Pemkot Tegal Gelar Advokasi Sekolah Ramah Anak

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) menggelar kegiatan advokasi Sekolah Ramah Anak, Kamis (7/2) di SMA Negeri 3 Kota Tegal, Jalan Sumbodro, Kota Tegal.

Melalui kegiatan advokasi tersebut diharapkan para siswa menjadi agen perubahan anak. Hadir pada kesempatan tersebut  Fasilitator Forum Anak Prochild Community Indonesia Erry Pratama Putra.

Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal, Diah Triastuti melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sri Gunarto mengatakan, kegiatan tersebut menyasar 6 sekolah, yakni SMP Negeri 1 Kota Tegal, SMP Negeri 2 Kota Tegal,  SMP Al Irsyad, SMA Negeri 2 Kota Tegal, SMA Negeri 3 Kota Tegal dan SMK Negeri 1 Kota Tegal.

Menurut Gunarto, Sekolah Ramah Anak memiliki 6 indikator yakni, komitmen, pelaksanaan kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak anak, sarana dan prasarana, partisipasi anak, partisipasi warga sekolah.

“Kita terus mendukung program Sekolah Ramah Anak, diharapkan mereka yang ikut menjadi agen perubahan anak yang menyalurkan disiplin positif”, kata Gunarto.

Gunarto menuturkan, pihaknya akan melakukan pendampingan bagi sekolah-sekolah sasaran, harapannya, tidak ada pembulian, pemalakan, kekerasan di sekolah dan sebagainya.

Disinggung mengenai Kota Tegal sebagai Layak Anak, Gunarto berharap Kota Tegal betul-betul layak anak. Untuk itu, Dia berharap semua stakeholder berperan untuk mensukseskan Kota Tegal sebagai Layak Anak.

Sementara itu, Ketua Forum Anak Tegal Bahari (Fantri) Alvina Virda Nica, mengungkapkan melalui kegiatan ini sebagai bentuk pemenuhan hak-hak anak. Menurut Alvina, mereka diberi tahu hak-hak anak apa saja.

Selain itu, melalui kegiatan  tersebut, kata Alvina, pihaknya mengajak untuk stop kekerasan pada anak, bullying di sekolah, palak memalak.  “Intinya stok kekeraaan di sekolah, baik oleh anak-anak, senior maupun warga sekolah”, pungkas Alvina.

 

Berita Lainnya

Berita 16 Jan, 2018

Babinsa, Bubarkan Tawuran Pelajar

TEGAL - Sejumlah  Pelajar dari berbagai arah berkumpul di Jalan Kolonel Sugiono, Kota Tegal (13/01) sekitar pukul 14.00. Mereka berdatangan…

Walikota Tegal Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Mangkukusuman
Berita 27 May, 2017

Walikota Tegal Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Mangkukusuman

TEGAL – Pelaksanaan kegiatan silaturahmi walikota Tegal dengan masyarakat di kelurahan Mangkukusuman terutama di Mushola dan TPQ Riyadus Solihin berlangsung…

Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD Kardinah Di Survei Akreditasi Tim Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS)
Berita 07 Jan, 2019

Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD Kardinah Di Survei Akreditasi Tim Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS)

Tegal - Survei Akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 dari tanggal 7 sampai dengan 11 Januari 2019…

12 Anggota PPK dan 81 Anggota PPS Dilantik KPU Kota Tegal.
Berita 08 Mar, 2018

12 Anggota PPK dan 81 Anggota PPS Dilantik KPU Kota Tegal.

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal resmi melantik panitia pemilih kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di hotel Bahari…

KMD Kembali di Gelar UKM Racana Pancasakti
Berita 26 Jul, 2017

KMD Kembali di Gelar UKM Racana Pancasakti

TEGAL- Dewan Racana Pancasakti menyelenggarakan Program Kerja yang sangat penting untuk kelanjutan kegiatan Pramuka ditingkat Gugus Depan, yakni Kursus Mahir…

Gladi Bersih Upacara Popda
Berita 22 Feb, 2017

Gladi Bersih Upacara Popda

TEGAL- Pelajar merupakan bagian yang potensial di bidang pembangunan olahraga dan sacara khusus mempersiapkan Kota Tegal dalam menghadapi Pekan Olahraga…

Most from this category