Walikota Buka Forum Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Tegal – Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd membuka secara langsung Forum Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tegal tahun 2020, Senin (4/2/2019) di Gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal.

Kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD, maksud diselenggrakannya Forum Konsultasi Publik (FKP) ini adalah penyampaian program prioritas pembangunan beserta tema pembangunan Kota Tegal tahun 2020 sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama tentang pedoman pembangunan tahun 2019.

Disampaikan oleh Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Raperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD mengamanatkan kepada kita untuk tertib dalam melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan di daerah.

Walikota juga menambahkan bila di tahun 2019 merupakan tahun peralihan kepala daerah Kota Tegal periode 2014-2019 yang akan berakhir pada tanggal 23 Maret 2019, ke kepala daerah periode 2019-2024.

“Pada tahun 2019 ini kita berkewajiban menyusun RKPD tahun 2020 yang didahului dengan penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2020. Guna penyempurnaan rancangan awal RKPD 2020 ini maka perlu dilakukan konsultasi publik ranwal RKPD tahun 2020,” ucap Walikota.

“Dengan memahami tahapan proses penyusunan perencanaan yang sesuai dengan peraturan, kita dapat menyadari arti penting mengapa forum konsultasi public pada hari ini kita laksanakan,” ujar Walikota.

Sementara itu disampaikan oleh Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tegal, Kelik Haryono, S.Pi. bahwa tujuan dilaksanakannya konsultasi public rancangan awal RKPD Kota Tegal ini adalah untuk mendapatkan masukan penting Rancangan Awal RKPD yang lebih menitik beratkan pada aspek teknokratis serta guna penyempurnaan atas rancangan awal RKPD Kota Tegal tahun 2020 dengan menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah yang akan dilaksanakan di tahun 2020.

“Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitment seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD),” ucap Kelik.

Kelik juga menambahkan bahwa target peserta kegiatan ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari unsure DPRD Kota Tegal, Staf Ahli Walikota, Asisten Sekda, seluruh perangkat daerah dan kelurahan di lingkungan Pemkot Tegal, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Perguruan Tinggi, Akademisi, Tokoh masyarakat dan lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Walikota dan Wakil Walikota Terpilih Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, MM dan Jumadi, ST.MM, Penjabat Sekda Kota Tegal, Praptomo Wirjadarsana.

 

Berita Lainnya

Kapal Mangkrak Diminta Ditarik dari Pelabuhan
Berita 05 Jan, 2018

Kapal Mangkrak Diminta Ditarik dari Pelabuhan

TEGAL-Pengurus Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT) Riswanto menghimbau kepada pemilik kapal yang mangkrak agar menarik kapal tersebut dari pelabuhan niaga.…

TMMD Sengkuyung Tahap II Ditutup, Ini Pesan TNI Kepada Masyarakat
Berita 08 Aug, 2018

TMMD Sengkuyung Tahap II Ditutup, Ini Pesan TNI Kepada Masyarakat

TEGAL-Komandan Pangkalan TNI AL Tegal, Letkol Laut (P) Agus Haryanto, SE, Mtr. Hanla sebagai Inspektur upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap…

FANTI Adakan Penanaman Mangrove di PAI
Berita 02 May, 2017

FANTI Adakan Penanaman Mangrove di PAI

TEGAL – Tak ada rasa takut dan lelah jika menyambangi area mangrove di kawasan Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal,…

Naik Peringkat, Kota Tegal Sandang Kota Layak Anak dengan Kategori Madya
Berita 23 Jul, 2019

Naik Peringkat, Kota Tegal Sandang Kota Layak Anak dengan Kategori Madya

Kota Tegal naik peringkat, setelah tahun sebelumnya mendapat Kota Layak Anak (KLA) dengan kategori Pratama, ditahun 2019 ini, kota Tegal…

Disdukcapil Datangi Sekolah
Berita 31 Oct, 2017

Disdukcapil Datangi Sekolah

TEGAL- Dalam rangka mengahadapi Pilkada serentak 2018 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal melakukan jemput bola di…

UNBK Pendidikan Non Formal Akan Distandarisasikan
Berita 21 Feb, 2019

UNBK Pendidikan Non Formal Akan Distandarisasikan

Tegal - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di pendidikan non formal kejar paket akan distandarisasikan. Sehingga peserta ujian bisa menggunakan…

Most from this category