Polres Tegal Kota Gelar Silaturahmi Kamtibmas Bersama Wartawan dan Admin Medsos

TEGAL – Polres Tegal Kota menggelar Silaturahmi Kamtibmas bersama sejumlah wartawan dan admin media sosial se Kota Tegal, Kamis (24/1/19) siang. Kegiatan ini digelar dalam rangka menciptakan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di Kota Tegal. Turut hadir Kapolres bersama jajarannya

Kapolres Tegal Kota, AKBP Siti Rondhijah mengungkapkan, manajemen media dinilai sangat penting untuk institusi Polri. Karena melalui media, kegiatan Polri dapat diinformasikan pada masyarakat.

Menurutnya meski, tanpa disorot media pada dasarnya Polri tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Namun, keberadaan media haruslah tetap netral dengan mengedepankan azas keadilan untuk masyarakat.

“Kesempatan ini ingin saya gunakan untuk timbal balik. Media sudah banyak membantu. Termasuk menghadapi Pilpres pada april mendatang, saya berharap media bisa tetap menginformasikan berita yang berimbang dan netral,” ungkap AKBP Siti Rondhijah.

Selain itu, kata AKBP Siti Rondhijah , media memiliki peran yang strategis untuk mengelola emosi masyarakat. Apalagi perkembangan saat ini banyak media sosial yang turut mendongkrak informasi, sehingga masyarakat dapat lebih mudah menerima berita.

“Media dan sosmed pandai mengola emosi masyarakat. Karena melihat dari satu hal bisa disampaikan dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Ini yang perlu kita satu persepsinya. Agar masyarakat tetap kondusif dan tidak terpecah belah,” imbuh AKBP Siti Rondhijah.

Sementara itu, perwakilan media, Riyono Toepra mewakili wartawan mengatakan, ada satu kutipan dalam sebuah buku “Siapa yang menguasai informasi, dialah yang mampu menguasai dunia”. Begitu pentingnya sebuah informasi bagi seseorang.

Namun seiring perkembangan jaman, media begitu canggih dan mudahnya diakses melalui gadget. Akan tetapi sebagai masyarakat harus mampu memilah mana berita yang benar-benar valid dan bukan informasi hoax. Karena saat ini dicanggihnya media informasi, banyak pula berita hoax.

Ada nilai dan sisi-sisi lain dalam sebuah fakta berita. Dari fakta, wartawan sangat mudah untuk membuat sebuah berita, namun ada sisi lain dari fakta tersebut yang mungkin mampu diangkat. Seperti Polisi berhasil menangkap seorang pencuri, berikut dengan barang buktinya.

“Namun ada sisi lain yang bisa diberitakan seperti kenapa pelaku mencuri atau mungkin yang bisa mendorong seseorang mau bertindak jahat”, kata Riyono.

Selain itu, Riyono Toepra meyampaikan, wartawan tidak hanya memberitakan pengungkapan kasus atau keberhasilan Polri. Tetapi wartawan juga dituntut untuk membuat tulisan yang menarik dan menginspirasi.

Koordinasi dan komunikasi menjadi hal vital dalam menjalin kerjasama. Untuk itu, kegiatan silaturahmi perlu dinilai sangat penting dan perlu diagendakan kembali dan berkelanjutan.

Berita Lainnya

Rayakan Lulusan, Siswa SMA Ihsaniyah Bagi-bagi Takjil
Berita 13 May, 2019

Rayakan Lulusan, Siswa SMA Ihsaniyah Bagi-bagi Takjil

TEGAL-Ratusan siswa dan siswi kelas XII SMA Ihsaniyah Tegal merayakan kelulusan dengan kegiatan positif. Mereka membagi-bagikan ratusan paket takjil kepada…

Kusnadi Sabet Juara 2 Eliminator Race Open
Berita 30 Apr, 2018

Kusnadi Sabet Juara 2 Eliminator Race Open

Tangerang – Kusnadi, Atlet sepeda balap asal Kota Tegal berhasil meraih juara 2 dalam ajang Montain Bike Eliminator Race Open…

Disnakerin Beri Pelatihan Potong Rambut
Berita 25 Jun, 2019

Disnakerin Beri Pelatihan Potong Rambut

Tegal - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) memberikan pelatihan kepada Karang Taruna di Kelurahan Tunon, Kecamatan Tegal Selatan, Senin-Selasa…

BI Tegal Luncurkan Pojok Baca dan Dongeng
Berita 04 Nov, 2019

BI Tegal Luncurkan Pojok Baca dan Dongeng

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia meluncurkan Pojok Baca dan Dongeng untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Senin (4/11) di POS…

Cegah DB, Dinkes Kota Tegal Intensifkan Fogging
Berita 14 Feb, 2017

Cegah DB, Dinkes Kota Tegal Intensifkan Fogging

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal semakin intensif melakukan fogging sebagai upaya cegah bertambahnya kasus demam berdarah. Sejak Januari sampai dengan saat…

Kebakaran Pabrik Logam Jalan Cempaka Diduga Karena Tungku Tungkit Yang Terlalu Panas
Berita 31 Oct, 2017

Kebakaran Pabrik Logam Jalan Cempaka Diduga Karena Tungku Tungkit Yang Terlalu Panas

TEGAL- Pabrik pengecoran logam SU Anwari milik Slamet Sunmiatno (58) yang ada di jalan Cempaka Kota Tegal mengalami kebarakaran. Dugaan…

Most from this category