SMA Ihsaniyah Gelar Kreativitas Siswa

TEGAL – SMA Ihsaniyah Kota Tegal menggelar kegiatan kreativitas siswa berupa panggung pentas seni dan kewirausahaan. Kegiatan tersebut dilakukan secara bersamaan dalam waktu dan tempat yang sama. Kegiatan Panggung Pentas Seni yang digelar mengusung  tema “Art is Never Flat”.

Kegiatan ini diikuti semua kelas XII  SMA Ihsaniyah sebagai program penilaian ujian praktik mata pelajaran seni budaya. Mereka berlomba-lomba unjuk kebolehan bakat mereka masing-masing.

Ada yang menampilkan kesenian grup musik calung, ada yang menunjukan kebolehannya dalam bidang tari tradisional seperti tari zapin, ding ding, dan lainnya, ada pula yang menunjukkan kebolehannya dalam bidang tarik suara baik secara solo ataupun duo.

Ada juga yang menampilkan rebana, dan banyak kesenian yang ditampilkan di atas panggung pentas seni yang diselenggarakan di halaman kampus SMA Ihsaniyah Kota Tegal, Sabtu (26/1).

Sedangkan untuk kegiatan kewirausahaan diikuti semua siswa dari kelas X dan kelas XI. Mereka menunjukan kebolehan mereka dalam bidang tata boga.

Mereka saling bekerjasama satu dengan yang lain untuk membuat makanan yang lezat untuk dijajakan dengan penuh suka cita. Makanan yang mereka buat pun sangat beragam ada yang membuat makanan daerah seperti glotak atau yang sering orang Tegal sebut petis, ada pula es kuwut, es india, lutih, jasuke, sempolan, singkong thailand, piscok dan lain sebagainya.

Mereka nampak antusias untuk mempromosikan dagangannya kepada para siswa lain dan para dewan guru maupun staf Tata Usaha SMA Ihsaniyah Kota Tegal.

Guru Pengampu Mata Pelajaran Seni Budaya, Zumaroh mengatakan kKegiatan panggung pentas seni dan kegiatan kewirausahaan tersebut kerap kali dilakukan dan setiap tahunnya mengalami perubahan inovasi secara terus menerus.

Kegiatan tersebut diadakan guna meningkatkan kreativitas siswa-siswi SMA Ihsaniyah Kota Tegal baik dalam bidang seni ataupun bidang kuliner dan sebagainya.

Zumaroh menuturkan, pihak sekolah berharap dengan adanya kegiatan kreativitas ini, para siswa akan terlatih dan mulai mengasah bakat mereka dalam bidang seni. Selain itu juga, kegiatan kewirausahaan yang dilaksanakan beriringan pun dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih para siswa untuk berwirausaha sehingga mempersiapkan sedini mungkin para siswa untuk menjadi calon wirausahawan yang sukses.

Selain itu, kata Zumaroh, diharapkan kelak ketika para siswa sudah lulus dari SMA Ihsaniyah dan menjalani kehidupan yang sebenarnya mereka sudah siap dengan dunia kerja, dan mereka tidak harus mengandalkan lowongan pekerjaan yang ada, akan tetapi mampu untuk membangun pekerjaan sendiri dan bahkan menciptakan lowongan pekerjaan sendiri.

“Kegiatan panggung pentas seni ini dijadikan penilaian ujian praktik seni budaya bagi para siswa kelas XII, selain itu juga panggung pentas seni ini dapat meningkatkan kreativitas dan melatih bakat para siswa yang selama ini mereka pendam, dan hasilnya sangat memuaskan, semua siswa mengikuti panggung pentas seni dengan sangat baik dan saya tidak menyangka para siswa memiliki talenta yang luar biasa” kata Zumaroh, S.Pd.

Sementara itu, Waka Kurikulum SMA Ihsaniyah Kota Tegal mengatakan, pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, baik kegiatan panggung pentas seni ataupun kegiatan kewirausahaan sangat bermanfaat bagi siswa.

“Melalui ajang ini juga, kami dapat melihat secara langsung talenta para siswa kami dan kepiawaian para siswa kami dalam hal tata boga yang memang ada dalam mata pelajaran prakarya. Semoga dengan adanya kegiatan kreativitas siswa ini SMA Ihsaniyah Kota Tegal semakin jaya dan kreatif”, pungkas Suranto, S.Pd.

Berita Lainnya

1.052 Peserta PBI JK BPJS Kesehatan Di Nonaktifkan
Berita 01 Aug, 2019

1.052 Peserta PBI JK BPJS Kesehatan Di Nonaktifkan

Sebanyak 1.052 Peserta Segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan (JK) (PBI Non BDT) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota…

Wali Kota Serahkan Santunan Kematian Alm. Andi Kurniawan
Berita 08 Apr, 2019

Wali Kota Serahkan Santunan Kematian Alm. Andi Kurniawan

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris Almarhum Andi Kurniawan salah seorang Pegawai Negeri Sipil…

Jumadi Himbau Kepala OPD Turun Langsung dalam Penyusunan Renstra
Berita 18 Jun, 2019

Jumadi Himbau Kepala OPD Turun Langsung dalam Penyusunan Renstra

Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi menghimbau kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemerintah Kota Tegal turun langsung dalam menyusun…

Meriahnya Grand Final Duta Wisata Kota Tegal
Berita 27 Sep, 2017

Meriahnya Grand Final Duta Wisata Kota Tegal

TEGAL – Terlihat Grand Final Duta Wisata 2017 yang diselengarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal pada Rabu…

Masyarakat Diajak Taat Bayar Pajak Kendaraan
Berita 12 Nov, 2018

Masyarakat Diajak Taat Bayar Pajak Kendaraan

TEGAL-Kepala Unit Pengelola Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Kota Tegal Supriyono, mengajak masyarakat untuk taat bayar pajak kendaraan bermotor.  Menurut Dia,…

Festival Anak Sholeh, Darsiti: Ajang Persiapan Mental untuk Generasi Kuat
Berita 04 Oct, 2018

Festival Anak Sholeh, Darsiti: Ajang Persiapan Mental untuk Generasi Kuat

TEGAL-Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Kota Tegal Tahun 2018 digelar 3-4 Oktober 2018 di Kawasan Balai Kota Tegal, Jalan…

Most from this category