Sekolah Ramah Anak Ciptakan Agen Perubahan Anak

TEGAL– Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal sasar enam sekolah pada kegiatan advokasi Sekolah Ramah Anak.

Sekolah tersebut, yakni SMP Negeri 1 Kota Tegal, SMP Negeri 2 Kota Tegal,  SMP Al Irsyad, SMA Negeri 2 Kota Tegal, SMA Negeri 3 Kota Tegal dan SMK Negeri 1 Kota Tegal.  Melalui kegiatan advokasi tersebut diharapkan para siswa menjadi agen perubahan anak.

Jum’at (8/2) pagi, advokasi Sekolah Ramah Anak digelar di SMP Al Irsyad Kota Tegal. Pada kesempatan tersebut, peserta yang mengikuti kegiatan advokasi dibagi kedalam beberapa kelompok.

Mereka membuat tulisan seperti sekolah menyenangkan bagi anak, jam keseharian agen perubahan, mengurai bentuk-bentuk kekerasan baik kekeraaan fisik, psikis dan cyber bullying serta diajak bermain fun games yang menyenangkan.

Fasilitator Forum Anak Prochild Community Indonesia Erry Pratama Putra mengungkapkan, kekerasan sangat dekat dengan anak. Sebab, kata Erry, sedikit sekali perbedaan antara kekerasan dan gurauan. Misalnya, gurauan biasa, akan tetapi itu termasuk kekerasan.

Pembina OSIS SMP Al Irsyad Kota Tegal,  Istiqomah mengapresiasi kegiatan advokasi sekolah ramah anak. Dia berharap, apa yang didapat pada kegiatan tersebut nantinya dapat terapkan oleh anak didiknya dan mereka dapat mandiri.

Seperti yang diberitakan sebelumya, Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal, Diah Triastuti melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sri Gunarto mengatakan, Sekolah Ramah Anak memiliki 6 indikator yakni, komitmen, pelaksanaan kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak anak, sarana dan prasarana, partisipasi anak, partisipasi warga sekolah.

“Kita terus mendukung program Sekolah Ramah Anak, diharapkan mereka yang ikut menjadi agen perubahan anak yang menyalurkan disiplin positif”, kata Gunarto.

Gunarto menuturkan, pihaknya akan melakukan pendampingan bagi sekolah-sekolah sasaran, harapannya, tidak ada pembulian, pemalakan, kekerasan di sekolah dan sebagainya.

 

Berita Lainnya

Tanam Padi Serentak Kodim 0712 Tegal
Berita 09 Jan, 2018

Tanam Padi Serentak Kodim 0712 Tegal

BERITA FOTO: Jajaran personel TNI bersama jajaran Pemerintah Kota Tegal, Gapoktan dan petani melaksanakan tanam padi serentak dengan varitas Inpari…

Kota Tegal Raih Penyaji Terbaik Pertama di Festival Budaya Lisan
Berita 29 Aug, 2018

Kota Tegal Raih Penyaji Terbaik Pertama di Festival Budaya Lisan

Tegal - Kota Tegal berhasil meraih juara penyaji terbaik pertama dalam perhelatan Festival Budaya Lisan yang di gelar oleh Dinas…

7320 KPM PKH Meriahkan Jalan Sehat Gebyar Keluarga Harapan
Arsip 28 Oct, 2018

7320 KPM PKH Meriahkan Jalan Sehat Gebyar Keluarga Harapan

TEGAL – Sebanyak 7320 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Tegal meriahkan Jalan Sehat Gebyar Keluarga…

Sebanyak 24 PGOT Terjaring Razia
Berita 27 Feb, 2017

Sebanyak 24 PGOT Terjaring Razia

TEGAL- Sebanyak 24 orang  pengemis gelandangan orang terlantar (PGOT) terjaring razia rutin gabungan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kota Tegal…

Kampanye Gemarikan, “Ayo Makan Ikan”
Berita 19 Sep, 2019

Kampanye Gemarikan, “Ayo Makan Ikan”

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah menggelar Kampanye Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan). Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (19/9) di…

Penyerahan LHE AKIP, Kota Tegal Kembali Raih Predikat “CC”
Berita 07 Feb, 2017

Penyerahan LHE AKIP, Kota Tegal Kembali Raih Predikat “CC”

Yogyakarta- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) kembali menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE…

Most from this category