dalam sambutannya.

Nunik menuturkan, dari hari ke hari sampah terus menumpuk, dan tentunya di tahun mendatang akan sangat berbahaya dan menjadi ancaman jika tidak ada upaya pemanfaatan daur ulang. Agar bisa menjadi barang yang bernilai, strategi ini (daur ulang) dinilai paling tepat agar mampu mengurangi sampah.

Melalui pelatihan ini, kata Nunik, dapat dipraktikkan pemanfaatan sampah dan memgubah pola pikir masyarakat agar mau memilih, memilah dan mau memanfaatkan sampah. Karena daur ulang sampah mampu menghasilkan barang-barang bernilai.

“Ini bisa menjadi titik sadar mau mengurangi penggunaan sampah plastik, seperti penggunaan kantong plastik kresek ketika berbelanja, bisa membawa kantong sendiri dari rumah”, ujar Nunik.

Pegiat Rutella Amril Lurman  selaku Instruktur mengatakan kegiatan ini sangat membantu masyarakat sekaligus mendukung upaya pengurangan sampah khususnya sampah anorganik. Pelatihan ini berupa materi sekaligus praktek yakni pembuatan tas dari bungkus kopi dan limbah koran.

Amril mengaku sudah menggeluti dunia daur ulang sejak 2013 dari keprihatinan sampah. Dulu ikut di Jakarta bergabung dengan komunitas yang akhirnya mendapatkan ilmu mendaur ulang sampah hingga pulang ke Tegal dan diterapkan serta dikembangkan.

Berita Lainnya

Jadi Irup Upacara Hari Lahir Pancasila, DanLanal Ajak Jaga Persatuan Bangsa
Berita 01 Jun, 2019

Jadi Irup Upacara Hari Lahir Pancasila, DanLanal Ajak Jaga Persatuan Bangsa

Bertindak sebagai Inspektur upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019, Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Hariyanto, mengajak semua…

61 Peserta Ikuti Uji Kompetensi Rias Pengantin
Berita 14 Feb, 2019

61 Peserta Ikuti Uji Kompetensi Rias Pengantin

TEGAL - Sebanyak 61 peserta mengikuti uji kompetensi rias pengantin di LKP Tania, Kota Tegal, Kamis (14/2). Uji kompetensi tersebut…

Ribuan Lansia Ikuti Puncak Peringatan HLUN Tingkat Kota Tegal
Berita 22 Sep, 2019

Ribuan Lansia Ikuti Puncak Peringatan HLUN Tingkat Kota Tegal

Tegal – Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Sosial Kota Tegal menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23 tahun…

KPU Kota Tegal Serahkan Verifikasi Berkas Administasi Parpol
Berita 16 Nov, 2017

KPU Kota Tegal Serahkan Verifikasi Berkas Administasi Parpol

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menyerahkan hasil Verifikasi Administrasi Berkas Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019, Kamis…

Disdikbud Gelar Bimtek Kurtilas
Berita 10 Jul, 2017

Disdikbud Gelar Bimtek Kurtilas

TEGAL-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Kurikulum 2013 (Kurtilas) selama 6 hari, 10-15 Juli 2017…

ODF Sumurpanggang Dihadiri Kader Kesehatan
Berita 21 Feb, 2018

ODF Sumurpanggang Dihadiri Kader Kesehatan

TEGAL - Penyelenggaraan Percepatan Open Defection Free (ODF) di Kelurahan Sumurpanggang Kecamatan Margadana Kota Tegal yang berlangsung di Pendopo Kelurahan…

Most from this category